December 20, 2021

5 Tips Agar Webinar Kamu Tidak Membosankan

Sebagai penyelenggara webinar Anda harus bisa membuat jalannya acara semenarik mungkin, tapi bagaimana caranya? Simak artikel berikut.
Event Organizer

Mengadakan event secara online memang memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya adalah dari segi para pesertanya yang bisa saja gampang bosan. Contohnya saja ketika mengadakan workshop atau seminar online yang saat ini banyak dilakukan oleh orang-orang tertentu. Oleh karenanya, dalam mengadakan event secara online, harus dibuat dengan sedemikian rupa agar para peserta tidak gampang bosan. Sebetulnya ada beberapa tips yang bisa dilakukan jika kamu ingin mengadakan workshop secara online atau webinar supaya para pesertanya tidak gampang bosan. Tentu saja, membuat event semenarik mungkin juga dilakukan agar para audiens dapat merasakan manfaat dari apa yang kamu jelaskan terhadap mereka.

Tips Supaya Webinar Tak Membosankan

Lalu, agar web seminar dapat berjalan lancar dan tidak membosankan, apa saja tips yang harus dilakukan? Berikut ini uraian singkat dari Hanindo selaku EO webinar untuk Anda!

1. Dapat Diselingi Dengan Bercerita

Banyak orang yang bisa mencerna sebuah informasi apabila disampaikan dengan cara naratif. Dengan diselingi bercerita, maka audiens takkan merasa bosan dan lebih tertarik dengan materi yang Anda sampaikan. Anda bisa mencoba untuk menggunakan contoh dari kehidupan nyata dan semacamnya.

2. Cobalah Melakukan Presentasi dengan Lebih Fleksibel

Agar saat menyampaikan materi tidak membuat bosan peserta web seminar, Anda bisa mencoba memadukannya dengan aktivitas interaktif, tambahan audio hingga melakukan presentasi visual. Perlu diingat bahwa jangan terlalu kaku untuk menyampaikan materi, dan berusahalah untuk lebih santai. Jika Anda merasa kesulitan untuk menyusun acara dengan baik, maka Anda bisa juga menggunakan jasa event organizer untuk webinar. Tentu saja dengan menggunakan jasa yang satu ini, acara web seminar yang Anda adakan dapat lebih tersusun dengan rapi dan pastinya Anda bisa fokus dengan materi yang akan disampaikan. Bisa dibilang, bantuan dari jasa penyelenggara acara akan membuat seminar online Anda semakin menarik jika Anda menginginkannya.

5 Tips Agar Webinar Kamu Tidak Membosankan

3. Mainkan Kuis Cepat dan Sederhana

Sudah sering dijumpai hal semacam ini dalam seminar atau event yang diadakan secara langsung di tempat tertentu. Namun, tak ada salahnya juga jika Anda ingin mencoba memainkan kuis saat melakukan seminar online. Kuis tersebut tak perlu yang susah, cukup yang sederhana dan pastinya berkaitan dengan materi seminar. Selain agar lebih menarik, hal ini juga dilakukan supaya peserta seminar bisa lebih mengingat materi yang telah disampaikan. Jangan lupa untuk mengkoordinasikan dengan jasa EO webinar apa saja yang akan Anda lakukan ketika seminar berlangsung.

4. Bersikap Lebih Santai

Seminar online akan berjalan dengan lebih lancar jika Anda bersikap santai dan juga hangat kepada peserta. Anda juga melakukan presentasi dengan berdiri, duduk, dan memanfaatkan properti yang ada di sekitar. Jangan lupa untuk tersenyum dan bersikap ramah agar para peserta betah mengikuti materi yang Anda bawakan.

5. Buatlah Konten yang Relevan

Melakukan survey sebelum mengadakan webinar sangatlah penting, agar audiens yang hadir benar-benar memberikan perhatian terhadap materi yang disampaikan.

Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan apabila menyelenggarakan seminar online dengan bantuan jasa penyelenggara acara. Salah satunya adalah Anda lebih mudah mengkoordinasikan semuanya dan juga menghemat biaya. Anda juga tak harus mengurus semuanya sendirian dan bisa mengerjakan pekerjaan yang lain. Namun, Anda juga harus mencari jasa event organizer yang mampu mengurus acara web seminar dengan baik. Jangan sampai Anda justru menemukan jasa yang abal-abal dan hanya merugikan diri sendiri. Karena sekarang ini memang banyak sekali jasa yang mengaku terpercaya tapi kenyataannya justru menipu. Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk Anda.