February 28, 2023

Simak, Apa itu RUPS dan Alasannya Dilakukan

Rapat umum pemegang saham merupakan istilah bagi investor baru. Namun, istilah ini penting bagi perusahaan yang mengadakan RUPS dengan jenis perusahaan perseroan terbatas (PT) yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia.
Karena itu rapat umum pemegang saham ini merupakan rapat penting yang perlu dihadiri oleh pemegang saham, dewan komisari bahkan direksi. Yuk, cari tahu apa itu RUPS dan alasannya diadakan.

Pengertian RUPS

RUPS sendiri merupakan rapat umum pemegang saham dari suatu perseroan yang dihadiri oleh direksi, pemegang saham hingga komisaris. Kewenangan dalam RUPS maupun pemegang saham ada di atas dewan komisari dan direksi.
Setelah perseroan resmi berbadan hukum, maka RUPS wajib diadakan paling lambat 60 hari sejak statusnya berubah. RUPS saham juga wajib dihadiri seluruh pemegang saham. Selain itu juga ada rapat umum pemegang saham tahunan.

Tujuan RUPS Diadakan

RUPS sendiri memiliki tujuan untuk mengeksekusi dan mengevaluasi kinerja perusahan tersebut. Berikut alasan kenapa RUPS dilaksanakan.

1. Melaporkan Kegiatan

Laporan kegiatan ini masuk pada rapat umum pemegang saham tahunan di mana para pemegang saham dapat melihat bagaimana kondisi perusahaan. Hal ini akan terlihat apakah perusahaan masih sehat atau tidak.
Dengan jangka waktu tersebut, investor perlu mengobservasi dan meneliti kembali apakah perusahaan dapat bertumbuh atau menurun di masa depan. Tidak heran saat laporan kegiatan ini perusahaan perlu menyiapkan laporan sebaik mungkin.

2. Melaporkan Keuangan

Selain laporan kegiatan, RUPS juga memperlihatkan laporan keuangan mereka. Hal ini bisa dibilang merupakan tujuan udara agenda pelaksanaan tahunan. Pada laporan ini pemegang saham dapat menilai apakah perusahaan semakin untung atau merugi.
Di sisi lain, pemegang saham juga dapat membandingkan laporan keuangan tahun ini dengan tahun sebelumnya. Dengan laporan keuangan semua akan terlihat apakah perusahan ada perkembangan atau tidak.
Laporan keuangan ini juga mencantumkan laporan arus kas, neraca akhir tahun bahkan perubahan modal dan kepentingan keuangan lainnya.

3. Nama Dewan Komisaris dan Anggota Direksi

Anggota dewan dan direksi perusahaan akan terlibat saat RUPS. Pembahasan ini menjadi tujuan RUPS karena akan memutuskan siapa yang menjadi anggota dewan direksi dan komisari. Semua nama dewas akan diketahui dan ditulis secara seksama oleh para investor.
Hal ini berguna untuk melihat tanggung jawab mereka atas jalannya kegiatan tersebut. Kemudian gaji dan tunjangan juga menjadi masalah yang harus dibahas. Gaji dan tunjangan yang dibahas yaitu gaji komisari dan anggota dewan direksi.

4. Rincian Masalah

Rincian masalah ini dilakukan secara terbuka dan tidak boleh ditutup-tutupi. Pada kegiatan RUPS, masalah yang ada akan mempengaruhi kegiatan usaha dan perseroan terbatas yang harus dilaporkan.
Masalah yang akan dibahas adalah kondisi pasar, sengketa hingga kompetitor. Masalah ini jelas berdampak langsung pada kondisi keuangan perusahaan dan perlu mengambil keputusan yang tepat.
Untuk itu, diharapkan kebijakan dan evaluasi yang baik mengenai masalah ini saat rapat RUPS. Mengambil keputusan yang bijak akan berdampak baik bagi perusahaan dan para pemegang saham.
Jadi, rincian masalah ini perlu dibicarakan dengan baik. Dengan pembicaraan tersebut masalah akan cepat selesai dan kegiatan usaha bisa berjalan dengan lancar dan sesuai rencana.
Tidak heran RUPS merupakan hal penting yang harus diketahui dengan baik bagi para pemegang saham. Peran RUPS sendiri adalah melindungi hak pemegang saham dengan memantau kebijakan dan kegiatan perusahaan.
Untuk itu, Anda bisa tahu kenapa rapat umum pemegang saham merupakan hal penting bagi pemegang saham saat ini. Agar acara RUPS berjalan lancar, Hanindo dapat membantu membereskan acara tersebut.
_Event organizer _Hanindo telah berpengalaman dalam mengatur acara rapat umum pemegang saham. Untuk itu, Anda dapat memilih** Hanindo sebagai EO tepercaya dalam mengurus acara RUPS**.