January 24, 2020

Sudah Tau Proses IPO? Yuk, Cari Tahu Agar Anda Semakin Paham

Menjadi ahli bisnis harus tahu banyak tentang istilah bisnis termasuk tentang IPO dan bagaimana prosesnya.
Event Organizer

Masyarakat belum memahami definisi IPO dan bagaimana cara kerjanya, padahal event ini sangat penting terutama bagi mereka yang ingin membeli saham. Initial Public Offering menjadi salah satu jembatan perusahaan untuk menggerakkan roda bisnisnya. Bila bisnis sedang bergerak maju maka roda akan berputar semakin kencang seiring perusahaan melakukan go public.

Apa Itu Initial Public Offering?

Istilah ini banyak digunakan terutama dalam sektor industri atau bisnis. Initial Public Offering merupakan aktivitas penawaran saham milik perusahaan tertutup pada masyarakat atau public, kondisi ini dilakukan pertama kalinya hingga perusahaan dikenal sebagai perusahaan terbuka. Ada banyak manfaat yang diperoleh perusahaan ketika memilih menyelenggarakan event ini. Selain mendapatkan suntikan dana segar dari para investor yang membeli saham, secara tidak langsung kegiatan ini ikut mengangkat nama perusahaan ke arah yang lebih baik.

Mengapa demikian? Setelah go public otomatis perusahaan akan masuk dalam catatan baru di Bursa Efek Indonesia. Kondisi ini akan membantu perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya ke arah lebih baik. Sebagai perusahaan yang terperacaya, berpengalaman dan menguntungkan.

Sudah Tau Proses IPO? Yuk, Cari Tahu Agar Anda Semakin Paham

4 Tahapan Initial Public Offering

Perusahaan yang memilih go public akan mendapatkan berbagai keuntungan, bukan hanya dari segi materi tapi juga citra perusahaan. Jika event yang dihelatnya berhasil, maka nama perusahaan akan semakin terangkat dan dikenal di public. Agar berhasil, Anda bisa bekerjasama dengan Hanindo untuk menyelenggarakan IPO. Berikut ini empat tahapan IPO:

1. Persiapan

Persiapan yang dibutuhkan cukup panjang dan masing-masing membentuk struktur yang bersinergi. Pertama-tama, perusahaan akan menggelar rapat penting yaitu Rapat Umum Pemegang Saham. Semua pemegang saham diwajibkan untuk hadir karena Initial Public Offering tidak bisa berjalan bila tidak ada persetujuan dari seluruh anggota pemegang saham. Selanjutnya perusahaan akan mulai melakukan rekonstruksi dari semula dikenal sebagai PT tertutup menjadi perusahaan go public alias PT terbuka. Dan persiapan terakhir yang sangat penting tidak lain adalah proses pencarian dan penyusunan nama-nama calon investor.

2. Pengajuan Pendaftaran

Setelah tahapan awal selesai selanjutnya perusahaan akan mengajukan permohonan sebagai PT Terbuka. Aktivitas ini sepenuhnya berhubungan dengan OJK. OJK akan mengevaluasi persyaratan dokumen yang telah dilampirkan oleh perusahaan pada saat pengajuan dilakukan. Ketika seluruh persyaratan lengkap dan memenuhi syarat maka otomatis ada pernyataan efektif yang akan dikeluarkan oleh Badan Otoritas Jasa Keuangan.

3. Penawaran Umum

Dan inilah waktu terbaik untuk launching acara utama, di mana perusahaan akan menawarkan saham pada masyarakat. Mekanisme jalannya Initial Public Offering telah disesuaikan pada agenda acara yang telah disusun jauh-jauh hari. Namun pada dasarnya mekanisme offering umum yang terjadi di Initial Public Offering sepenuhnya berada dalam pengawasan dan peraturan penjamin emisi. Sukses atau tidaknya Initial Public Offering tergantung dari penjualan saham yang terjadi. Meskipun jumlah investor yang hadir sedikit jika daya belinya besar, maka total saham yang terjual cukup banyak. Di saat inilah perusahaan harus bisa meyakinkan investor untuk mau bergabung dan membeli saham perusahaan mereka. Karena semakin sedikit pembeli saham, artinya semakin minim dana yang didapat perusahaan artiya perusahaan akan mengalami kegagalan saat melakukan public expose yang pertama.

4. Pencatatan Di Bursa Efek Indonesia

Dan tahapan terakhir dari proses Initial Public Offering adalah memberikan laporan hasil penawaran ke Bapepam-LK. Perusahaan wajib melakukan laporan tersebut maksimal 3x hari kerja pasca tanggal penjatahan. Nama perusahaan akan tercatat di BEI, sehingga bisa memperluas jaringan bisnis dan relasi dengan perusahaan terbuka lainnya.

Sudah Tau Proses IPO? Yuk, Cari Tahu Agar Anda Semakin Paham

Serba serbi tentang Initial Public Offering bukan hanya menjadi concern penting oleh lembaga bisnis saja. Bagi sejumlah jasa event organizer, aktivitas ini efektif mendorong fungsi mereka selaku perencana acara. Karena saat perusahaan memutuskan mengadakan Initial Public Offering, mereka membutuhkan venue dan persiapan lainnya yang hanya bisa dihandle dengan baik oleh EO IPO seperti Hanindo. Untuk quotation dan pertanyaan seputar EO IPO, klik tombol WhatsApp di bawah kiri ↘