June 30, 2019

Sebelum Menyelenggarakan IPO, Simak Hal-hal yang Harus Diperhatikan (PT HK Metals Utama Tbk)

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk menyelenggarakan IPO.
Event Organizer

Berbicara tentang IPO (Initial Public Offering) atau dalam bahasa Indonesianya adalah Penawaran Umum Perdana, sangat erat kaitannya dengan pasar saham. Keberadaan IPO membantu perusahaan yang menjual saham pertamanya untuk menghubungkannya kepada si calon investor umum/ publik.

Penyelenggaraan IPO ini cukup diminati perusahaan, khususnya bagi mereka yang membutuhkan dana untuk mengembangkan usaha.

Dibandingkan harus mengajukan kredit di bank, cara ini terbilang lebih baik dan efisien. Pasalnya perusahaan tidak menanggung beban bunga dari hasil dana tersebut.

Perusahaan go public merupakan istilah bagi mereka yang hendak mengikuti IPO. Berbagai macam perusahaan boleh ikut andil dalam IPO, asalkan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Persiapkan Hal-Hal Berikut Sebelum Terselenggaranya IPO

Perusahaan yang go public harus melewati serangkaian tahapan yang ketat. Proses tersebut juga akan menentukan apakah perusahaan tersebut layak masuk ke dalam daftar Bursa Efek Indonesia untuk diperdagangkan.

Agar hal tersebut dapat tercapai, berikut adalah hal-hal penting yang perlu Anda persiapkan.

1. Pembentukan Tim

Demi tercapainya penawaran umum, diperlukan pembentukan tim khusus untuk menanganinya. Hal ini dilakukan agar IPO dapat terlaksana dengan baik serta fokus dan sesuai dengan yang diinginkan.

Tim khusus ini biasanya dipilih dari karyawan yang sudah mengenal baik seluk beluk perusahaan. Jika melihat struktur perusahaan, dewan direksilah yang berhak untuk memimpin tim ini. Ia pun dapat menunjuk bawahannya, direktur atau kepala bagian keuangan, untuk menjadi team leader yang membantunya mengawasi anggota tim.

Agar dapat segera terlaksana dengan baik, anggota tim dipilih dari masing-masing divisi. Adapun beberapa pihak eksternal berprofesional yang ditunjuk dalam membantu  perusahaan, seperti notaris, akuntan publik, konsultan hukum, dan underwriter (Penjamin Emisi Efek).

2. Mengadakan RUPS

Sebelum naik dalam penyelenggaraan IPO, ada baiknya untuk mengadakan RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) pada perusahaan go public. Jenis rapat ini diadakan dengan tujuan untuk meminta persetujuan oleh seluruh pemegang saham yang ada.

Dalam RUPS tak hanya membahas tentang persetujuan ikut serta dalam IPO, melainkan juga berapa perkiraan nilai saham yang akan diajukan serta kepentingan pengubahan Anggaran Dasar perusahaan yang mulanya tertutup menjadi terbuka.

3. Kelengkapan Dokumen

Dalam persiapan internal ini, kelengkapan dokumen yang dibutuhkan sebelum memulai IPO. Dokumen yang lengkap akan mendorong kepercayaan dari para calon investor pada saham yang Anda jual.

Dokumen yang dibutuhkan biasanya terbagi dalam empat kategori. Dokumen korporasi menjadi dasar utama yang diperlukan, meliputi akta pendirian hingga anggaran dasar perusahaan. Menyusul kemudian dengan dokumen perijinan yang dapat berupaTDP, SIUP, dan lain sebagainya.

Segala dokumen yang berkenaan dengan aset, menjadi kategori selanjutnya yang harus dipersiapkan. Selain itu, dokumen-dokumen pendukung perusahaan lainnya juga ikut dikumpulkan, seperti besaran penghasilan sampai sengketa jika pernah dialami.

4. Keterbukaan Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah satu bagian yang sangat berpengaruh dalam proses IPO. Setiap calon investor akan melihat dan pertimbangan perusahaan yang go public melalui laporan keuangan.

Maka dari itu, salah satu syarat untuk melakukan IPO adalah laporan keuangan yang dapat dipertanggung jawabkan dan sudah di audit oleh Akuntan Publik.

5. Menyusun Prospektus

Hal yang tak kalah penting lainnya adalah menyusun prospektus diperlukan dalam penawaran umum perdana.

Penyusunan prospektus berkaitan erat dengan kelengkapan dokumen dan laporan keuangan yang nantinya akan dibentuk menjadi sebuah dokumen resmi. Hasil prospektus nantinya akan digunakan oleh perusahaan yang akan go public untuk memberikan gambaran terkait ajuan penawaran nilai saham.

Proses menyusun prospektus ini dilakukan oleh underwriter yang ditunjuk oleh perusahaan go public. Hasilnya nanti akan diperiksa oleh lembaga hukum tertentu mengenai kesesuaiannya dengan dokumen-dokumen yang ada.

Sebelum Menyelenggarakan IPO, Simak Hal-hal yang Harus Diperhatikan (PT HK Metals Utama Tbk)
Public Expose

Tanpa persiapan yang matang, IPO tak akan bisa terselenggara dengan baik. Maka dari itu, Hanindo akan membantu Anda untuk menyelenggarakan IPO. Sebagai penyedia jasa EO terpercaya di Indonesia, Hanindo akan membantu Anda menyelenggarakan IPO. Salah satu contoh penyelenggaran IPO dengan bekerjasama dengan Hanindo adalah PT HK Metals Utama Tbk Untuk quotation dan pertanyaan seputar EO company outing, klik tombol WhatsApp di bawah kiri ↘