September 24, 2022

Tips Menyusun Acara Seru untuk Outbond

Keseruan sebuah agenda outbound tidak pernah dari proses persiapan sebelum acara tersebut dimulai. Persiapan-persiapan tersebut seperti lokasi outbound, akomodasi peserta, susunan acara yang tepat, dan lain sebagainya.
Agar keseruan dan juga manfaat dari agenda outbound _ini bisa dicapai, tentunya juga butuh kerjasama dari panitia dan semua peserta. Kuncinya adalah bagaimana peserta bisa antusias dan benar-benar merasakan manfaat dari kegiatan tersebut. Nah, simak tips sukses dalam [menyusun konsep acara _outbound](https://www.hanindo.co.id/sub-service/employee-gathering) berikut!

1. Menentukan Tujuan

Tujuan dari outbound tentu menjadi hal utama yang harus diperjelas terlebih dahulu. Apakah diadakannya outbound ini untuk meningkatkan kekompakan, leadership, motivasi untuk berprestasi, atau hanya sekedar melepas penat saja.
Menentukan tujuan akan berpengaruh pada langkah-langkah selanjutnya. Tujuan ini akan dijadikan sebagai pegangan untuk menentukan lokasi, bentuk dari outbound sendiri, dan lain sebagainya.

2. Menentukan Tema outbound

Setelah mengetahui tujuan outbound ini, Anda harus bisa mengemasnya ke dalam sebuah tema yang menarik. Tema ini akan memberikan kesan khusus terhadap peserta. Karena di dalam tema biasanya ada slogan khusus yang sudah dipersiapkan, dan mengandung pesan yang unik.

3. Menentukan Lokasi outbound

Lokasi outbound juga harus sesuai dengan tema acara tersebut. Selain itu, lokasi haruslah disesuaikan dengan kondisi peserta, dilihat dari kemudahan akses, dan keamanannya.
Lokasi outbound ini haruslah nyaman untuk semua peserta. Faktor kenyamanan ini bisa dilihat dari fasilitas yang lengkap, dan juga tempat yang bersih.

4. Menentukan Anggaran dan Jadwal Acara

Anggaran suatu acara harus bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jangan sampai anggaran terlalu membengkak karena terlalu memaksakan ke tempat yang jauh dan mahal. Yang masuk ke dalam anggaran biasanya sewa lokasi, konsumsi, hingga akomodasi.
Dari berbagai anggaran yang besar tersebut, Anda harus bisa meminimalisir pengeluaran dari hal-hal lainnya, sehingga anggaran akan lebih efisien.
Perhatikan juga jadwal acara dengan baik, buatlah seefektif mungkin. Efektivitas dari acara tersebut bisa dilihat dari kegiatan outbound itu sendiri. Jika dirasa cukup untuk kegiatan sehari, maka akan lebih baik.

5. Menyiapkan Instruktur

outbound akan berjalan dengan efektif dan mendapatkan hasil yang maksimal jika dilakukan secara profesional. Karena itu dibutuhkan para instruktur yang sudah berpengalaman di bidangnya.
Para instruktur ini juga pastinya bisa membawa suasana dengan lebih baik. Bahkan untuk permainan outbound sederhana sekalipun, sehingga benar-benar bisa membantu mencapai tujuan yang diharapkan.
Kemampuan tim instruktur biasanya tidak hanya terlihat dari caranya mengisi dan membawa acara saja. Tapi mereka juga punya kemampuan dalam membangun suasana, dan memberikan motivasi kepada para peserta dengan sangat baik.
Berkaitan dengan tim instruktur ini, Hanindo menjadi pilihan terbaik. Karena Hanindo memiliki jam terbang yang tinggi, sudah dipercaya oleh banyak perusahaan, dan sudah diakui secara profesional.

6. Menyiapkan Permainan

Pihak panitia dan tim instruktur haruslah bekerjasama dengan baik dalam menyusun sebuah acara. Persiapan permainan menjadi salah satu yang paling penting.
Ada banyak sekali permainan yang bisa dilakukan. Namun, permainan yang dipilih harus benar-benar bisa membuat semua peserta antusias, dan mendapatkan manfaat yang maksimal.

7. Siapkan Susunan Acara dengan Baik, dan Tutup dengan Berkesan

Setelah semua dirancang dengan baik, susun semua kegiatan-kegiatan tersebut dengan cermat dalam sebuah_ rundown outbound_. Pastikan bahwa tidak waktu yang tidak bermanfaat, apalagi membuat peserta tidak teratur.
Untuk memberikan kesan lebih mendalam, Anda harus membuat acara penutupan yang berkesan. Buat acara sekreatif mungkin, sehingga kesan pada permainan outbound semakin membekas.

Itulah tips menyusun acara outbound yang pasti akan membuatnya semakin seru dan sukses. Jadi, persiapkan semuanya sekarang juga, sehingga agenda ini benar-benar memberikan hasil yang maksimal.