April 30, 2021

5 Hal yang Harus Disiapkan untuk Webinar Pertama

Bagaimana cara melakukan webinar untuk pertama kalinya? Persiapannya apa saja? Ketahui jawaban lengkapnya dengan klik halaman ini dan b
Event Organizer

Kesempatan pertama memang selalu membuat was-was, karena takut tidak berjalan sesuai keinginan. Hal ini juga berlaku ketika Anda akan menyelenggarakan webinar pertama, pastinya ada rasa takut karena kesempatan pertama. Ketakutan tersebut datang karena merasa kurangpengalaman dan pengetahuan tentang acara yang bersifat online ini. Memang sepertinya jika hanya dilihat akan mudah, namun ketika dipraktekkan pastinya tidakakan semudah apa yang dilihat. Nah, takut bukan berarti Anda harus mengurungkan niat, ya, karena dengan persiapan yang matang seminar online pasti dapat berjalan sesuai dengan keinginan. Lantas, apa yang perlu dipersiapkan untuk menjalankan seminar online untuk yang pertamakalinya?

Daftar Persiapan Webinar Pertama

Kesuksesan acara pertama biasanya akan menjadi jalan mudah untuk membuat sukses acara selanjutnya. Maka dari itu, untuk menyelenggarakan seminar online pertama Anda, pastikanuntuk menyiapkannya dengan matang. Berikut daftar yang perlu Anda persiapkan:

1. Menentukan Topik dan Merancang Materi

Penting dan pertama, sehingga Anda tidak boleh melewatkan persiapan ini, yaknimenentukan topik dan materi. Kenapa hal ini menjadi yang pertama untuk dipersiapkan? Pasalnya, penentuan topik adalah langkah awal yang akan berpengaruh pada persiapan lainnya. Kemudian setelahnya, Anda bisa merancang materi dari topic yang sudah dibuat, sehingga isinya akan lebih fokus nantinya. Untuk menentukan topik, bagaimana caranya? Jika Anda ingin membuat topik yang bagus dan dapat menarik minat audiens, maka Anda bisa ambil dari berbagai pertanyaan yang sering diajukan oleh audiens.

2. Memilih Aneka Perangkat Penunjang

Karena webinar merupakan seminar yang cukup berbeda jauh dari seminar tatap muka, maka persiapannya tidak sama. Jika seminar konvensional memerlukan tempatpenyelenggaraan, untuk seminar online membutuhkan perangkat penunjang karena dilakukan secara virtual. Persiapan yang perlu Anda lakukan setelah menentukan topik dan materi adalah memilih aneka perangkat penunjang. Apa saja yang perlu dipersiapkan dalam kategori perangkat penunjang ini? Berikut daftarnya:

• Koneksi internet

• Komputer yang mendukung berbagai perangkat

• Platform seminar online

Tentu saja koneksi internet yang perlu Anda pilih adalah yang memiliki kecepatan mumpuni, agar seluruh penyampaiannya Anda dapat diterima dengan baik alias tidak kepotong-potong. Komputer juga demikian, tentunya Anda perlu menyiapkan perangkat yang mumpuni. Terakhir platform, gunakan yang memiliki kapasitas audiens sesuai dengan seminar yang disiapkan.

5 Hal yang Harus Disiapkan untuk Webinar Pertama

3. Tentukan Waktu

Selanjutnya yang perlu disiapkan untuk melakukan seminar online pertama adalah menentukan waktu. Untuk waktu, pastikan pemilihan dilakukan dengan tepat, agar audiens yang hadir dalam seminar sesuai dengan harapan. Nah, waktu yang tepat adalah ketika audiens senggang atau tidak memiliki kegiatan yang penting, misalnya weekend.

4. Lakukan Promosi Tertarget

Sedangkan promosi, lakukan promosi disemua platform yang dimiliki, misalnya sosialmedia, sehingga bisa menjangkau banyak audiens di seluruh wilayah. Semakin banyak Anda melakukan promosi, maka semakin besar peluang untuk mendapatkan audiens dalam jumlah banyak pula. Pastikan pula Anda melakukan promosi sesuai dengan target audiens, sehingga promosi yang dilakukan tidak salah arah nantinya.

5. Rencana Cadangan

Situasi dan kondisi seringkai tidak sesuai dengan rencana dan harapan, sehingga adanya plan B alias rencana cadangan juga perlu disiapkan ketika hendak menyelanggarakan webinar. Rancanglah rencana cadangan yang sekiranya akan membantu Anda ketika ada hal-hal yang tidak terduga, misalnya perangkat rusak, baterai habis, dan lain-lain.

Dengan menyiapkan kelima hal yang telah disebutkan di atas, dijamin webinar pertama Anda akan berjalan lebih mudah dan berkesempatan untuk sukses. Namun, jika Anda masih saja enggan dan takut untuk mempersiapkan acara pertama ini sendiri, maka tidak ada salahnya jika bekerja sama dengan event organizer berpengalaman seperti Haninso.