July 14, 2023

5 Cara Digital Marketing Gratis untuk UMKM

Pemasaran melalui media _digital, _atau yang Anda kenal dengan _digital marketing _ternyata tidak hanya untuk perusahaan berskala besar saja. Saat ini bahkan ada strategi _digital marketing _UMKM** yang bisa menjadi solusi pemasaran _digital _yang bisa membantu mengembangkan bisnis para pelaku usaha kecil dan menengah.
Nah, pada kesempatan kali ini kami akan coba membagikan beberapa ide atau contoh _digital marketing _untuk UMKM
**yang bisa Anda coba secara gratis.

5 Cara Digital Marketing Gratis untuk UMKM

1. Mempromosikan Bisnis Melalui Media Sosial

Ada beberapa jenis-jenis digital _marketing bagi pelaku UMKM** **yang bisa digunakan secara gratis. _Social media _adalah salah satu _platform _yang bisa Anda coba pertama kali. Selain gratis, cara menggunakannya mudah.
Meskipun gratis, Anda tetap harus bisa membuat konten yang menarik saat berpromosi. Contohnya seperti membuat _copywriting _yang menarik atau _story telling
. Selain itu, juga bisa berupa video atau gambar desain promosi yang terlihat bagus.
Media sosial yang bisa Anda gunakan di antaranya seperti Facebook, Instagram, dan TikTok yang juga menyediakan fitur untuk promosi.

2. Pasarkan Produk Melalui Email Marketing

Sampai saat ini, perusahaan-perusahaan besar masih menggunakan pemasaran melalui email sebagai salah satu cara untuk memasarkan produknya. Hal tersebut karena media _email _masih tetap efektif untuk digunakan sebagai media pemasaran maupun promosi.
Anda bisa menggunakan _email _secara gratis untuk melakukan promosi. Namun, pastikan Anda tidak terlalu sering melakukannya demi kenyamanan calon konsumen atau konsumen Anda agar tidak merasa terganggu.

3. Membuat Akun Google My Business

Pemanfaatan _digital marketing _bagi UMKM** **selanjutnya yaitu bisa melalui pembuatan akun Google My Business. Fitur dari Google ini bisa Anda gunakan secara gratis. Fungsinya yaitu untuk menampilkan nama dan juga lokasi usaha kecil yang sedang Anda bangun di internet.
Google My Business merupakan fitur yang cocok untuk berbagai bidang usaha, termasuk UMKM. Mulai dari bisnis kuliner, kerajinan, dan masih banyak lainnya bisa menggunakan fitur tersebut.
Google My Business merupakan media yang juga sudah dilengkapi dengan fitur deskripsi untuk menjelaskan detail informasi bisnis Anda. Selain itu juga ada ulasan dari para pelanggan yang sudah menggunakan atau membeli barang di tempat Anda.

4. Membuat _Website _Gratis

Meskipun tidak sepenuhnya gratis, tapi setidaknya Anda bisa mencoba untuk membuat _website _gratis ini untuk bisnis Anda. Ada banyak _platform _yang menyediakan _website _gratis khusus untuk berjualan yang bisa Anda temukan di internet.
_Website _akan membantu bisnis Anda tumbuh dan berkembang. Selain itu juga bisa ditemukan dengan mudah oleh konsumen yang mencarinya di internet.

5. Membuat Konten Pemasaran

Konten adalah salah satu hal penting di dalam digital marketing. Jenis-jenisnya yaitu seperti video, content writing, copywriting, _desain, dan masih banyak lainnya. Konten pemasaran ini bisa Anda aplikasi di semua media sosial maupun _website.
Pastikan Anda membuat konten pemasaran yang menarik dan tentunya relevan dengan bisnis yang sedang Ada jalankan. Pelajari bagaimana cara membuat konten yang bagus dan menarik agar bisa menjaring konsumen lebih banyak.

Kesimpulan

Pemasaran digital _bisa menjadi salah satu solusi untuk para UMKM agar bisnisnya menjadi _profitable. Selain itu, metode pemasaran ini juga bisa meningkatkan angka penjualan produk maupun jasa sehingga bisnis menjadi lebih menguntungkan.
Demikian ulasan seputar jenis-jenis _digital marketing _UMKM** **yang bisa Anda aplikasikan secara gratis, khususnya untuk para UMKM. Anda bisa memilih salah satu atau beberapa di antaranya.

Maksimalkan potensi bisnis Anda melalui strategi digital marketing yang efektif dari Hanindo. Temukan solusi terbaiknya di sini!