December 20, 2021

Cara Membuat Annual Report Design Terbaik dari Hanindo

Setiap tahun, perusahaan dan organisasi disibukkan dengan pembuatan annual report. Berikut adalah cara-cara membuat annual report design terbaik versi Hanindo yang bisa Anda terapkan.

Cara Membuat Annual Report Design Terbaik dari Hanindo

Saat mendengar kata “Annual Report” pasti pikiran kita langsung tertuju pada sebuah buku atau catatan tebal yang berisi data berupa angka-angka yang bakal membosankan kalau dilihat terus.

Tak berwarna, banyak angka, sedikit tulisan, inilah yang terbesit di pikiran orang awam ketika mendengar kata tersebut.

Tak hanya orang awam, bahkan beberapa perusahaan atau organisasi pun masih saja menerapkan annual report design yang membosankan.

Tak heran hal itu terjadi, adanya annual report ini menjadikan semua karyawan berperan serta dalam penyusunannya dan membutuhkan waktu lebih untuk dikerjakan.

Cara Membuat Annual Report Design dari Harnindo yang Bisa Anda Coba

Beberapa perusahaan atau organisasi boleh jadi menyewa konsultan annual report design karena tak mau repot.

Memang benar penggunaan jasa tersebut menjadi jawaban yang cukup solutif, tetapi jelas perusahaan harus mengeluarkan biaya tambahan.

Perlu Anda ketahui bawasannya annual report ini nantinya akan menjadi ‘menu pembuka’ untuk calon investor. Dengan hal tersebut, dapat dipastikan bahwa annual report design itu sangat penting bukan?

Lalu bagaimana cara menyusun annual report yang menarik tanpa perlu menyewa konsultan atau jasa pembuatan annual report? Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba.

1. Utamakan visual, suasana baru dalam annual report

Perlu adanya suasana baru yang menyegarkan mata nan tidak membosankan pada annual report. Annual report yang tadinya tak berwarna, minim kata, banyak angka, bagaimana kalau diubah strukturnya?

Telah terbukti bahwa tampilan visual lebih komunikatif, nyaman dilihat dan lebih menarik perhatian. Terapkan berbagai konten menarik yang tentunya masih dalam skala anual report untuk menyusun laporan ini.

Beri beberapa objek dalam penyampaian angka-angka, perpaduan warna dalam sebuah tabel juga oke.

Jika Anda bingung cara memadukan warna agar menarik untuk dilihat, Anda bisa mencari kumpulan palet warna yang berpadu-padan di internet.

2. Manfaatkan ruang atau celah kosong

Anda perlu memperhatikan komposisi dari annual report itu sendiri. Setelah memberikan berbagai objek untuk data dan angka yang ada, saatnya mengisi celah kosong yang terletak diantara objek-objek tersebut.

Isi celah kosong tersebut dengan cataan-catatan kecil yang memberikan informasi lebih lanjut terkait data yang disematkan di objek tadi.

Dengan hal ini, komposisi pada annual report tampak tertata dan Anda tak memerlukan berlembar-lembar kertas untuk membuat annual report.

3. Tetap mengutamakan tujuan awal

Setelah memberikan objek-objek menarik dan informasi singkat terkait objek tersebut di celah yang kosong.

Kemudian Anda perlu mengingat kembali tujuan utama dari annual report itu sendiri. Dalam pembuka annual repprt, Anda bisa menyertakan narasi terkait perusahaan atau organisasi Anda.

Masukan elemen-elemen yang menguatkan informasi dari narasi tersebut. Bisa dengan cara merangkum data ada, atau informasi singka mengenai perusahaan atau organisasi Anda.

4. Tips tambahan; sertakan capaian perusahaan

Telah kita ketahui bahwa annual report ini nantinya menjadi barang yang penting untuk ditunjukkan kepada calon investor.

Menyertakan pencapaian perusahaan pada annual report menjadi kesempatan terbaik untuk menggaet minat investor.

Selain pencapaian, lebih bagus lagi kalau Anda juga menyertakan dampak yang terjadi dalam pencapaian tersebut.

Dampak yang Anda sertakan merupakan hasil dari sebuah penacapain perusahaan yang menguntungkan berbagai pihak di masa depan.

Itulah tata cara membuat annual report design versi Hanindo yang bisa Anda coba. Cara-cara diatas bertujuan agar annual report yang dibuat lebih komunikatif, informatif, serta menguntungkan bagi perusahaan dalam rangka menarik minat calon investor.