July 14, 2022

Posisi Kerja Event Organizer Yang Jarang Diketahui

Event organizer bagi banyak orang mungkin hanya dilihat secara luas sebagai pelaksana sebuah acara saja. Namun sebenarnya ada banyak bidang pekerjaan yang bisa dilakukan EO ini. Mulai dari brand activation, conferences, entertainment, hingga pesta.
Posisi kerja event organizer dalam bidang-bidang tersebut tidak banyak diketahui. Sehingga hanya beberapa kelompok masyarakat saja yang memanfaatkan keahlian EO ini secara terbatas. Padahal EO sendiri bergerak di ranah kreatif yang pastinya akan memberikan warna di setiap agenda penting.
Nah, apa saja event organizer yang dilihat dari posisi kerja yang jarang diketahui tersebut?

Brand Activation

Dalam bidang pekerjaan ini, sebuah EO memiliki tugas dan tanggungjawab dalam mempromosikan sebuah brand. Biasanya perusahaan yang menyewa jasa event organizer ini ingin meningkatkan brand awareness dari sebuah produk terbaru tersebut.
Dalam hal ini EO bertugas dalam menyusun konsep yang bisa memadukannya dengan kepentingan perusahaan. Tentunya tujuan utamanya adalah mengenalkan produk terbaru agar lebih mudah dikenal oleh masyarakat secara luas.
Dalam hal ini, EO akan memberikan tawaran terbaik yang memberikan kemungkinan paling besar dari sebuah produk terbaru tersebut. Konsep terbaik tentunya adalah konsep yang benar-benar bisa memberikan peluang dikenalnya produk terbaru secara lebih mudah.

MICE

MICE sendiri merupakan singkatan dari meetings, incentives, conferences, and exhibition. Cara kerja event organizer dalam bidang ini adalah dengan mengadakan penyelenggaran sebuah konferensi dan pertemuan pada umumnya.
Dalam acara ini ada dua jenis acara yang biasanya diselenggarakan, yaitu yang sifatnya resmi dan santai. Acara yang sifatnya resmi tentunya juga harus bisa diolah dengan konsep yang unik. Sehingga acara tidak terkesan kaku dan pastinya akan membuat acara lebih efektif.

Jenis lainnya bisa dalam bentuk sebuah pertemuan yang sifatnya santai. Untuk acara seperti ini biasanya diselenggarakan dengan konsep yang penuh hiburan. Namun juga tidak meninggalkan kesan resmi, karena berada di lingkup orang-orang profesional.
Bidang kerja seperti ini tentunya tidak banyak dipahami masyarakat secara luas. Padahal pilihan kerjasama dengan para EO ini akan memberikan efek yang sangat positif terhadap terselenggaranya acara. Dengan bermitra bersama EO tentunya acara akan lebih hidup dan berkesan.

Entertainment

Untuk bidang kerja seperti ini tugas dan tanggungjawab EO sudah banyak dikenal. Beberapa yang berkaitan dengan bidang kerja ini seperti acara musik, festival, karnaval, dan masih banyak lagi lainnya.
Dengan EO yang profesional, tentunya akan membuat agenda semakin lebih unik dan berbeda.

Pernikahan

EO pesta pernikahan tentunya sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas. Apalagi acara ini hampir setiap hari ada, kecuali di bulan-bulan tertentu yang secara tradisi tidak diperbolehkan mengadakan acara pernikahan. Itupun hanya untuk beberapa daerah tertentu saja.
Namun yang tidak banyak orang tahu EO yang satu harus mengetahui tradisi dan budaya dari suatu suku tertentu. Karena biasanya pernikahan di suku tertentu tentunya memiliki tradisi yang berbeda dari suku lainnya. Selain itu, EO harus tahu tata cara dari adat yang masih dijaga.

Acara Corporate

Salah satu acara corporate yang membutuhkan bantuan EO adalah RUPS. Agenda ini merupakan rapat umum pemegang saham yang menjadi forum tertinggi di suatu perusahaan berbentuk PT. Sehingga membutuhkan profesionalisme kerja yang sangat baik dalam mengurusi agenda penting ini.
*Hanindo *sebagai EO corporate terbaik yang memiliki pengalaman panjang dalam agenda corporate tersebut. Acara sepenting RUPS pastinya akan lebih mudah dilakukan, dengan memberikan hasil terbaik yang diharapkan perusahaan.
Itulah posisi kerja dari *event organizer *yang jarang diketahui. Namun dengan acara EO ini, semua agenda penting pastinya akan berjalan lebih baik, dan tentunya lebih berkesan.