July 14, 2023

Cara Membuat WA Bisnis untuk Pemula

Aplikasi Whatsapp ternyata mempunyai dua versi. Satu versi untuk _chatting _konvensional saja, dan satunya lagi bisa Anda gunakan untuk kebutuhan bisnis. Cara membuat WA bisnis** **juga mudah dan bisa dilakukan dengan cepat.
Sesuai dengan namanya, Whatsapp Business adalah aplikasi _chat _yang dirancang dengan fitur untuk membantu bisnis Anda. Berikut ini kami sudah merangkum cara membuatnya untuk Anda yang ingin memilikinya.

Manfaat dan Fitur Whatsapp Business

Sebelum kami jelaskan cara membuatnya, alangkah baiknya kami jelaskan terlebih dahulu manfaat dan fiturnya. Manfaat aplikasi Whatsapp ini cocok untuk Anda yang berperan sebagai Penyedia Solusi Bisnis (BSP).
Manfaat akun WA bisnis yaitu agar bisnis Anda terlihat profesional dan meyakinkan. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur tambahan sebagai berikut:

1. Profil Bisnis yang Terlihat Profesional

Anda bisa menambahkan profil bisnis menjadi terlihat lebih profesional. Contohnya seperti mencantumkan alamat tempat usaha, alamat email, dan juga situs _website _yang Anda gunakan untuk berjualan.

2. Fitur Label

Label adalah sebuah fitur untuk mengelola dan juga menemukan _chat _dan juga pesan secara mudah. Dengan adanya fitur ini maka Anda bisa menemukan _chat _yang penting meskipun sudah menumpuk _chat _di aplikasi Anda.

3. Fitur Perpesanan

Fitur selanjutnya yaitu hadir juga fitur perpesanan yang membuat bisnis Anda berjalan secara lancar. Fitur ini bisa mendukung bisnis Anda agar bisa merespon dengan cepat

Cara Membuat Whatsapp Business

Sebelum Anda masuk ke dalam Whatsapp Business login, pertama-tama Anda harus membuatnya terlebih dahulu. Berikut ini kami sudah merangkum langkah-langkah untuk membuatnya.

1. Pasang Aplikasi Whatsapp Business

Langkah-langkah membuatnya sama seperti cara membuat Whatsapp bisnis dengan nomor yang sama. Pertama-tama Anda masuk ke Google Play Store, atau App Store, kemudian unduh aplikasinya. Setelah mengunduh WA bisnis, selanjutnya Anda pasang di HP.

2. Buat di Menu Pengaturan

Setelah aplikasinya terpasang, selanjutnya Anda masuk ke menu “Pengaturan Bisnis”, kemudian buka bagian “Akun Whatsapp”. Setelah itu Anda klik “Tambahkan” dan buat akun Whatsapp sebagai WA bisnis.

3. Isi Informasi

Setelah *_download _WA Business *dan membuat akun baru, jangan lupa juga untuk mengisi informasi bisnis yang sedang Anda jalankan. Contohnya seperti masukan nama akun WA bisnis Anda.

4. _Setting _Akun WA Bisnis

Setelah akun Anda siap dan diisi oleh informasi, selanjutnya Anda atur akun tersebut agar terlihat profesional. Berikut adalah cara-cara yang harus Anda perhatikan.

  • Memilih zona waktu sesuai dengan lokasi bisnis yang Anda jalankan.
  • Pilih jenis mata uang lokal sesuai dengan negara tempat Anda berbisnis.
  • Pilih metode pembayaran untuk iklan.
  • Masukkan nomor pesanan pembelian (P.O.).

    Optimalkan WA Bisnis dalam Berbisnis

    Setelah akun Whatsapp Anda siap, selanjutnya Anda bisa mengoptimalkan akun tersebut untuk berbisnis. Anda bisa mencantumkan nomor WA bisnis tersebut di akun Instagram, Facebook, hingga website.
    Contohnya, ketika Anda menggunakan akun WA bisnis tersebut Anda cantumkan di website, maka secara otomatis audiens akan diarahkan pada layanan _customer service _bisnis yang sedang Anda jalankan.

Demikian informasi seputar cara membuat WA bisnis** **bagi pemula. Akun WA sangat penting sekali, khususnya bagi Anda yang saat ini sedang mengembangkan bisnis dan ingin memperluas jaringan layanan.

Jangkau khalayak yang lebih luas melalui digital marketing yang handal. Cek berbagai layanan kami dan mulai rencanakan strategi digital marketing bersama Hanindo.