February 20, 2022

Bosan dengan Permainan yang Udah Ada? Rekomendasi Permainan Outbound Antimainstream

Seiring dengan perkembangan yang terjadi dewasa ini, proses pembelajaran atau transfer ilmu tidak melulu harus berkutat dengan keseriusan di dalam ruangan. Banyak pula metode yang bisa anda secara menyenangkan sekaligus efektif, Salah satunya adalah lewat permainan outbound.
Secara sederhana banyak yang mengasosiasikan permainan outbound adalah kegiatan di luar ruangan. Padahal outbond bisa diartikan pembelajaran yang dilakukan lewat permainan efektif, dengan memaksimalkan unsur fisik, mental hingga intelegensi seseorang.
Berikut beberapa contoh yang bisa anda lakukan, mulai dari permainan outbound sederhana hingga permainan kelompok dengan atau tanpa alat.

  • 1. Scavenger Hunt
    Dari namanya yang keren mengingatkan kita kepada film ‘Guardian of the Galaxy’ besutan Marvel Studios. Lebih kurang, permainan outbond ini menitikberatkan pada penjelajahan dan menyelesaikan tantangan yang diberikan oleh sang pemateri.
    Variasi permainan outbound kelompok maupun untuk perseorangan ini biasanya melibatkan peta atau denah wilayah yang harus dijelajahi.
    Serunya, panitia bisa sekreatif mungkin mendesain tantangan yang ada di setiap ‘pos’ guna memberikan ujian mental dan soft skill peserta dengan maksimal. Misalnya, di satu pos peserta wajib menyusun puzzle tertentu atau bisa sekedar mencari tanda tangan orang tertentu.

  • 2. Body Longer
    Lalu ada lagi permainan kelompok yang bernama body longer atau perpanjangan badan. Pada prinsipnya permainan ini adalah tentang bagaimana memanjangkan sebuah tali semaksimal mungkin dengan menggunakan apa yang ada di badan.
    Tentu dengan peraturan tersebut peserta tidak diperkenankan menggunakan barang lain yang ada di sekitar. Alhasil tiap peserta harus memutar otak dan bekerjasama dengan baik untuk memanjangkan tali tersebut.

  • 3. Gobak Sodor
    Banyak yang mengetahui gobak sodor adalah permainan tradisional asli indonesia. Meski sekarang makin sedikit yang memainkannya. Padahal permainan ini sangat tepat untuk menjadi permainan, khususnya permainan outbound anak.
    Sistem permainannya adalah peserta terbagi menjadi dua kelompok dengan menentukan dahulu mana yang bertugas sebagai penjaga dan kelompok ‘penyerang’. Setelah itu pemandu mempersiapkan arena berbentuk persegi panjang dengan 6 kotak yang masing-masing harus jadi wilayah ‘penjaga’
    Tim ‘penyerang’ harus melewati semua penjaga untuk sampai di ujung kotak dan sebaliknya, tim penjaga berusaha untuk menyentuh tim penyerang yang melewati daerahnya. Jika tersentuh, otomatis peserta tersebut akan gugur.

  • 4. Perang Pistol Air/ Benteng Takeshi
    Ingat game show asal Jepang Benteng Takeshi? Program yang sempat mengudara di tanah air dan jadi favorit ini mengilhami permainan outbond yang satu ini.
    Cara bermainnya, peserta membagi diri menjadi dua kelompok dan areal yang cukup luar yang mana masing-masing kelompok mempunyai ‘benteng’ yang ditandai dengan bendera. Pemenang dari permainan ini adalah kelompok yang berhasil merebut bendera dari kelompok lain.
    Uniknya, seperti dalam program TV-nya tiap peserta menggunakan pistol air yang berisi air berwarna berbeda tiap kelompok. Peserta yang terkena pistol air lawannya otomatis menjadi tawanan dan tidak bisa ikut menjaga benteng.

  • 5. Permainan Konsentrasi
    Salah satu ice breaking games ini bisa kita masukkan kategori permainan outbound indoor atau dalam ruangan. Juga merupakan permainan outbound tanpa menggunakan alat. Permainan ini sangat baik untuk menyegarkan otak kembali alias memecah kegiatan yang terlampau serius.
    Permainannya mudah, Anda tinggal bertukar 10 hal dari teman lain misalnya aksesoris, tali sepatu, perhiasan dan lainnya. Peserta pun tinggal menebak apa yang tertukar dari peserta lain secara bergantian.

Jadi, mau mencoba permainan seru di atas? Kalau iya, Hanindo bisa jadi partner komplit untuk Anda.
Kenapa? Karena Hanindo sudah terpercaya oleh perusahaan publik sejak 2009 untuk penyelenggaraan event ataupun advertising & Media Creative. Jadi, hubungi Hanindo untuk pengalaman terbaik menikmati permainan outbound ya.