July 14, 2023

Hybrid Event vs Virtual Event: Apa Perbedaannya

Dewasa ini ada banyak jenis event _yang menawarkan tantangan unik bagi setiap pesertanya, khususnya untuk _event _perusahaan. Dua yang paling populer yaitu _hybrid event _dan _virtual event.
Penasaran ingin tahu kedua jenis _event _yang kami sebut di atas? Yuk, simak artikel ini hingga selesai.

Perbedaan Hybrid Event vs Virtual Event

Secara manfaat keduanya sama yaitu untuk menyatukan audiens di suatu _event _seru dan menantang. Keduanya juga memanfaatkan teknologi untuk menyatukan semua audiens meskipun tidak berkumpul secara langsung.
meski begitu, kedua _event _keren tersebut memiliki sejumlah perbedaan yang akan kami coba bahas berikut ini:

Virtual Event

Sesuai dengan namanya, acara ini berlangsung secara virtual dan sepenuhnya dilakukan secara online. Event _tersebut menggabungkan antara _streaming _langsung dan konten yang direkam untuk melibatkan peserta _event.
Beberapa contoh dari acara virtual _ini yaitu seperti konferensi _web, webcast, webinar, dan sejenisnya. Audiens dan penyelenggara bisa melakukan tanya jawab dan memberikan umpan balik.

Hybrid Event

Acara hybrid _adalah** **sebuah acara yang menampilkan audiensi secara langsung yang berkumpul secara fisik dan audiens yang mendengarkan secara _online. Tujuan dari acara ini yaitu memberikan pengalaman langsung dan virtual yang melibatkan banyak audiens.
Kedua audiens, baik yang mengikuti secara langsung maupun secara virtual bisa saling berinteraksi satu sama lain.
Beberapa contoh event hybrid** **yang pernah atau sering diselenggarakan seperti konser BTS LA Concert, konferensi & bootcamp, dan sejenisnya.

Keuntungan Hybrid Event vs Virtual Event

Kedua _event _tersebut memiliki sejumlah manfaat bagi para audiens atau peserta yang mengikutinya. Berikut adalah keuntungan dari kedua acara tersebut.

Keuntungan Virtual Event

Virtual event _memiliki jangkauan yang luas karena audiens bisa mengikutinya secara _online. Berbeda seperti _event offline _atau secara tatap muka yang biasanya terbatas. Adapun yang membatasi pada _event offline _yaitu seperti kapasitas gedung, jarak tempat acara dan lain-lain.
Di _virtual event, _Anda bisa mengundang banyak peserta dari berbagai tempat atau daerah. Bahkan Anda bisa mengundang ribuan orang tanpa harus memikirkan tempat atau gedung yang menampungnya.
Di sisi lain, pengumpulan data audiens yang berencana mengikuti acara pun mudah untuk Anda kumpulkan. Anda tidak perlu menghabiskan waktu dan energi untuk mengatur acara dan mengatur jumlah tamu undangan atau audiens yang begitu banyak.

Keuntungan Hybrid Event

Memilih model hybrid event _juga tidak kalah menguntungkan. Bahkan saat ini model acara tersebut sudah mendapatkan dukungan teknologi terbaik sehingga acara bisa berlangsung seru dan kondusif.
Acara ini cocok untuk dua karakter audiens, yaitu audiens yang suka mengikuti acara langsung secara tatap muka, dan audiens yang tidak mempunyai waktu untuk bertatap muka langsung. Jadi siapa pun bisa mengikutinya.
Sama seperti model acara _virtual
, hybrid _juga dapat memperluas jangkauan secara konvensional. Bahkan audiens yang mengikuti acara juga bisa lebih banyak karena menggabungkan audiens yang hadir secara tatap muka dan _online.

Kesimpulan

Virtual event _merupakan sebuah acara yang berlangsung secara _online. Sedangkan hybrid event _merupakan penggabungan antara _event _yang berlangsung secara tatap muka dan secara _online _sehingga audiens yang mengikutinya bisa lebih banyak. Anda bisa memilih dua model _event _tersebut untuk berbagai kegiatan perusahaan.
Demikian informasi seputar ulasan seputar _hybrid event** **
dan juga virtual event. Bagi Anda yang ingin mengadakan acara, bisa langsung menggunakan layanan event organizer, Hanindo Communication.