December 20, 2021

5 Tips Membuat Desain Company Profile 2020 Bagi UMKM

Ada 5 tips yang perlu Anda tahu agar desain profil perusahaan menjadi menarik.
Creative Media

Untuk menarik minat pelanggan, para pelaku bisnis memiliki strategi dan alat masing-masing. Salah satu alat yang wajib dipunyai oleh  perusahaan maupun UMKM adalah membuat company profile atau profil perusahaan. Selain sebagai alat pemasaran, profil perusahaan juga digunakan sebagai media informasi untuk mengenalkan usaha yang tengah dijalankan. Informasi ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan nilai dan citra UMKM pada publik, memetakan calon pelanggan potensial, memperluas relasi, dan mendapatkan investor.

5 Tips Membuat Desain Company Profile Bagi UMKM

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk membuat desain lebih informatif dan menarik. Perhatikan ulasan di bawah ini

1. Ketepatan informasi

Informasi yang dimasukkan dalam profil perusahaan baik itu dalam bentuk cetak maupun online haruslah tepat dan sesuai. Profil perlu dibuat selaras dangan visi, misi, dan citra UMKM yang ingin dibangun. Hal ini dilakukan untuk memproyeksikan pelanggan dan menancapan citra perusahaan di benak masyarakat.

2. Memasukkan elemen penting

Company profile tidak dibuat begitu saja, ada beberapa elemen penting yang perlu ada di dalamnya. Beberapa di antaranya yang krusial adalah logo UMKM, slogan, visi, misi, sejarah usaha (biasanya ada tapak milestone keberhasilan), produk atau jasa yang dijual (gambar dan keterangan), dan kontak informasi. Semua elemen tersebut perlu ada dalam desain untuk mengenalkan UMKM pada khalayak dengan lebih jelas dan detail.

5 Tips Membuat Desain Company Profile 2020 Bagi UMKM

3. Desain harus menarik

Selain memerhatikan aspek kepadatan informasi, tips yang tidak kalah penting ialah desain profil perusahaan yang perlu dibuat semenarik mungkin. Desain yang menarik ini tentu bisa membuat pembaca menjadi tertarik. Tata letak informasi perusahaan bisa lebih rapi dan terstruktur jika desain yang digunakan tepat. Tak hanya itu, kesesuaian detail desain seperti dominasi warna latar belakang, font, dan layout perlu disesuaikan dengan visi, misi, ciri khas, dan nilai yang dipegang UMKM. Selain itu, desain profil perusahaan juga perlu berkesan profesional. Desain bisa ditambahkan chart maupun elemen design grafis lainnya. Representasi visual ini akan membuat UMKM terlihat lebih kredibel dan tidak monoton. Untuk membuatnya menjadi eyecatchy, Anda bisa bekerjasama dengan creative media service yang sudah terpercaya seperti Hanindo.

4. Memasukkan narasi secukupnya

Pembuatan profil perusahaan memang memerlukan narasi, seperti sejarah perusahaan. Tapi, narasi yang dimasukkan harus secukupnya. Buat narasi pendek namun padat. Misalnya untuk sejarah perusahaan, Anda bisa memasukkan tapak milestone yang bisa memotivasi pembaca, tanpa kalimat bertele-tele. Yang perlu diterangkan lebih banyak ialah produk yang dikelola UMKM. Beri foto menarik dan penjelasan singkat mengenai keunggulan produk. bagian ini sangat penting untuk memberikan informasi secara detail mengenai produk UMKM pada publik. Foto yang disertai penjelasan singkat dan data aktual akan membuat profil perusahaan menjadi unik, tidak monoton berisi tulisan saja.

5. Mencantumkan portfolio dan pencapaian

Portfolio merupakan satu alat penting yang bisa digunakan untuk menarik minat pelanggan maupun investor. Portfolio bisa berisi sekumpulan pekerjaan atau hasil karya yang sudah berhasil diselesaikan. Selain itu, UMKM juga perlu mencatumkan pencapaian apa saja yang sudah berhasil diraih  selama berjalannya usaha. UMKM juga bisa mencatumkan testimoni yang bisa membangkitkan rasa ingin tahu dari pembaca. Testimoni ini nantinya juga bisa menjadi nilai plus dari merk UMKM.

5 tips pembuatan desain profil perusahaan bagi UMKM di atas bisa menjadi referensi Anda. Buat desain padat informasi, menarik, tidak monoton, eyecatchy. Hal itu akan membangkitkan rasa ingin tahu dan keinginan membaca yang tinggi bagi pelanggan. Gunakan jasa creative media service untuk mewujudkan desain profil perusahaan unik di tahun 2020.