March 22, 2022

Cermati Ini! Perbedaan Istilah Gathering, Outing, dan Outbound

Pernah mendengar istilah gathering, kan?
Bagi sebagian orang istilah gathering, outing, dan outbound mungkin terlihat sama. Padahal ketiga istilah ini memiliki perbedaan yang jelas jika dilihat dari definisi maupun tujuan dari pertemuannya.
Nah, kira-kira apa saja perbedaan istilah gathering, outing, dan outbound? Pada artikel berikut kami akan menjelaskannya untuk Anda.

Perbedaan Istilah Gathering, Outing, dan Outbound

Baik gathering, outing, maupun outbound, ketiganya merupakan istilah yang merujuk pada aktivitas rekreasi yang melibatkan banyak orang. Biasanya berupa perjalanan ke daerah tertentu untuk liburan atau bersenang-senang.
Namun di balik penggunaan ketiga istilah tersebut yang cukup sering kita temui di kehidupan sehari-hari, gathering, outing, dan outbound memiliki tujuan yang berbeda. Meskipun esensinya sama saja untuk bersenang-senang namun dalam penggunaan setiap kata ini harus digunakan dengan tepat. Berikut perbedaannya.

1. Gathering

Gathering berasal dari kata dasar “gather” yang berarti berkumpul. Sesuai dengan namanya, gathering merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh komunitas, keluarga, maupun perusahaan untuk mengumpulkan semua anggotanya dan mengobrol ringan bersama.
Dalam sebuah perjamuan gathering biasanya akan terdapat panitia khusus yang mengatur dan mempersiapkan semua hal terkait acara tersebut. Aktivitas ini bisa dilakukan di dalam maupun di luar ruangan dan biasanya digunakan untuk mempererat hubungan peserta satu sama lain.

2. Outing

Padanan kata dari outing adalah bertamasya. Aktivitas ini dapat dilakukan oleh teman satu komunitas, rekan satu perusahaan, maupun sanak kerabat dan keluarga besar.
Biasanya berupa aktivitas di luar ruangan atau alam terbuka yang tujuannya adalah untuk refreshing dan meningkatkan keakraban di antara seluruh peserta yang terlibat.
Seluruh aktivitas yang dilakukan dalam outing biasanya berupa aktivitas ringan-ringan saja. Tidak ada tujuan untuk membentuk atau melatih mental, sehingga semua peserta yang bergabung dengan aktivitas ini benar-benar menikmati rekreasinya.

3. Outbound

Terakhir ada outbound yang berarti adalah pergi keluar.
Padanan kata outbound dalam bahasa Indonesia adalah mancakrida atau sebuah kegiatan di luar ruangan yang bertujuan untuk membangun atau melatih mental para pesertanya dalam berbagai hal. Mulai dari pelatihan kepemimpinan hingga manajemen risiko di alam dengan cara yang unik dan menyenangkan.
Aktivitas ini biasa dilakukan oleh perusahaan untuk membentuk mental karyawan baru mereka. Tak jarang juga dilakukan oleh komunitas atau keluarga untuk sekadar bersenang-senang dengan tantangan yang diberikan.
Aktivitas luar ruangan yang biasanya ada dalam outbound meliputi flying fox, adventure rafting, paintball, arung jeram dan masih banyak lagi lainnya. Tergantung dari tujuan masing-masing penyelenggara acara.
Nah, meskipun disajikan dengan banyak tantangan, kesenangan dari outbound tentu tidak kalah dengan outing maupun gathering. Di mana pada outbound, Anda juga bisa menikmati keindahan alam sekitar sambil menyegarkan pikiran bersama rekan atau teman-teman.
Jika Anda saat ini sedang mencari event organizer untuk acara gathering, outing, maupun outbound yang dilakukan oleh perusahaan atau komunitas Anda, Hanindo bisa jadi opsi yang tepat untuk membantu Anda dalam menggelar acara tersebut.
Hanindo sendiri adalah event organizer ternama di Jakarta yang sudah beroperasi sejak tahun 2009 dan dipercayai oleh ratusan perusahaan publik untuk meng-handle acara yang mereka gelar.
Tak heran jika acara yang Anda adakan untuk komunitas maupun perusahaan bisa dilakukan dengan lebih mudah dan lancar dengan bantuan dari tim Hanindo. Tertarik untuk mempercayakan event perusahaan atau komunitas Anda ke Hanindo?