August 25, 2022

Bagaimana Event Organizer Bekerja Pada Event Daring?

Dalam beberapa tahun terakhir, event organizer harus bekerja secara virtual karena adanya pembatasan pertemuan fisik usai kemunculan virus corona.
Meski begitu, keterbatasan ini tidak menyurutkan semangat para EO untuk tetap bekerja dengan menggelar event secara daring atau virtual. Namun apakah Anda tahu bagaimana sebuah bisnis event organizer bekerja pada event daring?
Berikut ini keuntungan dan tips memilih EO untuk penyelenggaraan event daring Anda.

Keuntungan Memakai Event Organizer untuk Event Daring

Meski terlihat mudah, nyatanya event virtual tidak kalah rumit dengan penyelenggaraan acara offline. Terdapat berbagai persiapan mulai dari konsep acara hingga setting peralatan yang mungkin lebih rumit daripada acara-acara offline.
Sehingga tidak ada salahnya untuk memakai jasa event organizer untuk menyukseskan acara virtual Anda. Berikut ini keuntungan menggunakan event organizer untuk acara virtual.

1. Menghemat Waktu dan Tenaga

Dengan menggunakan jasa EO profesional, Anda tidak perlu repot mencari dan menyiapkan kameramen, penata latar atau kru studio saat akan menggelar event virtual.
Tentunya hal ini akan menghemat waktu dan tenaga Anda karena EO sudah menyiapkan semuanya sejak awal hingga pelaksanaan acara. Anda hanya perlu mengawasi persiapan acara hingga pelaksanaan di hari H agar sesuai dengan harapan Anda.

2. Terbiasa Membuat Acara yang Matang dan Menarik

Untuk menuangkan gagasan Anda terkait konsep acara, Anda membutuhkan partner diskusi yang tepat, yang mengerti keinginan Anda. Jasa EO akan membantu Anda menyusun konsep acara virtual yang sesuai dengan harapan Anda.
Biasanya EO juga memiliki divisi dan peralatan yang komplit mulai dari pembawa acara, dokumentasi hingga logistik sehingga keseluruhan konsep acara dipastikan matang.
Salah satu tantangan dalam penyelenggaraan event virtual adalah kurang adanya interaksi antara pembawa acara dengan peserta. Namun dengan bantuan EO, hal itu jauh lebih mudah. EO terbiasa untuk melaksanakan acara dengan semenarik mungkin sehingga tidak terkesan monoton.

Selain itu, EO juga selalu menyediakan rencana cadangan jika terjadi mati listrik atau jaringan internet yang tiba-tiba tidak stabil.

3. Alokasi Anggaran Lebih Terukur

Tidak hanya konsep acara, alokasi rancangan dan penggunaan anggaran juga jauh lebih terarah dan terukur. EO akan menyesuaikan dengan budget yang dimiliki oleh pemilik acara.
Namun semua keuntungan itu hanya dapat berhasil, jika Anda memilih event organizer yang tepat. Simak tips memilih event organizer yang tepat berikut ini agar acara virtual Anda sukses digelar.

Cara Memilih Event Organizer yang Tepat untuk Acara Virtual

Apabila acara virtual Anda ingin sukses, maka pilihlah event organizer yang tepat sesuai dengan kriteria berikut ini.

1. Komunikatif

Memilih EO yang komunikatif sangatlah penting. EO yang komunikatif akan mampu menuangkan keinginan Anda menjadi konsep acara yang matang. Mereka akan menjadi partner diskusi Anda selama penyusunan acara.
Tidak hanya itu, EO yang komunikatif akan rutin melaporkan perkembangan persiapan acara secara berkala.

2. Berpengalaman

Tidak hanya komunikatif, pilih EO yang berpengalaman dan memiliki reputasi baik. EO dengan reputasi baik telah terbiasa dengan berbagai jenis event virtual sehingga jaminan kesuksesan lebih besar.

3. Penawaran Layanan yang Sesuai dengan budget

Namun semakin bagus EO maka semakin mahal biayanya. Oleh karena itu, pilih EO dengan penawaran layanan yang paling sesuai dengan budget yang Anda miliki. Salah satu contoh event organizer yang memiliki reputasi mumpuni namun dengan harga yang ramah di kantong adalah Hanindo Communication.
Hanindo Communication adalah event organizer yang sukses dalam menyelenggarakan berbagai acara virtual mulai dari perayaan ulang tahun kantor, acara gathering karyawan, launching product hingga Webinar dan RUPS.
Namun tenang, bukan hanya acara-acara virtual, Hanindo Communication juga berpengalaman dalam membangun acara-acara offline gathering kantor. Yuk sukseskan acara kantor Anda bersama Hanindo Communication!