March 22, 2022

Rekomendasi Platform untuk Digital Marketing Bisnis Anda

Digital marketing jadi banyak pilihan bagi bisnis untuk lebih mendongkrak penjualan produknya. Selain karena mudah dan efektif, memanfaatkan dunia digital sebagai bagian dari strategi pemasaran juga akan lebih menghemat dari sisi budget.
Alhasil, kelebihan digital marketing jadi pilihan bagi bisnis pemula serta anak-anak muda yang ingin memulai bisnis. Terlebih dengan semakin mudahnya akses ke dunia digital terutama lewat gadget.
Namun, apa saja kira-kira platform digital yang bisa Anda manfaatkan untuk memasarkan produk secara mudah dan efektif? Berikut beberapa di antaranya.

1. E-Commerce

Platform e-commerce adalah platform khusus untuk mempertemukan penjual dan pembeli. Penjual bisa dengan mudah meng-highlight produknya semaksimal mungkin. Ditambahkan menu penjelasan, deskripsi produk hingga daftar harga.
Untuk pemasaran produk, e-commerce punya fitur marketing, seperti iklan yang bisa Anda gunakan. Selain itu, agar lebih maksimal, Anda bisa kemas produk dengan tampilan menarik serta beri deskripsi dengan call to action, guna membuat konsumen berpaling. Sertakan pula promo-promo menarik agar konsumen tertarik.

2. Instagram

Indonesia kini jadi ladang subur bagi pengguna Instagram. Bahkan warga Indonesia masuk ke dalam 4 besar pengguna Instagram terbesar di Indonesia. Hal ini juga berarti, Instagram jadi salah satu platform paling potensial untuk berpromosi dan contoh pemanfaatan untuk digital marketing.
Sebagai sebuah platform, Instagram terhitung sangat mendukung langkah strategi pemasaran Anda. Contoh digital marketing, yaitu lewat foto, infografis, video singkat dan konten kreatif lainnya. Apalagi jika Anda bisa mengolah konten dengan menarik, estetik atau istilahnya instagramable.
Kalau Anda ingin lebih maksimal, Instagram Ads pun bisa Anda manfaatkan untuk menjual/mengenalkan produk/promo Anda.

3. Facebook

Platform media sosial yang satu ini masih jadi platform dengan pengguna terbesar di Indonesia. Jutaan orang pengakses Facebook setiap harinya dan kini tidak hanya sebatas untuk update status. Banyak pula yang sengaja mencari produk tertentu lewat Facebook.
Banyak hal yang bisa dilakukan untuk digital marketing di Facebook. Apalagi Facebook punya kemudahan untuk menampilkan foto dan deskripsi yang lengkap untuk sebuah produk. Facebook juga kini punya fitur marketplace atau toko yang khusus disediakan untuk forum jual beli.

4. Website

Mempunyai situs atau laman website, akan menunjukkan bahwa perusahaan Anda profesional terlebih di era digital sekarang ini. Lebih dari itu, dengan mempergunakan website Anda akan sangat leluasa untuk memperkenalkan bisnis Anda dengan keunggulan-keunggulan produknya.
Untuk itu pula banyak tempat untuk belajar digital marketing gratis, yang bisa dimanfaatkan. Tentu untuk itu diperlukan website yang interaktif dengan pengunjung dan menarik untuk disinggahi dalam waktu yang lama.
Pastikan pula untuk memaksimalkan SEO untuk menjaga posisi situs Anda di mesin pencari. Misalnya dengan bekerja sama dengan SEO Spesialis untuk mengoptimalkan SEO.

5. Youtube

Platform berbagi video paling populer ini punya ratusan juta pengguna aktif dari seluruh dunia. Untuk itu, Youtube bisa jadi media sangat potensial untuk pemasaran produk Anda. Tapi untuk memaksimalkan Youtube, Anda harus bisa mengemas konten Anda dalam bentuk video yang kreatif dan menarik.
Jamak perusahaan besar di zaman sekarang yang memanfaatkan video dengan visual bagus sebagai sarana untuk memperkenalkan produk, promo atau bahkan profil perusahaan itu sendiri.
Dengan penjelasan tersebut Anda bisa ketahui alasan pentingnya pemasaran digital Anda. Jika Anda membutuhkan jasa digital marketing terpercaya, Hanindo sebagai penyedia jasa Event Organizer, Advertising & Media Creative untuk corporate atau perusahaan publik yang terpercaya siap untuk membantu Anda.