August 30, 2020

10 Komponen Penting Dalam Membuat Company Profile Digital 2020

Dalam membuat desain company profile harus informatif, rapi, menarik dan terstrukuktur.
Creative Media

Seiring dengan perkembangan zaman, integritas customer pun juga mengalami perubahan secara signifikan. Berbagai informasi bisa diakses dengan mudah dan tentunya dimanfaatkan masyarakat dengan baik, terutama ketika mereka ingin menggunakan layanan jasa atau membeli produk tertentu. Company profile menjadi suatu rujukan dari sumber data yang dicari. Profil perusahaan merupakan salah satu alat yang sangat berperan penting di dalam pemasaran suatu jasa atau produk dan juga untuk perusahaan kepada masyarakat secara luas. Didalamnya berisi  informasi mengenai perusahaan secara lengkap. Kali ini Hanindo akan membagikan informasi seputar komponen penting dalam membuat company profile dimana Anda bisa bekerjasama dengan Hanindo.

10 Komponen Penting Dalam Membuat  Desain Company Profile

Desain profil perusahaan sebaiknya dibuat dengan semenarik mungkin, karena tujuannya untuk memperkenalkan perusahaan kepada publik. Tak hanya itu, profil perusahaan juga berfungsi sebagai media marketing yang cukup efektif untuk menarik minat konsumen maupun dalam memberikan informasi lengkap kepada calon investor. Berikut ini beberapa komponen penting dalam membuat desain profil perusahaan yang harus diterapkan:

1. Desain cover

Desain cover dalam membuat profile perusahaan sangat penting dan harus dibuat semenarik mungkin. Untuk seleranya memang sangat subjektif, akan tetapi ada dua hal penting yang harus dipertimbangkan dalam membuat desain cover, diantaranya adalah:

a. Gambar dan page layout

Gambar dan page layout yang menarik akan memberikan gambaran secara jelas mengenai perusahaan.

b. Logo dan tagline

Pembuatan dan penempatan logo harus tepat, karena logo menjadi identitas suatu perusahaan. Sehingga untuk penempatannya di bagian layout harus diperhatikan agar menambah kesan profesional. Sebaiknya dalam membuat logo ukurannya tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.  

2. Daftar isi

Profil perusahaan harus didesain secara rapi dan terstruktur, karena daftar isi menjadi bagian elemen yang paling krusial. Didalam daftar isi maka harus ada pembagian bab, mulai dari urutan bab, jumlahnya halaman serta pembagian halaman tertentu.

3. Kata pembuka

Dalam sebuah profil perusahaan biasanya terdapat kalimat pembuka yang tampil pada halaman pertama. Isinya memang relatif dan biasanya berisi mengenai sambutan dari pemilik atau direktur perusahaan.

4. Informasi lengkap mengenai jajaran direksi

Jajaran direksi yaitu sekumpulan personil yang memiliki peran penting untuk jalannya suatu perusahaan. Biasanya calon investor atau customer ingin mengetahui profil direksi secara lengkap. Karena jajaran direksi yang sudah berpengalaman akan menarik minat customer atau investor untuk menjalin sebuah kerjasama dalam sebuah usaha.

5. Visi dan misi perusahaan

Visi dan misi perusahaan yaitu dua bagian penting yang wajib ada dalam sebuah perusahaan. Keduanya dijadikan sebagai tolok ukur perusahaan yang harus diketahui oleh konsumen atau calon investor. Dalam menentukan visi dan misi maka harus disesuaikan berdasarkan nilai dan ciri khas perusahaan.

10 Komponen Penting Dalam Membuat Company Profile Digital 2020

6. Sejarah singkat perusahaan

Adanya narasi mengenai sejarah singkat perusahaan dalam membuat desain company profile akan menjadikan perusahaan lebih profesional dan berkualitas. Dalam membuat narasi harus dikemas secara unik dan terdapat tujuan dari perusahaan tersebut.

7. Jasa dan Produk perusahaan

Dalam membuat desain profil perusahaan, maka jasa atau produk yang ditawarkan perusahaan harus dijelaskan secara jelas. Profil perusahaan bisa dikemas secara unik dan sebaiknya ditampilkan foto dari jasa atau produk untuk memberikan keterangan lebih jelas.

8. Sumber daya manusia

Apapun jenis bisnis yang Anda jalankan, baik menawarkan produk maupun layanan jasa. Maka faktor sumber daya manusia memiliki perananan penting bagi setiap perusahaan. Nilai-nilai unggul dan juga kompetensi sumber daya manusia wajib diangkat agar bisa meningkatkan kredibilitas perusahaan.

9. Portofolio dan pencapaian

Setiap perusahaan dapat menampilkan semua hasil karya yang telah dicapai. Tujuannya untuk meningkatkan kepercayaan investor dan pelanggan. Anda bisa menampilan beberapa foto yang menarik serta penjelasan singkat. Hasil pencapaian tersebut bisa mulai dari tingkat lokal, nasional dan juga internasional.

10. Kontak informasi

Kontak informasi menjadi bagian paling penting dalam membuat desain profil perusahaan. Setelah calon konsumen atau investor tertarik dengan perusahaan Anda, maka mereka membutuhkan informasi bagaimana cara menghubungi perusahaan Anda. Informasi yang dibutuhkan mulai dari alamat lengkap perusahaan, nomor telepon, alamat email perusahaan maupun alamat website.

Itulah 10 komponen penting yang wajib dicantumkan ketika membuat desain company profile perusahaan. Dengan profil perusahaan yang menarik dan informatif, maka customer atau calon investor yang mau bekerjasama dengan perusahaan Anda menjadi lebih tertarik.