December 31, 2019

Tips Membuat Desain Cover Annual Report Perusahaan

Berikut ini adalah lima panduan membuat desain cover annual report yang mengesankan untuk perusahaan Anda.
Creative Media

Perusahaan yang bergerak dalam bisnis apapun, terutama yang melibatkan investor dari luar, tentu wajib membuat laporan tahunan. Agar tampil menarik di mata pemegang saham, Anda harus cermat dalam membuat desain cover annual report. Dengan sampul yang menarik perhatian tentu akan membangkitkan rasa penasaran untuk mengetahui bagian dalamnya. Anda dapat bekerjasama dengan creative media service seperti Hanindo untuk membuat cover annual report. Mengapa Hanindo? Karena Hanindo telah banyak dipercaya oleh perusahaan akan kreatifnya membuat desain cover annual report.

Tips Merancang Desain Annual Report

Secara umum isi laporan tahunan adalah perkembangan bisnis perusahaan selama setahun. Di dalamnya mencakup rangkuman pencapaian perusahaan, laporan keuangan akurat, dan target jangka panjang perusahaan.

Tujuan dibuatnya laporan keuangan adalah agar para investor memperoleh informasi tentang rencana manajemen dalam mengembangkan perusahaan, aktivitas perusahaan, serta detail keuangan. Agar tak terkesan monoton dan kuno, inilah tips yang dapat dicoba dalam merancang cover laporan tahunan.

1. Tema

Apa yang harus diperhatikan dalam membuat gambar cover pertama kali adalah tema. Pastikan rancangan desain sampul laporan tahunan selaras dengan isinya. Jadi sebelum membuat desain cover, tetapkan dulu tema laporan. Tema itulah yang akan dituangkan dalam rancangan desain. Sehingga saat melihat sampulnya, sekilas orang sudah memiliki gambaran tentang isinya.

Tema laporan yang dipilih sebenarnya merupakan gambaran singkat perkembangan bisnis serta dinamika perusahaan sepanjang tahun tersebut. Data-data tersebut akan membantu pemegang saham membuat keputusan terkait investasinya pada perusahaan terkait.

2. Tipografi

Tipografi singkatnya adalah tata letak huruf agar mengisi bidang kertas dengan indah. Pada proses merancang cover laporan harus dipilih font yang tepat agar tujuan dibuatnya laporan tercapai. Anda disarankan menggunakan font yang memberi kesan resmi dan formal pada sampul laporan.

Misalnya Hebrew Michol yang huruf-hurufnya terlihat minimalis dan sederhana, namun tampak elegan. Alternatif lainnya adalah BF Anorak yang juga sering digunakan untuk tulisan pada sampul buku non fiksi serius.

3. Sinkron

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat cover atau sampul buku, termasuk laporan adalah kesesuaian rancangan. Jangan sampai demi terlihat menarik sampul laporan tak mencerminkan karakter perusahaan. Warna-warna serta desain yang terlalu mencolok justru membuat perusahaan yang bergerak dalam bisnis “serius” menjadi kurang berwibawa.

4. Warna

Walaupun menerapkan terlalu banyak warna tidak disarankan, tetapi cover yang didominasi warna hitam putih sebaiknya juga dihindari. Anda tentu ingin membuat para investor tergoda untuk membaca laporan tersebut, bukan? Tipsnya adalah memilih warna yang senada dengan logo perusahaan sehingga tampilan annual report tampak professional sekaligus artistic.

5. Tata Letak

Keseimbangan adalah prinsip yang tak boleh terlewatkan dalam mengatur tata letak desain sampul laporan. Jangan sampai, baik gambar atau tulisan, mendominasi desain sampul hingga penuh. Agar tampilan cover enak dipandang, aturlah kedua komponen tulisan serta gambar sekreatif mungkin, seimbang, dan tanpa mengabaikan kesan resmi.  

Tips Membuat Desain Cover Annual Report Perusahaan

Nah, demikianlah lima tips bagaimana cara membuat desain cover buku yang baik, juga laporan tahunan kantor. Lalu bagaimana bila Anda bukan orang yang cakap menggunakan aneka software desain pada PC untuk membuat sampul laporan yang bagus? Tak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan desain template cover laporan tahunan yang dapat diunduh gratis.

Di internet, Anda akan menemukan ribuan template. Tinggal memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan, semua beres. Setelah mendapatkan satu desain yang Anda inginkan, tinggal lakukan modifikasi untuk menyesuaikannya dengan tema laporan.

Alternatif lainnya adalah menggunakan jasa creative media service untuk mendesain cover laporan tahunan perusahaan Anda. Karena dikerjakan oleh ahlinya, tentu saja Anda bisa mengharapkan hasil yang memuaskan. Sebelum memilih penyedia jasa desain perhatikan portofolio jasa terkait untuk mendapatkan gambaran kualitas pekerjaan mereka.

Semoga informasi tentang panduan membuat desain cover annual report yang menarik ini bermanfaat. Jangan lupa membagikan artikel ini pada media sosial Anda.