November 25, 2021

Alternatif Zoom yang gratis untuk virtual event atau webinar kamu

Beberapa aplikasi yang dapat Anda manfaatkan untuk webinar berikut ini.
Event Organizer

Mengadakan event di masa pandemi, harus mengedepankan keselamatan. Karenanya, saat ini banyak yang beralih ke virtual event guna melangsungkan acara. Biasanya acara-acara tersebut digelar melalui aplikasi video conference Zoom meeting.  Kapasitas Zoom meeting versi berbayar, kapasitasnya bisa mencapai 1000 peserta. Sementara jika menggunakan layanan Zoom meeting gratis, kapasitasnya mencapai 100 peserta, namun durasinya sangat terbatas, hanya 40 menit.  Keterbatasan durasi ini membuat sebagian orang mencari alternatif Zoom yang gratis untuk virtual event. Tujuannya agar mereka mampu menyampaikan materi ataupun menggelar acara dengan durasi yang lebih dari satu jam.

6 Aplikasi gratis untuk virtual event selain Zoom

1. Skype

Aplikasi mirip Zoom meeting ini memang sangat populer dan telah banyak digunakan oleh banyak orang. Fitur yang tersedia juga mirip dengan Zoom, misalnya berbagi layar presentasi, mengubah background, hingga menyimpan hasil record webinar. Aplikasi ini mampu menyimpan hasil record selama 30 hari loh. Jadi untuk Anda yang mungkin butuh file hasil acara, bisa mengaksesnya dengan mudah. Aplikasi ini juga bisa menampung hingga 250 peserta. 

2. Google Meet

Google meet menjadi pilihan untuk Anda yang memerlukan aplikasi video conference gratis selain Zoom. Aplikasi ini bisa Anda akses hanya melalui gmail saja.  Anda bisa melakukan webinar dengan Google meet melalui website ataupun melalui aplikasi dengan cara menginstalnya. Anda akan menemukan fitur yang dapat membagikan layar presentasi kepada peserta. Tak hanya itu, Anda juga dapat menyimpan hasil webinar ke Google Drive. Jadi akan lebih simpel ketika Anda mengakses file webinar tersebut. 

3. Google Hangout

Google hangout menjadi aplikasi video conference gratis yang bisa Anda gunakan. Aplikasi besutan Google ini memberikan kemudahan penggunaan. Bahkan, aplikasi tersebut bisa dijalankan oleh orang yang baru pertama kali mengadakan webinar.  Untuk fitur yang tersedia pada Google hangout diantaranya dapat membagikan layar presentasi. Sehingga bisa lebih memudahkan dalam pembahasan acara. Aplikasi ini dapat menampung hingga 25 peserta webinar dengan 150 obrolan.

Alternatif Zoom yang gratis untuk virtual event atau webinar kamu

4. ezTalks Webinar

Aplikasi ini bisa menjadi pilihan Anda untuk melangsungkan webinar nih. EzTalks webinar memiliki fitur seperti video / tampilan yang HD, audio yang lumayan jernih, berbagi layar presentasi, hingga melakukan survei di akhir acara.  EzTalks webinar juga sangat mudah digunakan. Aplikasi ini bisa digunakan oleh perorangan maupun perusahaan. Kapasitas peserta yang bisa join mencapai 100 peserta. Bahkan untuk versi berbayar bisa menampung hingga 10000 peserta.

5. Cisco webex

Aplikasi webinar gratis ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 90an. Hanya Cisco mengakuisisinya pada tahun 2007. Di Indonesia mungkin masih kurang populer, padahal pengusaha dan pebisnis kadang memakai aplikasi ini.  Fitur yang ada pada Cisco webex diantaranya dapat menampung hingga 100 peserta dengan durasi yang tak terbatas. Selain itu, Anda juga dapat melakukan hide video tetapi masih dapat berkomunikasi melalui suara. 

6. Join.me

Join.me bisa Anda gunakan sebagai pengganti Zoom. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur menarik. Misalnya saja mengubah url / link video conference, kemudian mengganti background, lalu Anda juga bisa mencoret-coret layar untuk kebutuhan webinar atau presentasi.  Untuk jumlah peserta yang dapat ditampung, bisa mencapai 250 partisipan loh. Selain itu, Anda juga bisa membagikan layar yang membuatnya semakin mudah ketika digunakan.

6 Aplikasi gratis untuk virtual event selain Zoom yang telah kami paparkan di atas, dapat Anda gunakan secara gratis. Meski begitu, jika ingin mengakses fitur yang lebih, Anda harus mengeluarkan sejumlah uang.  Apabila Anda kewalahan dengan acara virtual event Indonesia yang akan diselenggarakan, Hanindo bisa membantu nih. Hanindo dapat menyelenggarakan acara virtual event milikmu dengan baik. Tentunya, semua persiapan akan ditangani oleh tim yang profesional. Kalau acara outdoor bagaimana? Hanindo juga bisa mengadakan acara outdoor. Anda hanya perlu berkonsultasi dengan hanindo terkait acara apa yang hendak digelar. Jadi, nantinya apa yang Anda inginkan bisa terealisasikan dengan baik.