April 22, 2022

Strategi Periklanan Jitu untuk Pemasaran Bisnis Anda

Promosi dan periklanan merupakan suatu strategi dalam bisnis yang bertujuan untuk meningkatkan minat beli konsumen. Jika ingin mendapatkan banyak keuntungan, Anda wajib untuk menerapkan strategi periklanan.
Apa perbedaan periklanan dengan promosi? Jadi, periklanan adalah upaya untuk memperkenalkan tentang produk/jasa yang lebih mengacu pada media berbayar. Sedangkan untuk promosi, bisa dilakukan di media pemasaran gratis maupun berbayar secara offline maupun online.
Nah, periklanan jaman dulu berbeda dengan periklanan zaman sekarang. Di era digital saat ini, banyak pebisnis yang cenderung lebih memilih untuk mengiklankan produk/jasanya melalui media online. Sekarang Anda harus mulai memikirkan strategi yang efektif untuk memasarkan produk agar diminati banyak pembeli.

8 Strategi Pemasaran Jitu yang Dapat Mensukseskan Bisnis Anda

Berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat Anda terapkan untuk menciptakan strategi pemasaran yang efektif.

1. Cari Sesuatu yang Baru di Pasar

Sebelum menentukan strategi periklanan, Anda harus mengevaluasi terlebih dahulu apa yang ada di dalam maupun di luar pasar. Hal tersebut nanti akan membantu Anda dalam memahami lingkungan bisnis yang lebih luas lagi.
Sehingga Anda dapat dengan mudah untuk menentukan segala kebutuhan calon konsumen secara spesifik.

2. Lakukan Analisa Terhadap Segmen Konsumen

Pada tahap ini, Anda bisa memanfaatkan evaluasi sebelumnya untuk mengidentifikasi profil dan kebutuhan calon konsumen. Mulai dari kebiasaan mereka, model belanja yang diminati, tempat favorit untuk berbelanja, hingga produk yang disukai oleh mereka.
Baru setelah itu Anda bisa mulai menyusun secara teratur strategi sesuai dengan kebutuhan calon konsumen dan juga pasar.

3. Menyasar Target Pasar

Anda juga harus memilih satu atau beberapa segmen pasar yang akan Anda masuki. Hal ini bertujuan untuk memperjelas dan memfokuskan target pasar.

4. Melakukan Riset Terhadap Kompetitor

Dalam berbisnis, tentu Anda akan dipertemukan dengan berbagai kompetitor. Di sini Anda bisa lakukan riset untuk mengidentifikasi tentang kelebihan dan kekurangan mereka.
Agar bisa menjadi bahan evaluasi terhadap kualitas eksekusi strategi yang jauh lebih baik dari kompetitor.

5. Tentukan Anggaran

Kemudian Anda juga harus menentukan kebutuhan anggaran yang harus dikeluarkan untuk beriklan secara tepat dan akurat. Usahakan untuk selalu melakukan pembukuan secara terstruktur dalam menjalankan bisnis.

6. Manfaatkan Website untuk Pasarkan Produk

Di era digital saat ini, website menjadi pilihan paling tepat untuk mempromosikan produk/jasa suatu perusahaan. Melalui website, Anda bisa secara optimal untuk menyajikan berbagai informasi yang jelas kepada calon konsumen terkait dengan produk/jasa.

7. Melakukan Branding

Strategi periklanan selanjutnya adalah dengan melakukan branding. Jadi, branding adalah suatu upaya untuk menciptakan citra yang baik terhadap suatu produk agar dapat menarik perhatian calon konsumen.
Dalam melakukan branding, Anda perlu membuat logo, video/gambar promosi, dan juga produk unggulan. Dengan cara seperti itu, produk/jasa yang Anda pasarkan akan lebih mudah diingat oleh banyak orang.

8. Melakukan Promosi Berbayar

Pada tahap selanjutnya, Anda perlu untuk melakukan promosi produk melalui media periklanan berbayar. Mengapa harus berbayar? Karena dengan promosi berbayar akan lebih mudah mencakup banyak audience.
Selain itu, juga dapat dengan mudah meningkatkan kesadaran orang lain terhadap keberadaan produk/jasa yang Anda tawarkan. Manfaatkan beberapa platform yang sudah besar dan memiliki banyak target audience, seperti Google Adwords, Facebook Ads, dan Twitter Ads.
Strategi periklanan ini mampu meningkatkan konversi atau penjualan signifikan terhadap produk yang dijual.
Itulah beberapa strategi periklanan yang dapat membantu Anda dalam memasarkan produk/jasa bisnis Anda. Namun, jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan itu, gunakan saja jasa periklanan dari Hanindo Communication.
Semua kegiatan pemasaran dan periklanan akan ditangani oleh tim yang sudah berpengalaman. Jadi, Anda tidak perlu susah payah lagi untuk melakukan riset dan menyusun strategi pemasaran.