January 16, 2022

Gathering Online: Bisakah Mengganti Gathering Offline?

Masa pandemi memang mengubah segalanya tanpa kecuali gathering. Acara berkumpul bersama ini tidak hanya menghibur namun bisa meningkatkan kesolidan antar karyawan.

Sayangnya ketika pandemi datang kegiatan berkumpul bersama ini banyak ditiadakan. Alasannya untuk mengurangi dampak penyebaran covid 19. Walaupun tidak dapat bertemu secara fisik kini tidak sedikit bermunculan gathering online.

Seperti namanya gathering online merujuk pada perkumpulan yang dilakukan secara daring. Tentunya dibutuhkan media berupa jaringan internet dan perangkat yang mendukung kegiatan tatap muka.

Bisakah Gathering Offline Digantikan Online?

Tak sedikit yang menanyakan apakah gathering offline ini dapat digantikan dengan online. Tentu saja jawabannya bisa karena unsur kebersamaan masih tetap dijalankan walaupun dilakukan secara daring.

Virtual gathering adalah salah satu cara terhubung dari individu satu dengan lainnya secara jarak jauh melalui media gadget. Kegiatan seperti ini sudah umum dilakukan tak hanya kalangan muda namun juga baby boomer.

Pertemuan tidak hanya berisi meeting namun dapat berupa perayaan ulang tahun, berdiskusi tentang pencapaian tertentu hingga small talk mengenai liburan. Kendala dalam gathering online adalah ketersediaan jaringan internet yang stabil.

Untuk dapat mengikuti acara online seperti ini perlu dukungan perangkat yang memadai. Selain itu dibutuhkan pembagian waktu atau kesempatan bicara bagi setiap partisipan.

Manfaat Mengadakan Gathering Online

Manfaat dari kegiatan virtual ini sangat beragam. Jika dilihat dari sudut pandang pembiayaan kenyataannya gathering online lebih hemat dibandingkan offline.

Meskipun melakukan tatap muka jarak jauh namun manfaat dari inti acara tidak hilang. Berikut beberapa manfaat dari kegiatan virtual ini yang bisa Anda simak dibawah ini!

  • Mampu memupuk rasa kebersamaan dimana merasakan situasi yang sama. Saat pandemi tentu ada kendala yang dirasakan oleh karyawan. Tidak hanya perubahan sistem jam kerja namun juga cara kerjanya.
  • Adanya teknologi baru yang merubah bagaimana karyawan bekerja maka akan mendorong timbulnya ide baru. Apalagi dengan acara gathering online seperti ini sebagai tempat bertukar pikiran antar karyawan. Kedepannya akan muncul inovasi baru yang mampu meningkatkan performa perusahaan
  • Selain itu acara ini mampu mempererat hubungan antara bawahan dan atasan. Kerja sama tim semakin solid dan sebagai sarana refreshing.

*Konsep Gathering Online *
Walaupun diadakan secara online Anda tak akan kehabisan konsep gathering. Bahkan tetap bisa mengadakan gathering family bersama anak dan keluarga di rumah. Beberapa konsep yang tersedia dan menarik bisa Anda simak berikut ini!

  • *Kompetisi Game *
    Dalam acara bersama ini buat kompetisi game yang dapat dimainkan secara individu maupun kelompok. Game yang dimainkan tentu berbasis online dengan berbagai genre.

Anda bisa mengadakan pertandingan game survival, puzzle hingga game klasik seperti permainan catur online. Tambahkan hadiah untuk pemenang sebagai penyemangatnya.

  • *Tutorial Video *
    Hadirkan para ahli untuk berbagi tips dan trik keterampilan tertentu. Misalnya saja membagikan tutorial video membuat hand sanitizer secara mandiri. Anda juga bisa berbagi tutorial video membuat tas rajutan dan soft skill lainnya.

  • *Konser Musik *
    Gathering juga bisa diisi dengan konser musik online. Konser dilakukan secara streaming dan dapat diikuti oleh semua orang dimanapun mereka berada.

*Tips Mengadakan Gathering Online *
Ketika mengadakan gathering online tetap pastikan menyediakan ice breaking. Ajak peserta untuk membagikan momen ke media sosial. Selain itu berikan tebak-tebakan dan doorprize untuk mengurangi kebosanan.

Peserta dapat dipecah dalam kelompok kecil bila dibutuhkan. Siapkan pula video menarik ketika memasuki jeda acara.

*Cara Instan Mengadakan Gathering Online *
Jika Anda kesulitan mengadakan gathering online hubungi saja Hanindo. Hanindo mampu menjadi EO outbound sekaligus mengadakan event virtual. Acara dijamin seru dan menarik.

Kunjungi www.hanindo.co.id untuk keterangan lebih lanjut. Tunggu apalagi mau acara gathering Anda menarik dan atraktif? Segera hubungi Hanindo.