December 20, 2021

Webinar - Cari Tahu Pengertian dan Manfaatnya

Sering mendengar adanya acara webinar dari berbagai media? Ketahui dulu pengertian dan manfaat kegiatan tersebut di bawah ini.
Event Organizer

Teknologi yang semakin berkembang memberi kemudahan dalam menyelesaikan berbagai masalah. Terlebih di bidang pemasaran maupun penyebaran informasi yang kini menjadi minim masalah sejak kemajuan internet dikenal luas masyarakat. Informasi terkini yang ingin dibagikan bisa memanfaatkan ajang webinar yang kini tengah banyak diperbincangkan. Namun, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan kegiatan online webinar tersebut? Kemudian yang tidak kalah penting adalah, apakah Anda juga sudah tahu apa saja manfaat yang bisa didapatkan ketika mengikutinya? Jika masih awam mengenai event online satu ini, Anda bisa menyimak ulasan berikut.

Apa yang Dimaksud dengan Webinar?

Istilah tersebut berasal dari dua kata yakni website (online) dan juga seminar, sehingga bisa didefinisikan sebagai suatu seminar maupun presentasi dan workshop secara online. Sehingga kegiatan ini berisi kegiatan seminar yang memiliki narasumber sampai moderator dan peserta namun tidak dilakukan dengan tatap muka langsung. Akan tetapi dilakukan jarak jauh dengan memanfaatkan berbagai platform yang melayani kegiatan tersebut. Kegiatan ini semakin populer sejak pandemi merebak, karena mulai dari kegiatan belajar mengajar di kelas sampai seminar di bidang apapun dilakukan secara online. Tentunya memakai platform yang menyediakan fitur seminar online tadi.

Webinar - Cari Tahu Pengertian dan Manfaatnya

Berbagai Manfaat yang Diberikan

Mengikuti kegiatan seminar online bukan tanpa manfaat, berikut adalah berbagai manfaat yang diberikan oleh kegiatan seminar online tersebut:

1. Solusi hemat biaya saat mengikuti seminar

Mendaftar di salam satu acara seminar online semacam ini memberi solusi untuk tetap berhemat. Sebab, Anda cukup membayar biaya registrasi tanpa harus keluar biaya untuk transportasi ke lokasi maupun menyewa hotel menjelang acara seminar. Sehingga berbagai biaya yang lumrah dikeluarkan di seminar konvensional menjadi tereliminasi.

2. Bisa terkoneksi dengan banyak orang

Acara seminar atau workshop online semacam ini juga bisa membantu memperluas jaringan pertemanan dan relasi. Sebab biasanya acara akan diikuti ratusan sampai ribuan orang dari berbagai kota dan wilayah. Sehingga Anda terkoneksi dengan banyak orang dengan latar belakang yang beragam. Tentunya kegiatan ini memberikan pengalaman berharga.

3. Membantu memiliki waktu berkualitas

Mengikuti atau bahkan mengadakan seminar online membantu menciptakan waktu berkualitas ketika di rumah saja. Bandingkan jika tidak memiliki jadwal mengikuti seminar tersebut. Besar kemungkinan waktu luang yang dimiliki dipakai tiduran saja sehingga tidak produktif.

4. Bertemu dengan banyak narasumber ahli

Umumnya seminar online akan menghadirkan satu atau beberapa narasumber, tergantung dari topik yang dibahas. Artinya ketika mengikuti kegiatan ini maka bisa bertemu dengan banyak narasumber ahli di berbagai bidang. Sehingga berkenalan dengan banyak orang hebat.

5. Solusi menambah ilmu dan wawasan

Ada banyak acara seminar online diselenggarakan oleh banyak pihak, mulai dari perusahaan komersial sampai organisasi nirlaba. Setiap seminar akan mengangkat topik berbeda. Bayangkan jika Anda mengikuti semua atau sebagian besar dari seminar online tersebut. Tentunya ilmu dan wawasan yang dimiliki semakin luas meskipun hanya di dalam rumah.

6. Mendapatkan e-Sertifikat

Bergabung dalam sebuah acara webinar tidak hanya bisa menambah ilmu dan wawasan saja. Namun juga diberikan penghargaan berupa e-sertifikat atau sertifikat elektronik. Apabila seminar online yang diikuti menyediakan fasilitas e-sertifikat maka pastikan mengisi data sesuai di KTP.

Mengikuti seminar online memberi banyak manfaat, meskipun harus keluar modal berupa kuota namun sebanding dengan ilmu baru yang didapatkan. Supaya puas dan mendapatkan ilmu bermanfaat pilih seminar online yang disediakan oleh perusahaan maupun organisasi kredibel. Selain itu, perlu didukung pula oleh jasa event organizer untuk webinar yang profesional seperti Hanindo. Jadi, tidak hanya kaya wawasan baru, kegiatan seminar online tersebut juga memberi kenyamanan untuk diikuti. Semoga bermanfaat, ya!