March 22, 2022

Digital Marketing - Lapangan Kerja Menjanjikankah?

Dengan semakin berkembangnya teknologi digital, maka makin banyak pula yang menjadikan internet sebagai media untuk memasarkan produknya. Hal tersebut didukung pula dengan semakin banyaknya pengguna internet yang tentu jadi pangsa pasar besar untuk digital marketing.
Lalu, apakah pekerjaan digital marketing bisa menjanjikan? Selengkapnya, cek info berikut.

Pekerjaan di Bidang Digital Marketing Semakin Menjanjikan

Dari pertanyaan sebelumnya, apakah pekerjaan bidang digital marketing cukup menjanjikan? Maka jawabannya adalah iya.
Ini karena kian lama banyak posisi dan lahan yang memerlukan tenaga profesional di bidang tersebut. Kita pun mulai mengenal istilah digital marketer untuk mereka yang bergerak di bidang pemasaran digital.
Dari banyaknya kesempatan karir di dunia digital marketing, berapa sebenarnya pendapatan mereka? Dari data yang dilansir id.indeed.com, pekerja atau digital marketer di Indonesia rata-rata berpenghasilan Rp 5.288.864 setiap bulannya. Cukup menjanjikan bukan?.

Pekerjaan di Bidang Digital Marketing

Apa saja pekerjaan yang bisa Anda tekuni di dunia digital marketing? Berikut pembahasan dan contohnya.

1. Content Writer

Dalam dunia digital, konten mempunyai peran yang sangat penting. Content writer bisa dikatakan adalah tulang punggung utama menarik tidaknya konten Anda di mata konsumen. Bisa melalui website atau media sosial.
Content writer dituntut mempunyai ide-ide menarik, out of the box dan tentu saja bisa membangun citra sebuah produk. Dengan content writer solid, maka kelebihan digital marketing Anda juga akan menjanjikan.

2. SEO Specialist

Dengan makin vitalnya peranan mesin pencari seperti google dalam dunia digital marketing, maka peran seorang SEO specialist juga akan sangat penting. Tugasnya adalah memastikan tiap tulisan, konten dan situs secara umum berada di posisi teratas dalam mesin pencari.
Manfaatnya sangat besar. Semakin baik posisi situs di mesin pencari makin besar pula potensi mendatangkan konsumen yang kini makin mengandalkan mesin pencari untuk mendapatkan produk yang diinginkan.

3. Social Media Specialist

Tidak bisa dipungkiri bahwa sosial media merupakan bagian yang kini hampir tidak bisa dipisahkan, terlebih bagi kalangan milenial. Untuk mencapai pangsa pasar tersebut pulalah, diperlukan pekerja yang mengerti jalannya sosial media serta perkembangan yang terjadi di dalamnya.
Dengan demikian, perusahaan Anda bisa dengan tepat dan cermat membuat suatu program atau campaign pemasaran di sosial media. Contoh digital marketing ini misalnya strategi grafis dan foto promo terbaru.

4. Copywriter

Dalam pekerjaannya, seorang copywriter berperan untuk membuat tulisan di berbagai platform digital. Pada intinya berisi ajakan untuk berinteraksi dengan sebuah produk.
Kalimat-kalimat yang disusun seorang copywriter tentu harus tepat. Secara meyakinkan calon konsumen untuk terhubung dan mengenal lebih jauh produk tersebut.

5. Desain Grafis

Desain grafis juga dapat menjadi bagian penting dalam dunia digital marketing. Sebagai seorang desainer, tentu Anda dituntut untuk mampu menerjemahkan informasi serta deskripsi produk dalam bahasa grafis yang mudah dipahami.
Kehadiran grafis yang mumpuni akan sangat menunjang pemasaran sebuah produk. Karena desain yang bagus dan menarik akan mampu menarik keingintahuan calon konsumen untuk mengenal lebih jauh produk dan perusahaan.

6. CRM

Customer relationship Management (CRM) adalah mereka yang bertugas menjaga hubungan antara perusahaan dengan konsumen atau calon konsumen. Menjadi kewajiban seorang CRM untuk tetap membuat konsumen menjadi setia akan produk dan layanan yang diberikan.
Secara digital, tugas CRM akan banyak berhubungan dengan komunikasi yang baik dengan customer melalui media email, sosial media dan platform digital lain. Tidak sampai disana, CRM juga dituntut mampu mendapatkan konsumen-konsumen baru lewat cara -cara persuasif.
Dengan penjelasan di atas Anda bisa simak peluang kerja digital marketing di era saat ini cukup menjanjikan. Jika Anda membutuhkan jasa digital marketing terpercaya, Hanindo sebagai penyedia jasa Event Organizer, Advertising & Media Creative untuk corporate atau perusahaan publik yang terpercaya & handal di Jakarta siap untuk membantu Anda.