March 22, 2022

Tips Digital Marketing Efektif Untuk Bisnis Anda di Tahun 2022

Digital marketing dalam kehidupan yang serba terkoneksi saat ini tak pelak jadi pilihan utama bagi perusahaan dan brand untuk mendulang lebih banyak konsumen. Lebih jauh lagi, digital marketing menjadi pilar utama dalam pengembangan perusahaan sekaligus makin meningkatkan nilai sebuah brand.
Perusahaan tentu memerlukan banyak strategi dalam memasarkan produknya di tengah persaingan sengit di dunia digital. Bahkan dalam prakteknya, bisa jadi lebih kompleks dari penggunaan media konvensional seperti koran, baliho ataupun brosur/pamflet.
Berikut ini kami jabarkan secara singkat beberapa tips pekerjaan digital marketing yang efektif untuk bisnis Anda.

1. Maksimalkan Email Marketing

Email jadi salah satu kebutuhan wajib di era digital saat ini. Sebagai sarana bertukar informasi, pekerjaan hingga tentu saja, konten pemasaran. Kelebihan digital marketing lewat email bisa terasa lebih profesional sekaligus lebih pribadi karena langsung masuk ke inbox seseorang.
Memaksimalkan promosi perusahaan dan produk Anda dengan mengirimkan email secara berkala, baik untuk informasi produk terbaru, promo hingga informasi up to date lain. Tidak hanya untuk konsumen setia, email marketing juga cukup efektif untuk menjaring calon pelanggan.

2. Buat Content Marketing Menarik

Masa sekarang ini, visualisasi adalah segalanya. Konten-konten apapun, termasuk pemasaran akan mudah menarik perhatian dengan tampilan yang memikat dan atraktif. Lewat permainan foto, video, cerita/artikel serta dukungan audio mumpuni, konten pemasaran Anda akan jauh lebih bernilai di mata konsumen.
Pembuatan konten marketing haruslah dikerjakan dengan perencanaan dan teknis yang tepat untuk menghasilkan suatu konten bernilai dan informatif, sekaligus bisa menyentuh langsung calon konsumen. Jika belum mampu membuat sendiri, Anda bisa memanfaatkan tenaga profesional untuk hasil lebih memuaskan.

3. Terapkan Search Engine Marketing

Hasil yang paling dicari dengan menerapkan search engine marketing adalah untuk mendongkrak posisi website atau konten Anda di mesin pencarian, utamanya google. Kenapa hal ini penting? Karena sudah jamak diketahui mesin pencari banyak dimanfaatkan untuk memperoleh informasi dan produk yang ingin dibeli.
Penggunaan search engine marketing akan membuat website Anda berada di posisi teratas. Otomatis kemungkinan website Anda mendapatkan kunjungan akan lebih baik. Ujung-ujungnya, produk Anda akan mendapatkan atensi lebih. Anda bisa banyak mencari informasi dan belajar digital marketing gratis untuk hal ini.

4. Aplikasikan Call to Action Marketing (CTA)

Pemasaran dengan metode ini, dirancang untuk memberikan rasa penasaran pada calon konsumen. Penerapannya adalah dengan kata-kata yang memancing rasa ingin tahu seseorang akan informasi yang kita berikan.
Contohnya bisa dengan kalimat “Mau Informasi lebih lengkap, klik di sini” atau “Dapatkan Promo di sini” dan contoh kalimat ajakan lain. Dengan cara ini, Anda bisa lebih interaktif dengan calon konsumen.
Di sisi lain, penggunaan CTA akan membantu Anda agar konsumen melakukan sesuatu sesuai kebutuhan, misalnya membeli barang.

5. Gunakan Media Sosial dengan Maksimal

Media sosial saat ini punya dampak yang luar biasa untuk perkembangan sebuah bisnis. Tidak jarang pula seseorang menggunakan akun media sosialnya untuk mencari produk yang diinginkan, terutama lewat tagar tertentu.
Untuk itu, Anda bisa memaksimalkan penggunaan media sosial dengan mengisinya dengan informasi produk hingga promo terbaru. Juga perlu diperhatikan, tampilan dari konten tersebut. Contoh digital marketing di instagram misalnya, akan sangat mudah tertarik dengan foto yang estetik, indah atau istilahnya instagramable.
Dengan penjelasan tersebut Anda bisa ketahui pentingnya tips efektif untuk pemasaran digital Anda. Jika Anda membutuhkan jasa digital marketing terpercaya, Hanindo sebagai penyedia jasa Event Organizer, Advertising & Media Creative untuk corporate atau perusahaan publik yang terpercaya siap untuk membantu Anda.