December 24, 2020

Langkah-langkah Menjalankan Virtual Event Dengan Zoom

Bingung mau mengadakan virtual event menggunakan zoom? Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membantu Anda.
Event Organizer

Penggunaan aplikasi zoom saat ini tengah populer. Pasalnya, semua orang sedang menghadapi suatu pandemi, yang mana tidak bisa beraktivitas seperti biasanya. Jadi, banyak orang yang memutuskan untuk membuat kegiatan atau acara secara online dengan menggunakan aplikasi zoom. Virtual event yang diadakan juga beragam. Mulai dari seminar, pembelajaran, wisuda, rapat, dan masih banyak lagi. Kegiatan secara online ini juga dianggap efektif karena menghindari adanya tatap muka atau pertemuan langsung. Hal ini tentu mendukung anjuran pemerintah untuk menjaga jarak satu dengan yang lain dan menghindari kerumunan.

Cara Mengadakan Event Online Melalui Zoom

Banyak hal yang harus Anda siapkan jika akan mengadakan event secara online melalui zoom. Mulai dari jadwal acara, aplikasi zoom, dan yang lainnya. Pertama, Anda harus tahu cara untuk mengatur jadwal virtual event di zoom untuk acara yang akan dilaksanakan. Berikut langkah-langkah dalam mengatur jadwal pada aplikasi zoom :

1. Langkah pertama, bukalah aplikasi zoom di laptop atau komputer atau smartphone Anda.

2. Masukkan identitas Anda pada menu sign-in.

3. Berikutnya, pilih ikon kalender.

4. Di sini, Anda bisa mengatur topik event yang akan dilaksanakan, tanggal, video, gambar, audio, dan kalender yang digunakan.

5. Setelah itu, klik atau pilih "Schedule".

Langkah-langkah Menjalankan Virtual Event Dengan Zoom

Lalu, setelah selesai mengatur jadwal melalui zoom, Anda perlu tahu cara membuat webinar atau seminar online tersebut. Berikut tata caranya :

1. Siapkan aplikasi zoom premium atau zoom berbayar untuk event yang Anda laksanakan.

2. Kemudian masuk ke akun Anda.

3. Pilih tombol "Webinars" pada aplikasi tersebut.

4. Atur dan lengkapi semua keterangan virtual event yang Anda buat.

5. Berikutnya Anda perlu masuk ke menu "Registration". Di menu ini Anda diberikan 2 pilihan metode approval apabila event yang Anda adakan tersebut perlu registrasi saat link dibagikan.

a. Registration Automatically Approval : peserta yang masuk melalui link webinar akan otomatis mendapat email. Email di sini untuk memberikan langkah selanjutnya agar bisa mengikuti webinar. Registrasi dengan metode ini cocok untuk event yang jumlah pesertanya banyak.

b. Registration Manual Approval : Anda bisa menolak atau menerima registrasi peserta secara manual. Jika Anda menyetujui, maka peserta akan mendapat email berisi langkah selanjutnya untuk mengikuti webinar. Registrasi dengan metode ini cocok untuk webinar eksklusif dengan peserta terbatas.

6. Yang terakhir, klik "Schedule".

Jika merasa kesulitan menyiapkan sebuah event atau webinar secara online, Anda bisa menggunakan jasa Event Organizer Jakarta untuk membantu berlangsungnya event tersebut. Dengan menggunakan jasa Event Organizer tentu akan memudahkan. Terlebih jika Anda sibuk dengan suatu urusan, pihak Event Organizer siap melaksanakan tugas untuk mengatur event tersebut dengan baik. Pihak Event Organizer bukan hanya membantu Anda menyiapkan kegiatan tersebut sebelum acara, tetapi sampai acara selesai. Alat yang digunakan untuk kegiatan webinar mereka juga yang menyiapkan. Jadi, Anda hanya perlu menyiapkan biaya sesuai yang ditetapkan pihak Event Organizer. Selain itu, pihak Event Organizer juga menjamin kerahasiaan data yang akan disampaikan pada webinar jika memang diperlukan. Anda juga bisa memilih konsep webinar yang diinginkan. Event Organizer juga menyediakan kebutuhan koneksi internet, security online, dokumentasi acara, kualitas gambar dan video, serta yang lainnya. Jadi, Anda tidak perlu lagi kerepotan atau kebingungan untuk mengatur webinar yang akan diadakan. Tinggal gunakan jasa Hanindo Event Organizer Jakarta, solusi untuk menjalankan seminar online yang berkualitas dan terjangkau sesuai dengan budget atau biaya yang Anda miliki.