October 23, 2022

5 Ide Acara Komunitas Bisa Anda Lakukan Sebagai Bahan Promosi Produk/Perusahaan

Perusahaan selalu membutuhkan strategi yang jitu untuk membuat produknya dikenal secara luas oleh masyarakat. Melalui event advertising perusahaan bisa menggandeng komunitas tertentu. Sehingga acara tersebut memberikan banyak manfaat kepada komunitas dan tentunya perusahaan.
Banyak sekali contoh promosi produk yang bisa dilakukan, mulai dari penggalangan dana untuk donasi, konser amal, festival, bazar lokal, dan sebagainya. Semakin menarik ide yang digunakan, tentunya semakin banyak masyarakat yang akan tertarik untuk hadir dan mengikuti acara tersebut. Nah, simak 5 ide acara komunitas yang cocok untuk promosi produk atau perusahaan berikut!

1. Penggalangan Dana untuk Bencana Alam

Penggalangan dana untuk korban bencana alam memiliki tujuan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan. Akan ada banyak sekali masyarakat dari berbagai kalangan yang bersedia untuk membantu korban. Apalagi jika bencana yang terjadi menimbulkan banyak kerugian material atau bahkan jiwa.
Dalam hal ini perusahaan bisa mengambil peran sebagai panitia penggalangan dana, sekaligus donatur utama. Perusahaan bisa mengorganisasi penggalangan tersebut, dan membagikannya kepada para masyarakat yang membutuhkan.
Kegiatan sosial ini tentunya akan membuat masyarakat memberikan respect yang besar kepada perusahaan. Hal ini juga akan mendorong ikatan yang kuat antara masyarakat dan perusahaan, baik dari sisi korban maupun para donatur.

2. Mengadakan Konser Amal

Acara yang satu ini juga tidak jauh berbeda dengan penggalangan dana yang pertama. Namun biasanya konser amal ini dilakukan dengan menarik masyarakat melalui hiburan musik. Dari bentuk kegiatan ini anak-anak muda akan lebih tertarik untuk mengikutinya.
Jika dilihat dari bentuknya perusahaan juga bisa menyesuaikan dengan segmentasi pasar. Anak-anak muda akan jauh lebih antusias dibandingkan dengan masyarakat secara umum. Sehingga produk akan jauh lebih mudah dikenalkan daripada dengan segmentasi yang tidak terbatas.

3. Festival Budaya

cara promosi yang menarik ini pasti bisa mengundang banyak masyarakat untuk hadir. Festival budaya biasanya dilakukan dalam kurun waktu tertentu dengan menampilkan berbagai pagelaran budaya yang sesuai dengan kebudayaan lokal.
Acara ini akan sangat efektif untuk mengumpulkan masyarakat dalam jumlah yang besar. Orang-orang yang datang pastinya sangat beragam, mulai dari keluarga, pasangan muda mudi, dan lain sebagainya.

4. Bazar Kuliner Lokal

Siapapun pastinya akan sangat tertarik dengan cara mempromosikan produk yang satu ini. Apalagi jika mampu mengumpulkan berbagai varian makanan yang unik dan menarik.
Dengan memanfaatkan momen ini, perusahaan bisa mendorong restoran, rumah makan, toko roti, dan sebagainya untuk berpartisipasi dalam event ini. Anda pun bisa mengambil bagian penting untuk mempromosikan produk yang dimiliki.
Dengan agenda ini akan ada banyak orang yang mendapatkan manfaatnya. Mulai dari masyarakat yang bisa mencicipi kekayaan kuliner suatu daerah, pengusaha makanan yang bisa mengenalkan produknya, begitu juga perusahaan Anda.

5. Pengembangan Keterampilan dan Pelatihan Komunitas

Event marketing ini juga sangat efektif sebagai bagian dari pengenalan produk. Dalam agenda ini perusahaan bisa menawarkan berbagai pelatihan kepada komunitas, sehingga komunitas pun akan jauh lebih berkembang.
Komunitas yang telah menjalin suatu hubungan merupakan salah satu bentuk investasi yang penting. Karena pastinya akan terjadi hubungan yang saling menguntungkan antara perusahaan dengan komunitas tersebut. Sehingga semakin kuat komunitas tersebut, semakin besar pula manfaat yang bisa didapatkan perusahaan.
Berbagai ide acara komunitas tersebut tentunya harus dijalankan dengan sebaik mungkin. Agar kemasan acara lebih kreatif dan menarik, Hanindo akan menjadi partner advertising agency terbaik. Dengan pengalamannya yang lebih dari 10 tahun, acara selevel nasional pun akan terlaksana dengan baik.
Itulah 5 ide acara komunitas yang cocok untuk _event advertising _dan efektif sebagai media promosi produk maupun pengenalan perusahaan. Jadi, buatlah agenda acara sekreatif mungkin bersama Hanindo sekarang juga!