December 20, 2021

3 Jenis Iklan Koran Paling Penting untuk Perusahaan (Chandra Asri, Iwatani & Astra)

Ketiga jenis iklan koran yang paling penting untuk perusahaan ini memiliki keuntungan yang besar untuk perkembangan sebuah perusahaan.
Advertising

Iklan adalah bentuk dari pesan promosi produk/jasa/tempat usaha yang disampaikan melalui media dengan target masyarakat luas. Salah satu media sebagai tempat meletakkan iklan adalah koran, sehingga banyak orang menyebut cara ini sebagai iklan koran.

Setiap perusahaan yang pasti ingin mempromosikan tentang perusahaannya melalui iklan agar dikenal oleh publik. Kebutuhan akan iklan ini membuat mereka harus memilih biro iklan/perusahaan yang bergerak di bidang periklanan dengan tepat.

Mengetahui Jenis-jenis iklan koran

Meskipun koran termasuk media tradisional, namun ada banyak sekali perusahaan yang memakainya untuk iklan. Mulai dari perusahaan terbuka (go public) hingga tertutup.

Ada banyak sekali jenis iklan koran sebagai permintaan para pebisnis maupun perusahaan. Di antaranya:

- iklan display

- iklan advertorial

- iklan kolom

- iklan banner

- iklan centerspread

- iklan kreatif

- iklan baris.

Jenis Iklan Koran Paling Penting untuk Perusahaan Terbuka

Di antara sekian banyak jenis iklan koran tersebut,ada 3 jenis iklan koran paling penting untuk perusahaan terbuka, yang meliputi:

1.     Iklan Display

Iklan display merupakan iklan yang disampaikan dengan lebih memperlihatkan komposisi gambar di banding tulisan. Biasanya jumlah persentase gambar sekitar 70%, sedangkan tulisan sekitar 30%.

![iklan display chandra asri untuk tabloid tempo](https://uploads-ssl.webflow.com/5b9cca1cafb451686ef5f579/5c5ce8a7363a440a95b808eb_Majalah tempo.jpg)

Keunggulan dari jenis iklan koran ini adalah dapat menampilkan gambar yang dirancang dalam bentuk kreatif agar mudah diingat orang lain. Dengan begitu, saat mereka ingin membeli produk barang dan jasa, alam bawah sadar mereka langsung mengingat iklan yang pernah ia lihat dan akhirnya memilih produk tersebut.

Contoh iklan display yang sering digunakan oleh perusahaan adalah iklan penawaran. Iklan penawaran atau iklan niaga merupakan jenis iklan yang didasarkan pada isinya. Biasanya tujuannya untuk menawarkan / mempromosikan suatu barang atau jasa kepada yang membutuhkan.

2.     Iklan Advertorial

Iklan advertorial merupakan salah satu dari jenis iklan koran yang yang isinya lebih banyak menonjolkan tulisan/artikel. Tujuannya agar pembaca lebih detail dalam melihat produk/jasa yang dimiliki perusahaan atau juga mengenai profil perusahaan.

![iklan advertorial untuk koran kompas iwatani](https://uploads-ssl.webflow.com/5b9cca1cafb451686ef5f579/5c5bfb7f8a233d7df949231d_Iklan display by BOA to AFI.jpg)

Iklan advertorial ini dikenal mampu menaikkan citra dan nilai suatu perusahaan karena di dalamnya bisa mencantumkan alamat dan nomor telepon. Dengan demikian pambaca lebih mudah dalam menghubungi perusahaan tersebut jika ingin memesan barang/jasa.

Contoh lainnya adalah prospektus ringkas, yang merupakan dokumen keterbukaan dari calon emiten yang melakukan penawaran umum kepada investor. Prospektus ringkas merupakan versi singkat dari propektus lengkap yang cocok dimuat di surat kabar.

3.     Iklan Centerspread

Iklan centerspread adalah iklan yang ditampilkan pada 2 halaman penuh (sisi kanan dan kiri) dari halaman koran. Iklan koran ini memiliki tampilan yang sangat besar, tentunya ukuran tersebut mempengaruhi harga iklan yang jauh lebih mahal.

![Iklan prospektus ringkas astra](https://uploads-ssl.webflow.com/5b9cca1cafb451686ef5f579/5c541463bed7d78150df8ad3_koran spread.jpg)

Jenis iklan ini lebih sering digunakan oleh perusahaan besar yang mengiklankan tentang bisnisnya. Dengan tujuan untuk meningkatkan produksi penjualan serta meningkatkan citra dan nilai perusahaan sehingga makin banyak dikenal oleh konsumen, investor, supplier, emiten, dsb.

Itulah ketiga jenis iklan koran yang paling penting untuk perusahaan terbuka. Meskipun terkenal dengan biaya iklan yang cukup mahal, namun iklan ini menjadi incaran banyak perusahaan besar karena sifatnya yang terbuka, jelas, menarik, dan mudah diingat bagi para pembaca.

Hal ini akan membuat daya tarik konsumen menjadi tinggi, yang pada akhirnya jumlah konsumen perusahaan meningkat. Selain itu, nilai dan citra perusahaan semakin pesat perkembangannya sehingga perusahaan bisa bersaing dengan perusahaan lain secara global.

Hanindo telah dipercaya oleh ratusan perusahaan untuk kebutuhan publikasi iklan keterbukaan informasi maupun iklan khusus lainnya. Hubungan Hanindo dengan beberapa media cetak nasional sangat erat, terbukti Hanindo menjadi The Best Agency di Harian Bisnis Indonesia dan Harian Investor Daily hingga saat ini.