April 22, 2022

Kenali Digital Marketing dan Penerapannya untuk Pemasaran Bisnis Anda

Saat ini, sudah terjadi banyak transformasi bisnis, terutama pada strategi pemasaran. Jika dilihat pada 15 tahun ke belakang, para pebisnis mengandalkan teknik pemasaran door-to-door untuk mendapatkan penjualan. Namun, cara tersebut sudah tak efektif lagi, karena sudah tergantikan dengan digital marketing.
Strategi digital marketing ini menjadi andalan para pebisnis di era ini. Selain efisien, strategi ini juga memiliki cakupan audience yang sangat luas. Maka dari itu, Anda harus mulai belajar digital marketing dan cara penerapannya agar perusahaan tidak kalah saing dengan kompetitor.

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing adalah suatu bentuk transformasi dari model pemasaran produk atau jasa. Sesuai dengan namanya, digital marketing dilakukan secara online melalui media internet.
Mudahnya dalam melakukan interaksi antara perusahaan dengan calon konsumen menjadi salah satu keunggulan digital marketing.

Jenis-Jenis Digital Marketing

Jika sudah mengenal tentang apa itu digital marketing, sekarang saatnya Anda mengetahui apa saja jenis digital marketing.

1. Search Engine Marketing (SEM)

SEM menjadi salah satu cara paling efektif untuk memasarkan produk/ jasa. Dengan SEM, Anda juga dapat mengarahkan calon konsumen ke halaman situs penjualan.
Dibutuhkan skill content marketing, yaitu mampu menyajikan informasi yang benar-benar dibutuhkan oleh calon konsumen. Sehingga situs Anda akan mendapatkan kesempatan untuk tampil di halaman mesin pencari dan mendapatkan pengunjung.

2. Search Engine Optimization (SEO)

SEO merupakan suatu upaya untuk mendorong situs penjualan agar berada pada halaman pertama mesin pencari pada kata kunci tertentu. Mirip dengan SEM, hanya saja pada SEO ini benar-benar murni untuk menargetkan pengunjung organik/ tanpa iklan pada mesin pencari.

3. Social Media Marketing

Social Media Marketing (SMM) merupakan suatu upaya untuk membuat suatu konten yang dapat menarik perhatian calon konsumen. Biasanya SMM diterapkan pada platform atau media sosial yang sudah memiliki banyak pengguna, seperti Instagram, TikTok, dan sebagainya.

4. Iklan Online

Iklan online ini memiliki cara kerja yang sama dengan iklan offline, seperti iklan di surat kabar, majalah, baliho, videotron, dan lain sebagainya. Hanya saja, dengan metode ini, iklan akan disebarkan menggunakan media internet.

5. Affiliate/Dropshipping

Jenis digital marketing ini dapat Anda terapkan untuk mencari keuntungan atau profit yang besar secara online. Affiliate/dropshipping juga dapat memberikan ruang kepada orang lain untuk ikut mempromosikan produk/ jasa yang Anda tawarkan.

Cara Menerapkan Strategi Digital Marketing untuk Bisnis?

Berikut merupakan beberapa cara dasar dan wajib diterapkan untuk mempromosikan bisnis.

1. Membuat Akun Google My Business

Google My Business merupakan fitur dari Google untuk menampilkan profil dan lokasi perusahaan yang Anda miliki. Informasi yang Anda tuliskan di sini juga dapat meyakinkan calon konsumen bahwa perusahaan Anda bukan perusahaan fiktif.

2. Membangun Website dan Media Sosial

Hampir sama dengan Google My Business, karena website dan media sosial ini juga dapat meyakinkan calon konsumen kepada produk/ jasa yang ditawarkan. Anda harus memiliki keduanya, karena media sosial adalah sarana untuk promosi dan website adalah tempat untuk melakukan transaksi.

3. Mulai Melakukan Promosi

Anda bisa melakukan promosi secara gratis maupun berbayar melalui beberapa platform penyedia iklan berbayar. Beberapa penyedia layanan iklan berbayar yang populer adalah Facebook Ads, Google Ads, TikTok Ads, dan lain sebagainnya.

4. Bekerjasama dengan Influencer

Bekerjasamalah dengan para influencer atau orang-orang pegiat media sosial yang sudah mempunyai banyak followers. Di situ, Anda bisa membayarnya untuk mempromosikan produk kepada para followersnya di media sosial.
Itulah ulasan mengenai digital marketing dan penerapannya. Cara mudahnya, Anda bisa menggunakan jasa digital marketing agency terbaik, yaitu Hanindo Communication. Jadi, tidak perlu pusing lagi memikirkan strategi digital marketing untuk berkompetisi dalam dunia bisnis era sekarang.