July 14, 2022

Pengaruh Hasil RUPS Pada Kebijakan Perusahaan

RUPS menjadi agenda tahunan yang memiliki pengaruh besar terhadap perusahaan. Bisa dilihat dari posisi RUPS yang menjadi forum tertinggi di sebuah perusahaan. Di dalamnya terdapat beberapa hal yang berkaitan dengan arah kebijakan perusahaan, hingga kewenangan dalam menutup sebuah perusahaan.
Begitu pentingnya mekanisme RUPS ini bahkan memiliki kewenangan dalam memilih direksi dan dewan komisaris. Tentunya semua aktivitas dalam RUPS ini akan menghasilkan pengaruh sangat besar terhadap kebijakan perusahaan.
Nah, bagaimana pengaruh dan manfaat hasil RUPS tersebut terhadap kebijakan perusahaan?

Menentukan Arah Kebijakan Keuangan Perusahaan

Tugas RUPS yang pertama menampilkan laporan keuangan perusahaan dalam setahun terakhir. Laporan keuangan tersebut berisi tentang semua hal dari mulai arus kas, neraca keuangan, laba rugi, dan berbagai aktivitas keuangan lainnya.
Dari laporan tersebut semua anggota dalam RUPS ini berhak untuk menyampaikan usulan dan pendapatnya. Tentu saja dalam hal ini para pemegang saham berhak menyampaikan usulan, dan wajib didengarkan oleh direksi.
Kemudian, pihak direksi akan menerjemahkan apa yang disampaikan oleh para peserta RUPS ini dalam kebijakan selanjutnya. Hal ini menunjukkan begitu kuatnya RUPS sebagai forum tertinggi di perusahaan dalam bentuk Perseroan Terbatas (PT) ini.

Menentukan Arah Kebijakan dari Aktivitas Perusahaan

Ada banyak sekali kegiatan perusahaan yang dilakukan dalam kurun setahun terakhir. Hal ini juga yang menjadi bahan laporan dari direksi di dalam RUPS. Segala macam aktivitas perusahaan tersebut pastinya sangat berpengaruh terhadap kondisi perusahaan.
Laporan kegiatan ini juga menjadi hal yang utama dan harus dilaporkan kepada pemegang saham. Dengan kata lain hal ini menjadi pertanggungjawaban pihak direksi kepada pemegang saham dalam menjalankan modal yang diberikan oleh pemegang saham tersebut.

Nah, sama halnya dengan laporan keuangan, laporan kegiatan ini sangat erat kaitannya dengan arah kebijakan perusahaan di masa yang akan datang. Sehingga hasil dari RUPS ini juga akan selalu berkaitan dengan kebijakan perusahaan dalam menjalankan setiap aktivitas bisnisnya.

Menentukan Anggota Direksi dan Komisaris

Hasil lainnya dari RUPS adalah penentuan anggota direksi dan dewan komisaris. Anggota-anggota tersebut tentunya memiliki visi dan misi yang sesuai dengan sebagian besar forum RUPS, sehingga mereka layak terpilih. Pastinya arah kebijakan mereka juga akan disesuaikan dengan keputusan yang diambil dari RUPS tersebut.
Forum tertinggi di sebuah perusahaan berbentuk PT ini berhak menentukan direksi sebagai organ dalam perusahaan yang mengurusi manajemen. Di dalamnya tentunya terdapat banyak sekali kebijakan yang dilakukan.
Selain direksi, juga ada dewan komisaris yang punya kewenangan dalam pengawasan. Tentunya pihak direksi punya wewenang yang sangat kuat terhadap pengawalan kebijakan, agar tidak kebijakan tidak keluar dari nilai-nilai RUPS yang telah dihasilkan.

Menentukan Penyelesaian Masalah dalam Perusahaan

Di dalam salah satu agenda RUPS, pihak direksi juga harus melaporkan permasalahan yang menghambat bahkan mengancam keberlangsungan bisnis suatu perusahaan. Hal ini menjadi salah satu pembahasan yang bisa menjadi alasan utama dilakukannya sebuah RUPS.
Bahkan, RUPS sendiri berhak menyatakan penyelesaian termasuk mempailitkan perusahaan. Dengan kata lain, pengaruh RUPS ini sangatlah mutlak untuk kebijakan sebuah perusahaan. Sehingga dengan kondisi tersebut, perusahaan harus memberikan ruang terbaik dalam pelaksanaan RUPS ini.
Hanindo *hadir sebagai *event organizer corporate yang sudah berpengalaman selama bertahun-tahun. Kami sangat memahami bahwa RUPS harus menjadi forum yang dijalankan secara maksimal.
Itulah pengaruh hasil dari RUPS terhadap kebijakan sebuah perusahaan. Pengaruhnya yang sangat besar tersebut menuntut terselenggaranya agenda ini secara optimal. Karena itulah Anda harus memilih Hanindo sebagai EO corporate terbaik.