August 25, 2022

Webinar, Inovasi Telekomunikasi Bebas Ruang

Metode webinar hadir sebagai inovasi yang di bidang telekomunikasi yang tengah berkembang belakangan ini. Penyelenggaraan web seminar alias webinar mampu menghubungkan berbagai peserta dari banyak tempat tanpa terbatas ruang dan jarak.
Inovasi ini terbukti membantu berbagai pihak terutama dalam masa pandemi covid-19 yang mulai merebak sejak awal tahun 2020. Organisasi atau perusahaan akhirnya memutuskan untuk mengubah konsep acara seminar mereka dari offline menjadi online atau lebih dikenal dengan webinar.
Lalu, apakah keuntungan webinar itu sendiri dalam bidang telekomunikasi? Apa saja contoh aplikasinya? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Pengertian dan Contoh Aplikasi Webinar

Webinar adalah inovasi di bidang telekomunikasi yang membantu para pelaku usaha atau organisasi dalam menjangkau target pasarnya dengan internet. Namun apa itu webinar dalam pengertian yang lebih spesifik?
Webinar atau web seminar merupakan aplikasi atau situs website yang menyediakan secara khusus ruang pertemuan online dengan topik atau tajuk tertentu.
Kehadiran teknologi webinar semakin memudahkan masyarakat intelektual untuk mendapatkan informasi lebih luas dan tidak terbatas.
Seseorang di Indonesia bisa mendapatkan informasi mengenai perkembangan transportasi di Amerika Serikat tanpa perlu datang ke sana. Anda hanya perlu mencari webinar khusus yang menjelaskan soal itu. Mudah bukan?
Berbagai contoh aplikasi atau situs web di bawah ini tentunya sudah tidak asing lagi dan menjadi andalan selama pandemi covid-19, berikut daftarnya:

1. Zoom Meeting

Aplikasi Zoom Meeting tentunya sudah tidak asing lagi dan banyak dipakai untuk berbagai keperluan webinar.
Keunggulan dari aplikasi webinar ini menawarkan berbagai fitur-fitur menarik mulai dari video dengan kualitas HD (High Definition) hingga share screen dengan narasumber lainnya.
Di Zoom Meeting, kapasitas peserta yang bisa diundang dapat mencapai 500 bahkan 1.000 orang bergantung kepada paket yang diaktifkan.

2. Google Meet

Salah satu fitur di Google yang bisa dimanfaatkan untuk penyelenggaraan Webinar adalah Google Meet. Fitur yang tersedia di Google Meet tidak jauh berbeda dengan Zoom namun aplikasi bawaan Google ini tidak harus diinstal karena bisa diakses melalui webnya.

3. Skype

Skype telah ada sejak lama dan banyak digunakan oleh pengguna lintas negara untuk melakukan pertemuan online. Keamanan pada aplikasi ini lebih ketat daripada aplikasi webinar lainnya.

4. Livestorm

Selanjutnya adalah aplikasi yang dikembangkan khusus untuk mengadakan acara webinar atau sekolah online yang membutuhkan video conference dengan narasumber di beda tempat.

Alasan Konsep Webinar Lebih Menguntungkan

Berbagai manfaat bisa Anda dapatkan dari penyelenggaraan webinar sebagai inovasi baru dalam bidang telekomunikasi. Peserta dan penyelenggara sama-sama dapat menghemat biaya, waktu, dan tenaga.
Peserta tidak perlu langsung hadir di lokasi seminar karena cukup mengikutinya secara online. Selain menghemat waktu dan tenaga, biaya akomodasinya pun jauh lebih murah.
Sementara bagi penyelenggara, webinar dapat menghemat budget acara yang bisa menghabiskan jutaan rupiah. Karena Anda hanya perlu berlangganan paket premium yang nilainya tidak lebih dari Rp1 juta.
Tidak hanya itu, terdapat alasan lain mengapa konsep webinar lebih menguntungkan:

1. Memperluas Networking

Dengan mengikuti acara webinar, Anda berpeluang untuk memperluas jaringan pertemanan. Tidak hanya berasal dari Indonesia, Anda juga bisa berkenalan dan berkomunikasi dengan masyarakat dari negara lain.
Kemudahan ini adalah inovasi di bidang telekomunikasi yang mampu menghapuskan jarak dan ruang antar-masyarakat dunia.

2. Mendapatkan Informasi yang Lintas Keilmuan

Manfaat webinar lainnya adalah terbuka untuk belajar ilmu lain yang tidak sesuai dengan latar belakang Anda. Anda hanya perlu mencari koneksi penyelenggara yang menggelar webinar dengan topik yang sedang cari.
Bagi pelaku bisnis atau organisasi, webinar adalah cara untuk menghubungkan dengan konsumen dari berbagai wilayah lebih dekat.
Bagi pelaku bisnis yang ingin menyelenggarakan webinar namun tidak memiliki pengalaman di bidang ini, silakan menghubungi Hanindo Communication, event organizer berpengalaman yang telah menyukseskan berbagai webinar selama pandemi covid-19.