October 23, 2022

Anda akan Meluncurkan Produk Baru? Simak 5 Alasan Anda Perlu Melakukan Event Marketing

Mengapa _event marketing _sangat penting digunakan untuk meluncurkan produk baru? Bentuk kegiatan ini merupakan bentuk pemasaran yang sangat efektif mempercepat dikenalnya produk baru di masyarakat. Apalagi kegiatan ini akan memberikan pengalaman secara langsung terhadap produk baru tersebut.
Meski tidak menjangkau ke semua orang, event yang dilakukan akan sangat efektif memperkuat loyalitas pelanggan potensial. Karena itu dibutuhkan kegiatan lanjutan yang berangsur-angsur bisa diterima secara lebih luas. Sementara itu, pelanggan yang sudah terikat dari event tersebut ikut mendorong promosi lebih maksimal. Nah, apa peran _event marketing _hingga dianggap sangat penting untuk mengenalkan produk baru berikut!

1. Mempercepat Dikenalnya Produk

Sebuah produk yang baru saja dikeluarkan oleh perusahaan tentunya tidak serta merta bisa dikenal luas. Melalui sebuah event yang menarik, upaya untuk mengenalkan produk akan jauh lebih cepat dan efektif.
Pelanggan yang hadir dalam event ini tentunya akan mendapatkan informasi yang tepat, dan bisa langsung merasakan produknya. Pengenalan secara langsung ini tentunya akan mempercepat terjadinya engagement terhadap produk baru tersebut dengan kesan yang lebih mendalam.
Meski hanya para pelanggan yang ikut hadir dalam event terbatas, namun secara berangsur-angsur pelanggan tersebut akan menularkannya. Sehingga _brand _akan lebih mudah dikenal dengan cepat di tengah pasar.

2. Momen Paling Efektif dalam Menyampaikan Pesan

Agenda yang bisa mempertemukan secara langsung antara perusahaan dengan pelanggan tentu menjadi momen paling efektif dalam menyampaikan pesan. Pesan yang dimaksud berupa nilai dari produk tersebut, baik nilai dalam bentuk kualitas, dan manfaatnya.
Berbeda dengan informasi yang disajikan hanya melalui iklan saja. Pelanggan tidak akan mendapatkan pengalaman secara langsung. Mereka hanya bisa membayangkan saja, tanpa mengetahui secara pasti nilai produk secara riil.
Contoh event marketing ini seperti pameran yang bisa dianggap sebagai momen “dating” antara pelanggan dengan produk. Sehingga mereka akan menilai sesuai dengan pengalamannya secara langsung.

3. Meningkatkan Brand Awareness lebih Kuat

Setiap produk harus mampu terus meningkatkan brand awareness di masyarakat. Bukan berarti produk yang sudah terkenal tidak cocok untuk melakukan event marketing ini. Karena selalu ada tantangan dari para pesaing untuk saling mempertahankan brandnya masing-masing.
Melalui event _ini perusahaan justru akan membuat masyarakat semakin loyal dengan produk atau jasa yang dimilikinya. Apalagi jika perusahaan mengambil posisi di masyarakat dan memberikan manfaat lebih besar.
Manfaat _event marketing
ini akan terlihat dari dukungan masyarakat terhadap produk semakin kuat, dan terjadi hubungan yang saling menguntungkan.

4. Meningkatkan Keterlibatan Konsumen

Dalam event marketing konsumen tidak hanya diposisikan sebagai objek semata. Mereka akan terlibat sebagai orang yang ikut andil dalam mengembangkan produk. Keterlibatan ini tentunya sangat penting, sehingga perusahaan bisa terus berinovasi dan menyediakan produk yang benar-benar dibutuhkan.
Interaksi dalam suatu event antara perusahaan dan konsumen secara langsung ini tentu sangat penting untuk perusahaan itu sendiri. Bahkan perusahaan akan mendapatkan banyak manfaat lainnya dalam bentuk kepercayaan, kredibilitas, dan sebagainya.

5. Memperluas Jaringan Pemasaran

Strategi event marketing juga bisa dilakukan untuk menjaring komunitas yang brand awareness-nya rendah. Momen tersebut akan membentuk jaringan bisnis baru, sehingga akan memperluas pasar.
Apalagi jika terjadi kerjasama baru yang lebih menguntungkan. Sehingga pemasaran di segmentasi yang sesuai dengan komunitas tersebut pun akan semakin maksimal.
Tentunya perusahaan harus mampu menjalankan event marketing dengan ide kreatif, sehingga bisa memberikan manfaat yang maksimal. Karena itulah Hanindo hadir sebagai advertising agency terbaik yang akan mewujudkan itu semua. Pengalamannya sejak 2009 berpartner dengan perusahaan terkemuka menjadi bukti nyata.
Nah, itulah 5 alasan mengapa _event marketing _sangat penting untuk mengenalkan produk baru. Jadi, buat event yang menarik bersama Hanindo sekarang juga!