August 30, 2021

Apa Itu e-RUPS? (Pengertian, Proses penyelenggaraan)

RUPS Digital merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh emiten dan dihadiri oleh seluruh pemegang saham secara digital.
Event Organizer

Karena dalam kondisi pandemi, banyak sekali perusahaan yang tidak bisa menyelenggarakan RUPS. Salah satu alternatifnya adalah dengan menyelenggarakan rapat umum pemegang saham secara digital atau sering disebut dengan e-RUPS. Dengar menyelenggarakan rapat umum secara digital, seluruh orang khususnya para pemegang saham yang ada di luar kota bisa mengikuti. Apakah semua orang bisa mengambil keputusan seperti melakukan voting. Informasi lebih lengkap e-RUPS bisa anda simak dibawah ini.

Pengertian Rapat Umum Pemegang Saham Digital (e-RUPS)

Sebelum membahas tentang pengertian RUPS Elektronik, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu Apa pengertian dari RUPS itu sendiri. Berdasarkan Pasal 1 angka 4 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, RUPS diartikan sebagai: "Rapat Umum Pemegang Saham, yang selanjutnya disebut RUPS, adalah Organ Perseroan yang mempunyai wewenang yang tidak diberikan kepada Direksi atau Dewan Komisaris dalam batas yang ditentukan dalam Undang-Undang ini dan/atau anggaran dasar." Selanjutnya karena Indonesia dan seluruh negara di dunia mengalami pandemi. Acara tahunan yang sangat besar ini tentu tidak akan bisa dilakukan. Sebagai alternatifnya adalah melakukan RUPS elektronik. Jadi e-RUPS bisa diartikan sebagai rapat umum pemegang saham yang memiliki aturan dasar sama dan fungsi yang tidak berubah. Hanya saja prosesnya dilakukan secara digital atau online sesuai dengan kondisi saat ini. Aturan terkait dengan RUPS yang dilakukan secara online bisa dilihat secara langsung dalam aturan yang dikeluarkan oleh OJK. Aturan itu adalah Peraturan Otorita Jasa Keuangan Nomor 15/POJK.04/2020 Tahun 2020 tentang Rencana dan Penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Terbuka. Menurut aturan ini:  "penyelenggaraan RUPS secara elektronik yang disebut e-RUPS, yaitu sistem atau sarana elektronik yang digunakan untuk mendukung penyediaan informasi, pelaksanaan, dan pelaporan RUPS secara khusus di perusahaan terbuka."

Apa Itu e-RUPS? (Pengertian, Proses penyelenggaraan)

Proses Penyelenggaraan RUPS Elektronik

Selanjutnya terkait dengan proses penyelenggaraan RUPS Elektronik atau e-RUPS. Bisa dilakukan dengan mengikuti beberapa prosedur yang sudah ditentukan. Menurut Pasal 12 POJK 16/2020, perusahaan harus menyampaikan mata acara pada OJK. Selain itu perusahaan juga harus memberikan pengumuman terkait adanya RUPS kepada pemegang saham. Terakhir, melakukan panggilan kepada pemegang saham saat RUPS. Saat melakukan e-RUPS, perusahaan bisa memilih salah satu dari beberapa penyelenggaraan di bawah ini.

  • Dilakukan oleh penyedia e-RUPS yang sudah disetujui oleh OJK.
  • Disediakan oleh perusahaan terbuka.

Dengan memilih salah satu dari prosedur di atas maka penyelenggaraan akan sesuai dengan aturan yang dikeluarkan oleh OJK. Jadi, rapat umum pemegang saham tahunan tidak akan melanggar aturan yang berlaku. Sebelum menyelenggarakan e-RUPS, sebuah penyelenggara harus menyediakan beberapa fitur di bawah ini.

  • Seluruh mata acara yang akan dilakukan harus diperhatikan terlebih dahulu kepada seluruh peserta. Dengan begini acara tidak akan mengalami gangguan.
  • Acara tetap memungkinkan seluruh peserta untuk berkomunikasi dan berkolaborasi meskipun secara digital.
  • Terdapat platform untuk melakukan proses voting atau penghitungan kuorum secara cepat dan real time.
  • Dilakukan perekaman seluruh kegiatan yang dilakukan secara offline ataupun online. Rekaman ini dilakukan secara audio visual agar bisa dilihat lagi di kemudian hari.
  • Pemberian kuasa secara elektronik sehingga berbagai keputusan bisa diambil secara cepat.

Pada akhir acara e-RUPS, penyelenggara harus menyerahkan beberapa dokumen penting yang terdiri dari.

  • Daftar para pemegang saham yang hadir dalam acara tersebut secara elektronik.
  • Daftar para pemegang saham yang memberikan kuasa secara elektronik kepada orang lain.
  • Rekapitulasi kuorum kehadiran dan keputusan.
  • Transkrip rekaman dari isi rapat mulai dari awal hingga akhir.

Rapat umum pemegang saham secara digital sudah diatur. Jadi kegiatan ini berjalan secara legal. Bahkan semua orang bisa mengambil keputusan secara kuorum untuk menentukan bagaimana atau apa yang akan dilakukan oleh perusahaan tersebut. Apabila perusahaan masih belum bisa menjalankan e-RUPS sendiri. Disarankan untuk menggunakan event organizer seperti Hanindo. Jadi, berbagai kebutuhan dalam rapat umum pemegang saham akan disediakan bahkan sudah sesuai dengan standar POJK terbaru.