December 20, 2021

Apa Syarat Menjadi Percetakan Jakarta yang Terbaik?

Tertarik memulai bisnis percetakan Jakarta dan ingin sukses di bidang usaha ini, maka pahamai seluruh syarat membangun bisnis percetakan di Jakarta berikut ini.

Apa Syarat Menjadi Percetakan Jakarta yang Terbaik?

Ada banyak konsep bisnis yang ketika dikembangkan dengan baik akan menghasilkan keuntungan yang sangat besar, termasuk bisnis percetakan Jakarta.

Meskipun era digital sedang hangat-hangatnya, bisnis percetakan di Jakarta dipercaya masih tetap bisa bertahan karena kebutuhan brosur, kartu nama, banner, kalender, brosur dan lainnya masih cukup tinggi, terlebih saat-saat pemilu, bisnis percetakan akan menerima banyak order untuk pembuatan banner, spanduk atau brosur.

Untuk membuka bisnis percetakan tidak memerlukan banyak pegawai, umumnya suatu perusahaan percetakan mempekerjakan tidak lebih dari sepuluh pegawai karena peralatan mesin cetak digital sudah cukup mampu menutupi proses produksi harian.

Jasa Creative Media Hanindo berawal dari Jasa Percetakan yang dimulai pada tahun 2002 dan Hanindo mulai merambah ranah digital media juga pada tahun 2010. Jasa Creative Media yang Hanindo berikan memiliki nilai kreatifitas yang tinggi dan unik dibandingkan dengan kompetitor yang juga menyediakan jasa serupa kepada perusahaan publik.

Syarat Untuk Menjadi Pengusaha Bisnis Percetakan Jakarta Terbaik

Namun apa saja sih syarat untuk membangun usaha percetakan agar bisa berjalan? Berikut beberapa hal yang harus dipenuhi.

1. Mengetahui Proses Produksi

Bisnis produksi percetakan mungkin terdengar menggiurkan karena keuntungannya yang berlipat ganda, tapi pengusaha tidak bisa asal membangun bisnis bila tidak memahami proses produksinya sama sekali.

Anda yang tidak memiliki basic pengetahuan mengenai percetakan dan hanya mengerti bisnis, disarankan untuk menggandeng beberapa orang yang memiliki keterampilan di bidang ini supaya pada prakteknya tidak mengalami kesulitan.

2. Menemukan Celah Di Industri Percetakan

Disaat Anda tidak memiliki klien yang membutuhkan jasa percetakan, jangan patah semangat dan cari celah lain yang bisa membuka jalan bagi usaha Anda.

Setelah memperoleh banyak klien, usahakan agar tetap konsisten dalam melayani klien, jangan sampai kualitas pelayanan mengalami penurunan karena klien umumnya sangat sensitive, ada perbedaan service sedikit saja, loyalitas bisa memudar.

Kepuasan Pelanggan

Daripada berusaha menawarkan banyak jasa, dianjurkan untuk meningkatkan jasa yang sudah ada secara optimal, meskipun inovasi tetap saja dibutuhkan namun dalam bisnis percetakan, kepercayaan pelanggan adalah hal utama.

3. Mengenali Kompetitor

Meskipun mereka adalah kompetitor namun jangan menganggap mereka sebagai pesaing Anda. Karena Anda baru memulai usaha ini, maka belajarlah dari mereka, terutama yang sudah memiliki banyak pengalaman dan sukses sebagai pengusaha bisnis percetakan Jakarta.

Ambil informasi yang menguntungkan untuk mengembangkan bisnis, termasuk jenis mesin cetak yang dipakai, bagaimana cara mereka melayani dan fasilitas apa saja yang ditawarkan.

4. Menggunakan Alat Terbaik

Ketika memiliki cukup banyak modal, tidak ada salahnya untuk membeli seperangkat alat cetak yang berkualitas terbaik karena mesin cetak digital terbaik akan menghasilkan cetakan terbaik, tulisannya jelas dan berwarna hitam pekat.

Kualitas mesin terbaik

Anda pasti pernah melakukan survey pasar, bukan?

Tujuannya untuk membandingkan harga antara tiap-tiap percetakan Jakarta. Usahakan supaya hasil cetakan brosur, kartu nama bahkan banner yang percetakan Anda kerjakan berkualitas terbaik sehingga pelanggan tidak memiliki pilihan lain.

5. Tidak Menolak Orderan

Bersikap selektif memang penting, namun jangan sampai Anda menolak orderan, terutama dari pelanggan lama karena merekalah yang membantu usaha Anda tumbuh dan berkembang hingga sekarang, dalam bisnis percetakan loyalitas dan kepercayaan sama pentingnya.

Jika percetakan Anda tidak sedang sibuk, usahakan untuk tidak menolak orderan yang datang, karena makin banyak klien yang menggunakan jasa percetakan Anda maka usaha percetakan Anda akan makin luas.

Tapi jika banyak orderan yang harus diselesaikan dan tidak bisa menerima pesanan lagi, maka komunikasikan dengan ramah dan baik agar tidak menyinggung orang lain.

Itulah syarat-syarat yang harus dimiliki oleh pengusaha yang ingin membangun dan menjalankan bisnis percetakan Jakarta hingga sukses dan dikenal luas. Pastikan tidak hanya memiliki skill bisnis saja, namun juga memiliki teknik marketing dan skill yang mumpuni.