May 30, 2020

Strategi Launching Produk Secara Online Dengan Digital Marketing

Bagaimana startegi product launching digital melalui digital marketing?
Event Organizer

Saat ini industri di dunia tengah menghadapi pergeseran yang hebat dalam tiap kegiatan produksi dan operasionalnya. maka mau tak mau tiap perusahaan harus beradaptasi dan menemukan pola yang baru, demi menghindari gulung tikar. Salah satunya melalui pemindahan kegiatan ke platform online. Pemindahan ini ternyata mengenai banyak sisi, termasuk  dalam hal strategi melakukan product launching digital. Namun bagaimana sih strategi melakukan lauching secara online dengan bantuan digital marketing?

Strategi Launching Produk Digital Secara Online

Ada beberapa kemudahan yang bisa didapatkan dari marketing di masa digital, yang bisa mendukung terselenggaranya launching yang maksimal, seperti:

Melakukan riset antar platform

Menemukan platform yang tepat untuk melakukan lauching produk secara online haruslah dilakukan dengan sederetan riset. Beruntungnya, pemasaran digital memberikan akses lebih banyak, yang memudahkan proses pengumpulan data. Dalam memilih mana sajakah platform yang cocok, harus disertai dengan data yang jelas.

Data ini data meliputi seberapa besar jangkauan, seberapa banyak keterikatan dengan audiens, seberapa besar jumlah audiens yang mungkin didapatkan, dan bagaimana tren yang berlaku di platform tersebut. Kesalahan dalam memilih platform beresiko menjadikan launching tersebut kurang tepat sasaran.

Merumuskan tren

Setelah melakukan riset terkait dengan platform yang paling tepat untuk menyelenggarakan product launching digital, langkah selanjutnya adalah merumuskan tren yang ada. Pada proses ini kehadiran pemasaran digital juga menyumbang banyak terhadap informasi yang terkait dengan perilaku pengguna.

Jangan abaikan tren yang berkembang di masing-masing platform, karena membuat konten yang melawan tren akan susah mendongkrak angka jangkauan acara yang dipasarkan. Akibatnya konten launching yang dikeluarkan akan sulit mendapatkan atensi yang maksimal. Karena itulah perlu dilakukan penyesuaian dengan tren yang sedang berlangsung, agar sasaran dapat lebih mudah untuk menerima konten yang nantinya diluncurkan.

Strategi Launching Produk Secara Online Dengan Digital Marketing

Memilah konten yang sesuai

Langkah selanjutnya adalah melakukan perumusan konten. Ketika melakukan riset terhadap platform, maupun terhadap tren yang sedang berkembang, maka nantinya akan muncul benang merah mengenai bagaimana sebenarnya karakteristik platform yang digunakan. Juga bagaimana sebenarnya kecenderungan audiens yang akan dijadikan sasaran.

Berbekal dengan data-data ini, melakukan perumusan konten akan jauh lebih mudah. Singkatnya, kita sudah mengetahui siapa yang akan diajak bicara dan bagaimana cara bicara yang disukai. Maka langkah selanjutnya akadalah menyusun apa saja poin yang akan dibicarakan. Dalam menentukan poin ini, hendaknya dilakukan dengan melakukan penyesuaian antara karakter pdouk dan perusahaan, dengan tren ataupun karakter audiens yang akan disasar.

Menentukan strategi promosi

Masuklah di langkah yang terakhir. Setelah berhasil memilih platform, lalu mengetahui tren yang berkembang, hingga berhasil menentukan poin apa saja yang akan disampaikan dalam acara launching, maka selanjutnya adalah ujung tombak dalam proses promosi melalui digital marketingnya. Bayangkan saja jika kamu memiliki sebuah acara yang sudah dipersiapkan dengan matang, lalu konsepnya juga asyik, dan produknya super oke. Namun ternyata tak banyak audiens yang hadir dikarenakan promosi yang masih melempem. Tentu hasilnya kurang maksimal.

Memaksimalkan strategi promosi melalui marketing di platform digial harus melihat beberapa hal, yang pertama adalah momen atau waktu yang tepat, yang kedua adalah sasaran promosi yang pasti, yang ketiga adalah konten yang sederhana namun mudah dipahami, dan yang terkahir adalah pemilihan media promosi apakah menggunakan visual, audio, atau malah kolaborasi antara keduanya. Bagi kamu yang saat ini menjajal industri event organizer Jakarta, maupun sejenisnya jangan lupa pemilihan media merupakan hal yang krusial untuk memperkenalkan produk ke khalayak. Untuk hal tersebut Anda bisa bekerjasama dengan Hanindo. Sebagai penyedia jasa EO Jakarta, Hanindo telah membantu perusahan-perusahan untuk menyelenggarakan product launching.

Itulah beberapa bahasan penting mengenai strategi terkait product launching digital yang anti boring, dengan bantuan pemasaran di era digital saat ini.  Semoga membantu!