June 1, 2019

Tips Agar Product Launching Dapat Menarik Minat Konsumen

Bagaimana membuat sebuah product launching agar bisa berkesan di hati konsumen?
Event Organizer

Peluncuran produk baru merupakan tahapan yang cukup menentukan untuk perkembangan marketing jangka panjang. Memang tak selamanya launching produk yang sukses akan terus menerus sukses dalam hal penjualan jangka panjang, akan tetapi dengan launching yang berkesan dapat memberikan ingatan dan perspektif positif bagi konsumen. Maka tak heran banyak perusahaan yang membuat even besar-besaran untuk product launching yang dilakukan. Dan faktanya memang banyak yang berhasil dengan strategi dan cara ini.

Product launching yang bagus biasanya melalui riset lebih dulu, sehingga strategi yang dibuat sesuai dengan kondisi pasar dan peluang yang ada. Setelah grand launching dilakukan, terus dilakukan evaluasi dan inovasi-inovasi strategi.

Tips Agar Product Launching Dapat Menarik Minat Konsumen

Rahasia Agar Product Launching Diminati Konsumen

Bagaimana sebenarnya menciptakan sebuah produk baru yang bisa berkesan di hati konsumen? Apakah cukup dengan membuat acara besar untuk sebuah acara peluncuran produk baru? Berikut ini di antara rahasia yang perlu Anda tahu :

1. Nilai Produk

Produk yang kita hasilkan haruslah produk yang memiliki nilai dibandingkan produk sejenis yang ada di pasaran. Dengan nilai yang lebih maka orang akan memandang. Buatlah sebuah produk yang belum dibuat orang, menawarkan solusi atas sebuah masalah. Baik produk dalam bentuk barang maupun jasa, keduanya harus menawarkan solusi masalah yang ada. Bisnis yang berangkat dari sebuah masalah akan memiliki nilai. Riset produk dilakukan dengan matang sebelum proses produksi. Kalau Anda menawarkan produk yang sama saja dengan yang sudah ada, akan sedikit susah untuk bersaing dengan produk lain.

2. Promosi Efektif

Kegiatan launching product sebagai dari tahapan promosi awal harus dilakukan secara efektif. Sebenarnya bukan perkara besar atau kecilnya promosi yang dilakukan, tetapi sejauh mana efektivitasnya terhadap pasar yang ada. Promosi harus disesuaikan dengan target pasar. Misalnya Anda punya produk yang menyasar kalangan milenial, Anda bisa membuat sebuah even launching product yang sesuai dengan selera anak milenial, salah satunya dengan launching secara digital. Riset diperlukan lagi dalam hal ini, siapa segmentasi pasar Anda, bagaimana kegiatan launching product yang lebih efektif sesuai dengan target pasar tersebut?

Tips Agar Product Launching Dapat Menarik Minat Konsumen

3. Menciptakan Teaser Campaign

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah membangun rasa penasaran di hati konsumen lebih dulu terhadap produk yang akan dilaunching. Ciptakan sebuah misteri di hati konsumen sehingga ia akan terus mencari tahu hingga ke launching produk yang dilakukan. Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan iklan di awal. Misalnya dengan membuat iklan video pendek yang membuat rasa penasaran konsumen. Cara ini dapat membantu memunculkan awareness dan interest bagi calon konsumen.

4. Maksimalkan Media Sosial

Media sosial menjadi media iklan yang ekonomis dan terbukti cukup efektif bagi semua kalangan. Bukan hanya kelas UMKM yang menggunakan media ini, perusahaan besar pun terbukti banyak yang sukses menggunakan media sosial. Media sosial bisa digunakan untuk kebutuhan launching product mulai dari event sebelum launching, saat launching hingga terus mengontrol promosi pasca launching produk. Konten-konten kreatif bisa dalam bentuk gambar, video, tulisan copywriting dan sebagainya. Sesuaikan juga dengan target pasar Anda.

Rencakan dengan baik kegiatan launching product yang Anda pilih. Buat target dan evaluasi. Lakukan inovasi secara bertahap. Dan bisa juga membuat variasi kegiatan launching produk yang berbeda dengan cara-cara kreatif seperti dari Hanindo. Hanindo akan memanfaatkan jaringan yang dimiliki untuk memaksimalkan pelaksanaan event, utamanya untuk mendatangkan konsumen.Untuk quotation dan pertanyaan seputar product launching, klik tombol WhatsApp di bawah kiri ↘