September 16, 2023

10 Game Kepemimpinan Terbaik untuk Membentuk Leader Masa Depan

Event Organizer

Kepemimpinan adalah salah satu kualitas kunci yang diperlukan dalam dunia kerja dan bisnis. Namun, menjadi pemimpin yang efektif bukanlah hal yang mudah dan memerlukan latihan serta pengembangan diri. Melalui berbagai game dan aktivitas, kualitas kepemimpinan dapat diasah dan dikembangkan. Berikut adalah 10 game kepemimpinan yang dapat membantu membentuk leader masa depan dalam organisasi Anda.

1. Broken Telephone

Game ini mengajarkan pentingnya komunikasi yang jelas. Peserta berdiri dalam satu baris dan pesan disampaikan dari satu orang ke orang berikutnya. Orang terakhir akan menyampaikan pesan yang ia dengar. Seringkali, pesan tersebut berbeda dari yang asli, menekankan pentingnya komunikasi yang efektif.

2. Lego Building

Dalam game ini, satu peserta memberikan instruksi kepada yang lain untuk membuat struktur tertentu dari Lego tanpa melihat. Game ini menekankan pentingnya memberikan instruksi yang jelas dan mendengarkan dengan cermat.

3. Pulau Terpencil

Peserta diminta untuk memilih lima benda yang akan mereka bawa ke pulau terpencil. Mereka harus mempresentasikan pilihannya dan meyakinkan peserta lain. Game ini mengajarkan kemampuan persuasi dan argumentasi.

4. Tali Labirin

Buatlah labirin dengan tali dan biarkan peserta menavigasi tanpa melihat. Pemimpin harus memberikan instruksi verbal untuk membantu anggota timnya. Game ini mengajarkan kepercayaan dan komunikasi tim.

5. Tower of Cards

Peserta diminta untuk membangun menara tertinggi yang mereka bisa hanya dengan menggunakan kartu. Ini mengajarkan pemecahan masalah dan kerja tim.

6. Game Peran

Dalam simulasi ini, setiap peserta diberi peran tertentu dalam sebuah organisasi dan diminta untuk berinteraksi sesuai dengan perannya. Hal ini mengajarkan pemahaman tentang dinamika organisasi dan bagaimana kepemimpinan dapat mempengaruhinya.

7. Kesepakatan Terbaik

Peserta dibagi menjadi beberapa tim dan diberi skenario di mana mereka harus bernegosiasi untuk mendapatkan kesepakatan terbaik. Game ini mengajarkan keterampilan negosiasi dan pengambilan keputusan.

8. Jembatan Kertas

Tim diberi sejumlah kertas dan selotip dan diminta untuk membangun jembatan yang kuat. Game ini menekankan pentingnya kerja tim dan strategi.

9. Penyelamatan Tim

Tim harus bekerja sama untuk 'menyelamatkan' anggota tim dari situasi tertentu, misalnya melewati area dengan banyak 'ranjau' tanpa menyentuhnya. Ini mengajarkan pentingnya perencanaan dan kerja sama tim.

10. Pemecahan Masalah Kreatif

Tim diberi masalah dan diminta untuk mencari solusi kreatif dalam waktu terbatas. Hal ini mengajarkan pemecahan masalah dan berpikir di luar kotak.
Mengembangkan kualitas kepemimpinan dalam tim Anda sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang organisasi. Melalui game-game di atas, Anda dapat memulai proses pengembangan ini dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Jika Anda memerlukan bantuan dalam mengorganisir kegiatan team building atau gathering yang efektif, Hanindo siap membantu. Kunjungi Hanindo - Event Organizer Agency untuk informasi lebih lanjut!