January 31, 2021

Apa Itu Virtual Team Building?

Mengulik apa itu virtual team building, manfaat dan cara melakukannya.
Event Organizer

Di masa pandemic seperti saat ini, banyak perusahaan menerapkan  bekerja dari rumah atau work from home. Kondisi ini membuat pekerja harus beradaptasi untuk terbiasa menjalankan pekerjan seperti biasanya namun dengan keadaan yang berbeda. Walaupun harus bekerja dari rumah akan tetapi kekompakan dan kerjasama tim harus selalu dijaga demi mencapai tujuan perusahaan.

Apa Itu  Virtual Team Building?

Team building merupakan langkah atau cara-cara yang dilakukan untuk membangun hubungan baik dan kuat antara semua orang yang berada dalam satu tim. Langkah ini dilakukan untuk membangun komunikasi dan kolaborasi yang baik. Dengan cara ini pekerjaan  tetap bisa diselesaikan dengan baik bahkan saat tidak bekerja dari kantor sekalipun.

Bisakah Team Building Secara Virtual?

Di tengah kondisi pandemic seperti saat ini, hampir semua pekerjaan dilakukan secara virtual atau remote vorking. Dalam kondisi seperti ini, perusahaan harus tetap memastikan semua tim mampu bekerjasama dengan baik walaupun harus bekerja dari rumah. Disinilah peran teknologi sangat diperlukan agar kekompakan tim bisa terus terjaga melalui langkah team building virtual.

Di era perkembangan teknologi yang semakin canggih ini, membangun kekompakan tim tetap bisa dilakukan yaitu secara virtual atau online. Salah satu cara menjaga kekompakan tim secara virtual ini adalah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Ada banyak tekonologi canggih yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga komunikasi tim seperti aplikasi grup chat, virtual meeting hingga webinar.

Bagaimana Cara Virtual Team Building Selama Work From Home

Ancaman virus Corona yang masih berkesudahan, membuat aktivitas work from home tetap dilakukan. Hal ini demi mencegah semakin meluasnya penyebaran virus dan memutus rantai penularannya. Akan tetapi demi memulihkan kondisi ekonomi, berbagai sektor ekonomi mulai beroperasi kembali salah satunya event organizer Jakarta namun tetap dengan melakukan protokol kesehatan dengan benar.

Untuk memastikan semua tim tetap kompak selama work from home, beberapa perusahaan menggunakan cara berikut ini :

1. Atur strategi kerja bersama dan tetapkan tujuan

Agar kekompakan tim tetap terjaga selama masa bekerja dari rumah, pastikan buat strategi kerja bersama yang disepakati oleh semua anggota tim. Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman yang justru bisa menghambat jalannya pekerjaan. Selain itu tetapkan juga tujuan dari pekerjaan tersebut akan seperti apa sehingga semua anggota akan memiliki tanggungjawab untuk menyelesaikan dengan baik.

2. Manfaatkan perkembangan teknologi

Dalam membangun kekompakan tim, komunikasi adalah kunci utamannya. Walaupun harus bekerja dari rumah, akan tetapi komunikasi antar semua anggota tim harus selalu terjaga dengan baik. Untungnya saat ini telah banyak teknologi canggih yang bisa menunjang aktivitas virtual team building agar bisa berjalan dengan baik seperti chat room, video converence, virtual meeting dan berbagai aplikasi komunikasi lainnya sehingga tim tetap bisa melaksanakan diskusi dengan lebih mudah.

3. Buat kesepatakan jam kerja

Walaupun melakukan pekerjaan dari rumah, akan tetapi jadwal bekerja harus tetap diatur dengan baik. Untuk menjaga kekompakan, buat kesepatan tentang jadwal kerja yang harus ditaati oleh semua anggota tim. Selain untuk memastikan pekerjaan selesai sesuai target, kesepakatan jam kerja ini juga bisa memupuk solidaritas antara semua anggota tim.

Kondisi pandemic akibat dari virus corona memang membuat aktivitas masyarakat menjadi terbatas. Sekolah diliburkan, tempat makan tutup bahkan perusahaan harus melaksanakan pekerjaan dari rumah demi mencegah penularan. Akan tetapi aktivitas  yang terbatas tidak boleh  membuat kinerja menjadi menurun. Oleh sebab itulah, dibutuhkan virtual team building demi menjaga kekompakan tim selama masa work from home sehingga performa kerja tetap terjaga.