December 20, 2021

5 Cara Menjadi Event Organizer Acara Online yang Sukses

Event Organizer

Saat ini, virtual event organizer menjadi bisnis di bidang jasa EO yang punya potensi menjanjikan. Praktis dan efektif menjadi alasan utama mengapa banyak orang yang lebih memilih jasa EO untuk menyelenggarakan setiap event mereka, daripada harus mengurus sendiri.

Termasuk pula kebutuhan akan jasa virtual event online yang saat ini tengah menjadi konsep acara populer di masyarakat. Tingginya permintaan akan penyedia jasa EO online, tentu bisa Anda jadikan peluang dalam menjalankan usaha di bidang jasa ini.

Apalagi, event online memang jauh lebih efisien dan mudah dalam persiapan hingga pelaksanaannya mengingat tak serumit jika merencanakan event offline.

Lalu, bagaimana cara tepat memanfaatkan peluang jasa penyelenggara event online tersebut? Bagaimana cara mengembangkannya? Tak perlu khawatir, simak saja tipsnya berikut ini.

Bangun Tim Solid

Pertama, Anda harus mampu membentuk tim yang solid. Yakni, tim yang terdiri atas orang-orang yang ahli di bidangnya masing-masing dan bertanggung jawab atas setiap tugasnya dalam bisnis EO. Ini merupakan cara efektif, khususnya saat melaksanakan proyek event tertentu.

Promosikan dengan Berbagai Teknik Pemasaran

Selain itu, dalam strategi bisnis event organizer, Anda harus menggunakan teknik efektif yang mampu mempromosikan layanan Anda. Salah satunya melalui teknik copywriting via website maupun melalui media sosial dengan penawaran promo spesial sebagai daya tariknya.

Kedua strategi promosi tersebut merupakan aspek yang sangat diperlukan. Apalagi, saat ini pemasaran melalui web (copywrting) dan media sosial menjadi bagian yang begitu efektif untuk menjangkau calon klien potensial.

Bangun Relasi Seluas-Luasnya

Membangun banyak relasi, khususnya relasi dalam bidang yang layanan EO akan sangat membantu Anda dalam mengembangkan usaha ini. Sebab, dengan adanya relasi yang luas, proyek jasa di bidang EO ini akan mampu berkembang secara efektif dan efisien.

Apalagi, jika relasi tersebut sesuai dengan fokus bisnis EO Anda. Bukan tanpa sebab mengingat dengan adanya relasi pastinya akan lebih mudah dalam menjangkau perluasan bisnis Anda.

Bangun Website Resmi Sebagai Media Informasi

Tak berbeda dengan jenis bisnis lain, membuat website resmi untuk jasa EO yang Anda tawarkan bisa menjadi media promosi sekaligus informasi. Bahkan, dengan website bisa memberikan kesan bahwa layanan Anda adalah jasa profesional.

Apalagi, jika Anda akan fokus pada acara event virtual atau event online. Tentu saja, keberadaan website sebagai akses digital sangat berperan dalam memacu perkembangan bisnis Anda.

Pelajari Setiap Event dan Peserta Undangan Event Virtual

Mengamati dan mempelajari setiap event, baik proyek event Anda sendiri maupun event jasa EO lainnya sangat penting. Sebab, mempelajari step by step dari cara kerja event organizer, secara tak langsung akan memberikan pengalaman tersendiri, khususnya dalam penyelenggaraannya.

Di samping itu, dengan mengamati setiap proyek penyelenggaraan event, Anda pastinya juga akan memahami persiapan, perencanaan, dan juga pelaksanaannya. Tentu saja, aspek ini sangat penting dalam pelaksanaan konsep event organizer.

Selain kelima langkah di atas, Anda juga bisa belajar dari pengalaman para penggerak EO profesional. Seperti Hanindo yang mana sejak tahun 2009 telah dipercaya oleh ratusan perusahaan publik sebagai penyelenggara jasa Event Organizer, Advertising & Media Creative profesional.

Sampai di sini, tentu sedikit banyak Anda sudah bisa memahami apa saja aspek penting dalam langkah menjadi penyelenggara virtual event organizer profesional yang sukses. Jadi, jangan ragu dan yakinlah pada langkah awal Anda.