October 23, 2022

Bangun Motivasi dan Keakraban Antar Pegawai Lewat 5 Kegiatan Team Building

Kegiatan yang mampu membentuk kerjasama tim disebut sebagai team building. Umumnya kegiatan ini berbentuk permainan tim yang biasa digunakan dalam outbound. Dalam suasana yang menyenangkan, keakraban dan solidaritas tim akan lebih mudah didapatkan.
Kegiatan ini biasanya dilakukan dalam momen family gathering. Dalam agenda ini, semua karyawan perusahaan dikumpulkan dengan tujuan rekreasi, sekaligus memberikan motivasi agar karyawan bisa lebih produktif.
Nah, simak 5 kegiatan yang akan meningkatkan kerjasama antar tim melalui team building training_ _berikut!

1. Escape Hunt

Salah satu permainan team building ini membutuhkan kerjasama untuk memecahkan teka-teki. Satu tim akan diberikan skenario tertentu selama batas waktu hingga 90 menit. Permainan ini sangat seru karena tim dituntut untuk menelusuri berbagai macam petunjuk dan bersama-sama memecahkan teka-teki yang sulit.
Tentunya dalam permainan ini dibutuhkan komunikasi yang baik antar anggota tim. Selain itu, setiap anggota harus fokus untuk memecahkan masalah yang dihadapi bersama-sama. Tingkat kesulitan dalam memecahkan teka-teki menjadi tantangan yang bisa memicu perselisihan.
Karena itulah permainan ini sangat seru, dan akan memberikan kesan mendalam kepada setiap anggota. Tim yang berhasil memecahkan semua teka-teki dan menyelesaikan semua tugasnya dalam waktu paling cepat adalah yang menjadi pemenangnya.

2. Paintball

Permainan ini merupakan permainan tembak-tembakan dengan menggunakan peluru cat. Permainan dimulai dengan membagi dua tim yang saling bekerjasama untuk memburu lawan-lawannya. Kegiatan outdoor ini pastinya sangat seru dimainkan, dan akan membangun keakraban antar anggota dan antar tim.
Suasana seru dan menyenangkan akan langsung terasa ketika kedua tim saling menyerang satu sama lain. Tim dengan tanda cat paling sedikit adalah pemenangnya.

3. Berburu Harta Karun

Permainan ini juga bisa menjadi games team building indoor _dan juga bisa dilakukan di _outdoor. Permainan ini berisi teka-teki yang harus dipecahkan oleh dua atau lebih tim.
Teka-teki tersebut akan menuntut ke harta karun yang harus ditemukan. Tim yang mampu menemukan harta karun paling cepat adalah pemenangnya.
Kerjasama tim sangat dibutuhkan dari permainan ini. Selain itu dibutuhkan pengetahuan, fokus, dan komunikasi yang baik, sehingga bisa cepat dalam memecahkan semua teka-teki yang telah dibuat.

4. Cahaya Kehidupan

Contoh team building ini membutuhkan kerjasama dan ketangkasan dari setiap anggota. Beberapa alat yang dibutuhkan berupa lilin, dua obor, dan plastik berisi air yang banyak.
Cara memainkannya, tim dibagi menjadi dua atau lebih dengan anggota tiga sampai lima. Masing-masing tim bertugas membawa lilin dari obor garis start menuju garis finish. Namun perjalanan tersebut harus melalui rintangan, yaitu serangan lemparan plastik berisi air yang bisa memadamkan lilin tersebut.
Para anggota tim harus menjaga lilin tersebut agar tetap menyala sampai garis finish dan bisa menghidupkan obor. Jika lilin mati di tengah jalan harus mengulang lagi dari awal. Anda tidak boleh menyerah dan harus terus berjuang sampai bisa menyalakan obor di garis akhir.

5. Menara Air

Game ini membutuhkan kekompakan dan konsentrasi yang tinggi. Sebelumnya alat yang dibutuhkan berupa gayung, ember, dan bola-bola plastik. Kemudian dibentuk beberapa tim dengan anggota minimal 5 orang.
Setiap tim akan berbaring dengan posisi kaki di atas dan saling terpaut. Di atas kaki akan diletakkan ember, kemudian diisi air dan bola plastik. Tugas dari masing-masing tim tersebut harus bisa mengambil bola plastik tersebut, kemudian meletakkan ember ke bawah tanpa tumpah.
Berbagai game yang bisa membangun keakraban melalui kegiatan team building ini sangat seru dilakukan dan membuat setiap anggota semakin kompak. Apalagi jika acara tersebut dikemas dengan lebih unik bersama Hanindosebagai salah satu event organizer terbaik.