December 20, 2021

Untung & Rugi Menggunakan Event Organizer Untuk Acara Virtual

Event Organizer

Pandemi Covid-19 membuat banyak pelaku usaha memutar otak untuk tetap menjalankan usaha mereka. Di saat orang-orang tidak bisa keluar dari rumah, maka acara yang dihelat secara online-lah pilihannya. Maka para event organizer juga menyediakan layanan penyelenggara acara secara virtual atau daring.

Virtual Event organizer adalah penyedia jasa yang bertanggung jawab menyelenggarakan sebuah acara. Mulai dari perencanaan, teknis acara, komponen di dalamnya, serta memastikan lancarnya acara secara daring.

Di balik semua itu, ada keuntungan maupun kerugian ketika menggunakan jasa virtual event organizer dalam acara virtual. Anda dituntut untuk mempertimbangkan segala konsekuensinya sebelum memutuskan. Berikut kelebihan dan kekurangan event organizer pada acara virtual.

1. Kesuksesan Acara Virtual

Saat ini banyak sekali acara yang berubah menjadi virtual, seperti wisuda, pernikahan, hingga konser musik virtual. Di balik acara-acara besar itu, ada orang-orang yang bekerja dalam sebuah event organizer untuk mengaturnya.

Dengan menggunakan jasa event organizer, Anda dapat memangkas waktu dan tenaga dalam menyusun acara-acara tersebut. Pengalaman dan reputasi sebuah event organizer dalam membuat acara virtual harus menjadi Anda pertimbangkan untuk memastikan kesuksesan acara virtual Anda.

2. Hemat dan Menarik

Bayangkan saja jika sebuah acara virtual yang Anda jalankan sendiri akan memerlukan tenaga seberapa banyak? Anda harus menyewa kameramen, penata latar, hingga kru panggung. Hal-hal menyulitkan tersebut tidak akan Anda temui jika menggunakan jasa virtual event organizer.

Virtual event organizer juga sudah memiliki konsep acara yang matang, sehingga Anda tidak perlu pusing-pusing memikirkan konsep acara dan komponen-komponen pelengkap di dalamnya. Sebab umumnya, virtual EO juga menawarkan paket komplet, seperti dokumentasi, sound, lighting, dan lainnya.

Anda tinggal mendiskusikan saja dengan mereka konsep apa yang Anda inginkan serta berapa budget yang Anda miliki. Dijamin acara virtual Anda akan jauh lebih menarik dengan bantuan EO.

3. Rencana Alternatif

Apa yang akan Anda lakukan jika tiba-tiba lampu panggung padam di tengah-tengah konser virtual yang Anda selenggarakan? Jika Anda menyewa jasa virtual event organizer, Anda tidak perlu khawatir. Mereka memiliki rencana cadangan yang pastinya sudah disiapkan jauh-jauh hari.

Virtual event organizer sudah berpengalaman dan memiliki langkah antisipasi dalam mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dan tidak terprediksi oleh Anda.

4. Biaya

Sebuah virtual event organizer tidak akan berjalan dan bekerja secara profesional jika Anda tidak membayar jasanya. Hal ini menjadi tidak diperlukan jika Anda sudah menyiapkan tim khusus untuk menyelenggarakan acara virtual yang sudah Anda susun. Anda juga dapat mengatur biaya sendiri sesuai budget Anda.

5. Bukan Acara yang Besar

Acara yang kecil seperti webinar atau semacamnya dapat Anda persiapkan sendiri tanpa perlu bantuan dari virtual event organizer di acara Anda. Anda juga pasti sudah mengetahui dasar-dasar untuk mengadakan webinar dengan mudah. Sehingga budget Anda juga dapat dialihkan untuk kebutuhan yang lain.

6. Tidak Memahami Target Penonton

Ketika Anda akan menyelenggarakan sebuah acara, Anda tentu paham betul dengan audiensnya. Salah satu kekurangan ketika memercayakan sebuah acara sepenuhnya pada EO adalah adanya miskonsepsi.

Namun hal ini sangat bisa diminimalkan jika ada komunikasi yang lancar dan intens antara jasa EO dan Anda sebagai pembuat acara. Sebab tentu saja, virtual event organizer pun akan berusaha sebaik mungkin menerjemahkan keinginan kliennya supaya hasilnya tidak mengecewakan kliennya.

Setiap perhelatan dalam menyewa jasa virtual event organizer pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Hanindo hadir sebagai event organizer tepercaya yang dapat menghidupkan acara virtual Anda.

Berpengalaman dan telah dipercaya oleh ratusan perusahaan publik, Hanindo Event Organizer, Advertising & Media Creative, bertekad menghadirkan kepuasan pada setiap pelanggan.