September 30, 2020

Webinar – Kelebihan dan Kekurangan yang Harus Kamu Ketahui

Anda ingin mengadakan kegiatan webinar? Ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari kegiatan tersebut.
Event Organizer

Saat ini, perkembangan teknologi sudah tidak dapat diragukan lagi eksistensinya oleh kita semua. Segala bentuk aktivitas manusiapun seakan dipermudah, baik dari segi efisiensi maupun efektivitasnya. Salah satu bentuk aktivitas tersebut adalah kegiatan seminar. Biasanya, seminar diadakan di suatu tempat dan mengharuskan seseorang untuk bertemu dan saling bertatap muka, agar materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik. Namun, saat ini sudah ada fasilitas yang memungkinkan kita untuk mengadakan seminar tanpa harus bertatap muka. Fasilitas tersebut bernama webinar.

Pengertian Webinar

Berdasarkan pengertiannya, webinar terdiri dari dua kata, yaitu web dan seminar. Dalam arti lain, yaitu kegiatan seminar yang dibantu oleh teknologi berupa jaringan website (internet). Masyarakat umum biasa menyebutnya dengan istilah seminar online. Dalam hal ini, kegiatan seminar tidak lagi dilakukan di suatu tempat pertemuan, melainkan memanfaatkan ruang digital yang akan terhubung satu dengan lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan yang Dimiliki

Ketika Anda ingin mengadakan seminar online, tentunya Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda bisa mempersiapkan segala kemungkinan yang terjadi bilamana kegiatan Anda mengalami kendala. Berikut penjelasannya:

1. Kelebihan seminar online

Melihat dari kecanggihan yang ditawarkan oleh teknologi saat ini, memungkinkan Anda terbantu dari segi efisiensi karena kegiatan bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Selain itu, banyak lagi kelebihan yang ditawarkan dari seminar online, diantaranya adalah:

a. Menghemat biaya

Hal yang paling penting dari suatu acara adalah biaya yang dikeluarkan sedikit, namun acara tetap berjalan lancar dan berkualitas. Anda tidak perlu menyewa tempat ataupun mempersiapkan segala alat yang berkaitan dengan keberlangsungan acara, serta tidak perlu repot memikirkan transport untuk sampai di tempat seminar. Tentunya hal ini akan sangat membantu Anda.

b. Kemudahan bertemu banyak orang

Anda akan dapat pengalaman berinteraksi dengan banyak orang di seluruh penjuru daerah, walaupun tidak secara langsung bertatap muka seperti di seminar biasa pada umumnya.

c. Pengulangan materi

Salah satu yang paling unik dan menarik dari kegiatan seminar online, yakni Anda dapat mengulang materi yang disampaikan dengan cara memutar ulang video ataupun membaca kembali materi yang sudah diberikan. Tentunya hal ini akan sangat membantu Anda jika Anda memerlukannya kembali untuk keperluan tertentu.

Webinar – Kelebihan dan Kekurangan yang Harus Kamu Ketahui

2. Kekurangan seminar online

Setiap hal pasti punya sisi kurangnya, termasuk pada kegiatan seminar online. Walaupun demikian, Anda bisa menggunakan jasa event organizer Jakarta seperti Hanindo untuk meminimalisir itu semua. Berikut ini merupakan kekurangan dari seminar online:

a. Bergantung pada koneksi internet

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa kegiatan seminar online tidak lepas dari koneksi internet. Jika Anda ingin kegiatan yang Anda laksanakan berjalan lancar, tentunya Anda harus menyiapkan koneksi internet yang stabil. Namun kenyataanya, koneksi internet di setiap daerah bisa saja berubah. Apalagi akan memakan banyak kuota data internet jika durasi acara seminar berlangsung lama.

b. Tidak maksimal dalam menyerap informasi

Tidak ada pengalaman menarik yang didapat, hanya berfokus pada indra pendengaran dan penglihatan saja. Belum lagi fokus untuk menyerap informasi bisa terganggu jika tidak diadakan di tempat khusus acara.

c. Bergantung pada kualitas gadget

Untuk mengadakan atau mengikuti kegiatan seminar online, tentunya harus menggunakan gadget dengan kualitas baik dan dengan spesifikasi tertentu. Gadget dengan kualitas rendah tentunya akan menghambat jalannnya acara.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari penyelenggaraan webinar. Hal ini bisa menjadi solusi bagi Anda ketika ingin mengadakan seminar, namun terbatas oleh jarak, waktu dan tempat. Walaupun banyak kelebihannya, Anda tetap harus mempertimbangkan kemungkinan lainnya, agar seminar yang Anda adakan tetap berjalan lancar sesuai rencana.