June 1, 2019

3 Hal Penting Guna Suksesnya Penyelenggaraan RUPS

Yuk kita cari tahu 3 faktor suksesnya RUPS?
Event Organizer
3 Hal Penting Guna Suksesnya Penyelenggaraan RUPS

Seperti yang kita ketahui bahwa RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) merupakan salah satu acara penting dalam sebuah perusahaan, karena dalam acara ini biasanya terdapat beberapa perubahan terkait masa depan atau pengurusan sebuah perusahaan.

Jika kita berbicara mengenai RUPS, maka ada dua jenis yaitu RUPS Tahunan dan RUPS Luar Biasa. RUPS Tahunan adalah rapat rutin yang selalu diadakan perusahaan untuk melaporkan kinerja yang selama ini mereka lakukan. Sedangkan RUPS Luar Biasa adalah rapat yang dilakukan kapanpun sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Tujuan dari dilakukannya RUPS sendiri bermacam-macam seperti laporan kegiatan, laporan pelaksanaan, laporan keuangan, penyampaian gaji dan tunjangan komisaris dan dewan direksi, sampai dengan masalah-masalah yang dimiliki perusahaan tersebut.

Selain itu, secara teknis, tata cara pelaksanaan RUPS juga sudah ditentukan sedemikian rupa dan juga banyak pihak yang sudah membahasnya. Anda bisa menggunakan hal tersebut untuk membantu Anda dalam melakukan RUPS agar berjalan dengan lancar.

Namun, selain itu ada beberapa hal yang sangat menentukan kesuksesan RUPS yang akan Anda jalankan.

3 Hal Penting Guna Suksesnya Penyelenggaraan RUPS

3 Faktor Penentu Kesuksesan RUPS Perusahaan

Dalam kesempatan kali ini, Hanindo Comunication ingin mengajak Anda untuk mengetahui 3 hal penting yang menjadi faktor kesuksesan penyelenggaraan RUPS. Dengan adanya tips ini kami harap dapat membantu Anda menyiapkan acara sehingga bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

1. Penuhi Aturannya

Ada sebuah aturan yang diterbitkan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang mengatur tentang tata cara pelaksanaan RUPS yang dapat Anda lihat pada peraturan NO. 32/Pojk.04/2014. Dalam aturan tersebut OJK memberikan 4 point aturan kurang lebih seperti ini:

• Perubahan pada istilah pemberitahuan menjadi pengumuman RUPS.

• Pengumuman RUPS juga dimuat dalam website perusahaan dengan menggunakan dua versi bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris (minimal dalam bahasa Inggris).

• Jangka waktu panggilan RUPS diperpanjang jadi 21 hari.

• Perusahaan wajib membuat ringkasan RUPS yang nantinya harus diterbitkan pada berbagai media. paling tidak harus ada 1 koran, di website resmi BEI, dan juga website perusahaan.

Penuhi aturan teknis terkait penyelenggaraan RUPS, dengan begitu kedepan kita akan lebih mudah dalam mempersiapkan keperluan lainnya.

2. Susunan Acara yang Jelas

Seperti yang kita ketahui bahwa ada dua jenis RUPS, yaitu RUPS Tahunan dan RUPS Luar Biasa. Apapun RUPS yang hendak Anda jalankan, tentu saja acara tersebut memiliki tujuan yang spesifik. Gunakan tujuan dari dilakukannya RUPS tersebut untuk menyusun susunan acara RUPS nanti.

Ini penting agar apa yang akan dilakukan nanti memiliki jadwal yang jelas, meskipun ada beberapa hal diluar dugaan, paling tidak kita sudah memiliki garis besar apa saja yang harus disampaiakn dan apa yang tidak.

3. Fasilitas

Dan yang ketiga adalah fasilitas yang diperlukan dalam acara tersebut. RUPS merupakan salah satu acara penting perusahaan yang nantinya akan banyak pihak yang mengukuti. Selain pihak yang berkempentingan seperti pemegang saham, biasanya juga ada wartawan dari berbagai media untuk melakukan peliputan. Pastikan semua fasilitas yang dibutuhkan terpenuhi dimulai dari space sampai dengan fasilitas lainnya.

RUPS terbuka merupakan salah satu ajang bagi perusahaan untuk memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat umum melalui media yang melakukan peliputan. Tidak hanya itu, dalam acara ini juga dihadiri pihak-pihak penting yang menjadi pemilik perusahaan tersebut yaitu pemegang saham.

3 Hal Penting Guna Suksesnya Penyelenggaraan RUPS

Sudah menjadi kewajiban Hanindo Communication sebagai event organizer untuk memastikan RUPS bisa berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan.