February 28, 2023

Perhatikan, Waktu yang Tepat untuk Selenggarakan RUPS

Seseorang yang memiliki saham sebuah perusahaan adalah pemegang saham. Karena itu terdapat rapat umum pemegang saham yang diatur agar pemegang saham tersebut disesuaikan dengan kepentingannya.
Lokasi dan metode pelaksanaan RUPS saham ini berbeda. RUPS biasa dibantu oleh event organizer_ _yang mengatur jalannya acara. Karena itu, RUPS memiliki waktu yang tepat dalam menyelenggarakannya.

Pengertian RUPS

Rapat umum pemegang saham berfungsi sebagai lembaga tertinggi perusahaan. Hal ini berguna untuk perusahaan dalam mengambil keputusan penting dan telah diatur dalam undang-undang.
RUPS juga menjadi tempat dalam memutuskan arah perseroan dan dewan komisaris serta direksi dalam melaporkan tanggung jawab dan pelaksanaan kinerja pemegang saham. Karena itu RUPS terbagi menjadi dua macam.

RUPS Terbuka dan Tertutup

RUPS memiliki dua jenis yaitu terbuka dan tertutup. Pada undang-undang nomor 40 tahun 2007 aturan pelaksanaan RUPS tertutup ada pada pasal tersebut. Sementara, aturan mengenai RUPS terbuka juga bersifat khusus.
Hal ini tercantum dalam peraturan OJK 2014 yang mengalami perubahan pada 2017. Tempat penyelenggaran RUPS terbuka dan tertutup juga berbeda. RUPS tertutup diadakan di pada lokasi perseroan, sedangkan RUPS terbuka di lokasi perusahaan terbuka.
Selain itu RUPS tertutup dilakukan dalam seluruh wilayah Indonesia atas persetujuan pemegang saham. RUPS terbuka bisa berlangsung di ibukota provinsi kegiatan usaha perusahaan terbuka.
RUPS terbuka juga bisa diselenggarakan di Bursa Efek Indonesia yang mencatatkan sahamnya di sana. Karena, hal ini sesuai yang yang ada pada pasal OJK pasal 7 tahun 2014.
Pada pasal 10 dalam aturan OJK 2014, pengumuman RUPS wajib dilakukan oleh PT terbuka kepada pemegang saham paling lambat 14 hari. Pengumuman tersebut memuat ketentuan pemegang saham, dan kehadiran anggota lain.
RUPS terbuka yang mencatatkan sahamnya dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) perlu melakukan edaran 1 surat kabar secara nasional di situs BEI dan web perusahaan terbuka. Pengumuman ini paling lambat diumumkan melalui web atau surat kabar.
Bukti pengumuman perlu disampaikan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) paling lambat dua hari setelah pengumuman RUPS. Pemimpin RUPS tertutup tidak ditentukan oleh undang-undang perseroan terbatas.
Pemimpin RUPS terbuka yaitu anggota dewan komisaris. Jika tidak bisa hadir RUPS akan dipimpin oleh seorang direksi yang ditunjuk oleh direksi lainnya. Apabila seluruh anggota tidak bisa hadir maka RUPS dipimpin oleh pemegang saham yang ditunjuk peserta RUPS.
Pada keputusan sirkuler, pemegang saham bisa mengambil keputusan diluar RUPS yang diadakan secara tertutup. Hal ini perlu memenuhi syarat yaitu pemegang saham memiliki hak suara seluruhnya dengan memberi persetujuan tertulis dan menandatangani usul tersebut.
Sementara, keputusan sirkuler ini tidak bisa dilakukan dalam RUPS terbuka. Karena pemegang saham pada PT yaitu masyarakat. Ada kemungkinan bahwa keputusan sirkuler di luar RUPS sangatlah kecil.

Waktu yang Tepat untuk Menyelenggarakan RUPS

Rapat umum pemegang saham tahunan perlu diadakan selambatnya enam bulan setelah buku tahunan berakhir. Karena itu RUPS perlu memuat laporan keuangan, laporan kegiatan hingga laporan pelaksanaan tanggung jawab.
Rapat umum pemegang saham luar biasa bisa diadakan setiap waktu atau saat memiliki kepentingan perseroan. Karena itu RUPS perlu diselenggarakan atas permintaan satu orang atau lebih.
RUPS saham juga memerlukan dewan komisaris yang diajukan oleh pemegang saham kepada direksi. Dengan membahas kepentingan RUPS, waktu yang tepat dalam menyelenggarakannya bergantung pada kepentingan.
Dengan mengetahui rapat umum pemegang saham, Anda dapat mengetahui waktu yang tepat dalam penyelenggaraan RUPS. Selain itu RUPS terbagi menjadi dua untuk membedakan setiap kepentingan para pemegang saham.
RUPS dilakukan sesuai kepentingan rapat. Bila Anda ingin menyelenggarakan rapat, Anda bisa menggunakan _event organizer _seperti Hanindo yang telah berpengalaman selama bertahun-tahun.
Dengan Hanindo, _rundown _acara rapat umum pemegang saham pasti beres secepatnya. Untuk itu, Hanindo menjadi _event organizer _tepercaya yang dipilih pemerintah bahkan ratusan klien saat ini.