March 22, 2022

Digital Marketing - Inovasi Pemasaran Bisnis Modern

Perkembangan dunia digital yang kian hari kian pesat, mau tak mau memaksa kita untuk turut serta dalam perkembangan tersebut. Platform digital, atau kita sebut saja internet telah menjadi bagian tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Termasuk di bidang pemasaran atau sering kita sebut dengan digital marketing.
Jika Anda pernah suatu waktu sedang berselancar di dunia maya, baik sekedar browsing atau menjelajahi social media. Pada saat itu Anda mendapati sebuah kampanye atau produk dari brand tertentu yang sedang mengiklankan produknya? Maka Anda sedang melihat sebuah pekerjaan digital marketing paling umum.

Pengertian

Sebelum lebih jauh, Anda perlu mengenali dahulu apa itu sebenarnya digital marketing. Sesuai namanya, digital marketing berarti suatu strategi dan program pemasaran dari sebuah brand dengan menggunakan media digital atau internet.
Tujuannya sama saja dengan konsep pemasaran atau iklan yang menggunakan media lain seperti koran atau bentuk fisik lain. Intinya untuk memperkenalkan hingga meningkatkan penjualan sebuah produk. Hanya saja media yang digunakan adalah media digital.

Kelebihan Digital Marketing

Seperti diketahui, penggunaan internet sebagai penunjang kehidupan manusia dewasa ini sangatlah vital. Hampir sepanjang hari kita bersentuhan dengan media daring terutama lewat perantara gadget. Hasilnya, perusahaan pun berlomba-lomba membuat konten kreatif dan semenarik mungkin di media digital.
Untuk tahu lebih lengkap tentang keunggulannya, cek info berikut.

1. Cepat dan Hemat

Salah satu kelebihan digital marketing adalah informasi yang disampaikan bisa dengan cepat dan tepat serta langsung tertuju kepada calon konsumen. Perusahaan pun bisa lebih menghemat budget pemasaran yang jika menggunakan pemasaran konvensional, harus mencetak pamflet atau memasang iklan di media cetak.
Karena murah dan efektif, Gartner’s Digital Marketing Spend Report merilis laporan bahwa digital marketing menghemat biaya pemasaran hingga 40 persen.

2. Jangkauan Luas

Jangkauan dari produk digital marketing pun bisa lebih luas. Karena sekali masuk ke media internet, maka informasi yang disampaikan bisa menjangkau seluruh dunia.
Dalam membuat konten pemasaran pun, perusahaan bisa lebih kreatif untuk mengemas kontennya semenarik dan seatraktif mungkin. Pun demikian dengan calon konsumen bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan dalam.

Contoh Digital Marketing

Ada banyak media yang bisa Anda manfaatkan sebagai sarana untuk membuat langkah dan strategi digital marketing. Berikut beberapa contoh digital marketing.

1. Website

Sarana paling utama yang bisa digunakan adalah website. Dengan memiliki alamat website, selain bisa menginformasikan sebanyak-banyaknya informasi brand dan perusahaan Anda, juga menunjukkan seberapa profesional Anda.
Bisa dikatakan seluruh brand dan perusahaan besar dan terpercaya, memiliki website yang dikelola profesional.

2. Media Sosial

Membagikan informasi di media sosial itu gratis dan sangat mudah. Dengan modal sedikit kreativitas dan tentu akun media sosial, Anda bisa menciptakan konten informatif yang menarik untuk mendongkrak brand Anda.
Platform seperti facebook, instagram dan twitter sangat efektif karena nyaris semua orang punya akun media sosialnya masing-masing. Banyak cara pula untuk belajar digital marketing gratis di media sosial.

3. Online Advertising

Jika Anda punya budget tertentu untuk mendongkrak penjualan produk Anda, bisa juga dengan menggunakan jasa online advertising. Jasa ini adalah media promosi yang akan lebih cepat dan menyasar lebih banyak konsumen. Tentu dengan biaya tertentu.

4. Video marketing

Platform berbagi video seperti youtube juga menjadi media yang efektif untuk membangun brand dan menjual produk. Untuk ini, Anda harus membuat tayangan video yang menarik dan informatif, yang mampu menjelaskan produk Anda serta informasi tentang perusahaan Anda.
Dengan penjelasan di atas Anda bisa ketahui pentingnya digital marketing di era saat ini. Jika Anda membutuhkan jasa digital marketing terpercaya, Hanindo sebagai penyedia jasa Event Organizer, Advertising & Media Creative untuk corporate atau perusahaan publik yang terpercaya & handal di Jakarta siap untuk membantu Anda.