January 16, 2022

Rekomendasi Kegiatan Gathering Bersama Kantor Atau Perusahaan

Kegiatan gathering sering dilakukan perusahaan untuk menjaga komunikasi antar karyawan. Walaupun hanya dilakukan beberapa kali dalam setahun namun menjadi kesempatan untuk mengenal lebih jauh antar karyawan.

Dalam mempersiapkan gathering sebaiknya dari jauh hari. Selaraskan jadwal dengan kesediaan waktu karyawan. Selain itu pastikan tempat serta tema acaranya. Selain mengajak para karyawan bisa mengikutsertakan kerabat karyawan itu sendiri.

Adapun kegiatan gathering yang direkomendasikan bisa Anda pilih salah satunya dibawah ini! Sesuaikan dengan kebutuhan dan paling cocok dengan minat karyawan.

*Piknik *
Gathering kantor adalah acara yang dilakukan bersama karyawan. Biasanya dilakukan setiap akhir tahun dan penyelenggaranya adalah perusahaan itu sendiri. Salah satu kegiatan yang paling umum diadakan ialah piknik.

Piknik bisa merujuk ke tempat wisata lokal maupun luar kota. Tempat piknik yang dituju bisa berupa pantai, hutan, pegunungan, sauna, taman hiburan dan lain sebagainya.

Ada yang memperbolehkan mengikutsertakan keluarga intinya atau hanya karyawannya saja. Mengadakan piknik bisa menjadi salah satu penghargaan bagi karyawan atas loyalitasnya terhadap perusahaan.

Selain sebagai media hiburan juga mampu dijadikan sarana refreshing bagi karyawan. Mampu meningkatkan semangat beraktivitas seusai acara serta meningkatkan lingkungan kerja yang kondusif.

*Outbound *
Bila tak ingin melakukan perjalanan ke luar kota dapat diganti dengan kegiatan outbound. Kegiatan ini dilakukan di luar ruangan atau alam terbuka untuk meningkatkan kerja sama antar karyawan.

Outbound biasanya berisi permainan yang mengusung kerja sama tim. Permainan yang digunakan disini tak hanya melibatkan fisik namun juga mental.

Beberapa permainan outbound adalah arum jeram, tubbing hingga lomba bakiak. Manfaat lainnya dari outbound adalah mampu membentuk pola pikir kreatif.

Anda juga dididik untuk berinteraksi serta menuju pendewasaan diri. Selain menyenangkan juga mampu mengenali kecerdasan emosional maupun spiritual diri sendiri.

Camping
Anda juga bisa mengadakan gathering town dengan melakukan camping di tempat wisata lokal. Menghabiskan waktu bersama beberapa hari untuk mengenal satu dengan lainnya.

Menghirup udara segar di alam terbuka juga mampu menurunkan tingkat stress yang dialami. Kualitas tidur lebih baik serta mengembalikan ritme sirkadian. Pada pagi hari bisa diadakan acara menjelajah bersama.

Sementara saat malam tiba dapat membangun api unggun. Acar dapat diisi dengan kesan dan pesan selama bekerja di perusahaan. Dapat pula dijadikan waktu merenung serta bernyanyi bersama.

*Cooking & Dinner Gathering *
Family gathering adalah kegiatan yang dilakukan oleh karyawan bersama dengan keluarganya dalam satu perusahaan. Dalam acara ini semua peserta akan pergi ke luar untuk melakukan aktivitas bersama-sama.

Salah satu konsep family gathering adalah cooking and dinner. Anda bisa memesan satu tempat yang menyediakan dapur umum dan hall yang luas untuk tempat makan.

Walaupun kelihatannya sederhana namun menyenangkan dan mampu meningkatkan keakraban antar karyawan. Apalagi makanan yang disantap merupakan olahan sendiri.

*Outing Pelatihan Seni Budaya *
Tak sedikit pula acara gathering diadakan dengan melakukan adu soft skill. Misalnya saja outing pelatihan seni budaya seperti pelatihan melukis dan menari. Tidak hanya karyawan saja yang bisa ikut serta melainkan anak dan kerabatnya.

Pelatihan seni budaya juga membantu meningkatkan kreativitas dan inovasi. Kedepannya karyawan mampu memberikan terobosan cemerlang yang membantu meningkatkan performa perusahaan.

*Webinar *
Di masa pandemi seperti saat ini kegiatan bersama sangat dibatasi. Anda bisa mengubah konsep gathering offline menjadi virtual. Adakan webinar yang mampu menambah soft skill karyawan.

Gunakan jasa Hanindo yang mampu menyukseskan acara gathering perusahaan Anda. Hanindo dapat membantu gathering offline maupun online. Untuk keterangan lebih lanjut kunjungi www.hanindo.co.id.