March 8, 2019

Apa itu Digital Printing?

Digital Printing, Inovasi Dunia Percetakan Masa Kini
Creative Media

Apa itu Digital Printing?

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, dunia mulai dimudahkan dengan berbagai hal-hal yang saat ini sudah berbasis digital, salah satunya seperti di dunia percetakan.

Dikenal dengan istilah Digital printing, sebuah inovasi dalam dunia percetakan dimana pemroduksian dilakukan dengan bantuan sebuah alat dimana hasil dihasilkan jauh lebih akurat ketimbang manual.

Hasil gambar untuk MESIN DIGITAL PRINTING

Inovasi ini jelas memudahkan masyarakat, khususnya yang membuka jasa percetakan agar membuat pekerjaan jauh lebih mudah dan cepat.

Pada dasarnya, cara kerjanya dengan membuat gambar yang pada awalnya masih berupa file, dapat dicetak dengan menggunakan berbagai bentuk media secara instan dan cepat.

Walaupun sebenarnya metode ini membutuhkan biaya yang jauh lebih mahal dibandingkan metode percetakan konvensional, tetapi jelas bahwa banyak masyarakat yang lebih memilih untuk menggunakan metode ini dibandingkan dengan menggunakan metode percetakan konvensional.

Beberapa hal yang melatarbelakangi hal ini yaitu karena pengerjaannya yang tidak membutuhkan waktu yang lama, bahkan cenderung secara instan, dimana sangat diperlukan bagi masyarakat yang membutuhkan hasil cetak dalam skala kecil.

Kelebihan dan Kekurangan

Walaupun begitu, yang namanya digital tentu tidak akan sempurna dan akan memiliki kekurangan dan kelebihannya tersendiri.

Kelebihan

1. Waktu produksi yang jauh lebih cepat dan instan.

2. Dapat mencetak custom, dalam arti ialah bahwa customer dapat membuat permintaan khusus dan tanpa minimal order.

3. Proses yang sangat cepat dan bahkan hasil cetak dapat dilihat secara langsung.

4. Tidak membutuhkan tenaga kerja yang banyak.

5. Proses pengerjaan yang tergolong sederhana, bahkan dapat dilakukan oleh pemula sekalipun.

Kekurangan

1. Biaya produksi yang jauh lebih tinggi jika dihitung dalam jumlah satuan.

2. Dikarenakan proses pengerjaan yang cukup mudah, banyak lapisan masyarakat yang justru tertarik untuk menekuni bisnis ini sehingga tingkat persaingan pun akan semakin tinggi.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa digital printing merupakan metode percetakan yang dapat dilakukan melalui berbagai bentuk media, yang tentu saja seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, berbagai bentuk media digital printing pun sudah mulai bermunculan yang dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan.

Jenis-Jenis Digital Printing

1. Large Format, yaitu mesin percetakan digital yang menggunakan mesin dengan ukuran besar dan memang diperuntukan bagi gambar dengan ukuran besar, seperti banner, spanduk, baliho, billboard dan sebagainya.

2. Digital Offset Printing, sebuah mesin percetakan yang bisa menghasilkan output dalam berbagai bentuk seperti kertas HVS dan lain sebagainya.

mesin offset

3. Screen Digital Printing, mesin percetakan digital yang diperuntukan khusus untuk sablon kaos yang dimana dapat mencetak gambar di kaos secara langsung. Tentunya jauh lebih efektif dan cepat dibandingkan menggunakan mesin sablon konvensional.

Gambar terkait

4. Keramik Printing, yaitu mesin percetakan digital untuk mencetak gambar di keramik atau cangkir, gelas dan sebagainya.

mesin mug

Untuk saat ini, mesin yang ada masih sedikit. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa seiring dengan berkembangnya teknologi, mesin digital printing pun juga akan mengalami perkembangan dengan inovasi-inovasi terbarunya.

Bagi para pemula yang ingin memulai bisnis, memasuki dunia percetakan bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat dan tentunya tidak memerlukan berbagai perlengkapan yang rumit, karena anda akan bekerja bersama dengan mesin.

Selain itu, inovasi dari dunia percetakan ini juga sangat memungkinkan untuk menjadi salah satu peluang usaha yang memberikan banyak keuntungan. Tertarik untuk mulai berbisnis digital printing?

Di era digital sekarang ini, materi media cetak sudah mulai berkurang karena banyak yang sudah beralih ke media online. Solusi yang tepat untuk mengakomodir era ini adalah dengan beralih dari mesin cetak konvensional ke mesin Digital Printing. Hanindo Communication menyediakan pelayanan cetak Digital Printing dengan pelayanan one stop services, mulai dari Design, layout, revisi sampai cetak dengan waktu yang cepat. Sebagai gambaran untuk mencetak buku 500 halaman hanya butuh waktu kurang dari 1x24 jam.