December 20, 2021

Webinar Online: Fungsi dan Manfaatnya untuk Perusahaan

Bagi Anda pemilik perusahaan, wajib sekali menyelenggarakan webinar seminar. Mengapa demikian?
Event Organizer

Hampir setahun negara ini dilanda pandemi. Hal ini pun membuat perusahaan harus banting setir untuk menjalankan dan mempertahankan bisnis. Mau tidak mau perusahaan harus cepat tanggap dalam menghadapi perubahan dan memanfaatkan teknologi yang ada, salah satunya dengan webinar seminar. Webinar merupakan kegiatan semacam seminar, namun dilakukan tanpa tatap muka secara langsung, alias secara virtual. Cara seminar ini sangat menguntungkan bagi perusahaan, apalagi di masa pandemi yang mengharuskan Anda mengurangi interaksi langsung dengan orang lain.

Daftar Manfaat dan Fungsi Webinar Seminar

Benarkah webinar online dapat memberikan manfaat kepada perusahaan? Pertanyaan itulah yang sering diajukan oleh banyak orang. Jawabannya adalah benar! Ingin tahu apa saja manfaatnya? Berikut ini daftarnya:

1. Sarana Branding

Anda pasti sadar, bahwa kekuatan branding merupakan hal yang penting serta menjadi aset utama dalam perusahaan. Karena itulah kekuatan branding harus dikelola dan dikembangkan dengan baik, agar hasilnya dapat memberikan keuntungan yang maksimal.

Salah satu cara jitu yang bisa Anda lakukan dalam membangun branding menakjubkan adalah dengan melakukan webinar. Nah, untuk memaksimalkan webinar Anda bisa mengundang pakar atau ahli yang relevan dengan bisnis Anda, sehingga brand awareness di mata calon pelanggan meningkat.

2. Promosi Produk yang Tertarget

Seperti halnya seminar pada umumnya, webinar seminar juga memberikan informasi mulai dari tips sharing pengalaman, maupun edukasi. Namun, terdapat beberapa webinar yang biasanya diselenggarakan untuk mempromosikan suatu produk yang sesuai dengan kebutuhan pesertanya.

Contohnya saja dengan melakukan promosi diskon, promo, maupun voucher gratis ongkir pada saat webinar berlangsung. Manfaat inilah yang seringkali diburu oleh para pemilik perusahaan dengan menyelenggarakan webinar.

3. Mendapatkan Leads

Tak beda jauh dari email marketing, webinar seminar juga bisa digunakan untuk mengumpulkan dan alamat calon customer potensial. Lantas, apa manfaat dari pengumpulan ini? Tentu saja Anda bisa dengan mudah mengirimkan informasi seputar promo, event, maupun hal menarik lainnya kepada para calon customer.

4. Menunjukkan Image Lebih Ahli

Webinar juga bisa menunjukkan bahwa perusahaan Anda lebih profesional dari kompetitor lainnya. Pasalnya, dari webinar, Anda bisa menunjukkan seberapa besar wawasan pengetahuan maupun kapabilitas Anda. Nah, hal tersebutlah yang membuat Anda akan tampak lebih profesional alias ahli di bidang yang digeluti daripada kompetitor lainnya.

5. Menghemat Waktu dan Biaya Promosi

Anda pasti tahu sekali, bahwa ketika mengadakan event offline untuk promosi pasti akan membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Hal ini kini bisa Anda siasati dengan mengadakan event virtual dengan webinar.

Manfaat satu ini sangat cocok bagi Anda yang sedang minim budget dalam menjalankan promosi. Pasalnya, dengan mengadakan webinar, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya dan memakan waktu sebesar mengadakan event online.

6. Menjaring Saran dan Feedback

Dengan menyelenggarakan webinar di perusahaan Anda, perusahaan akan lebih mudah menjaring saran dan feedback secara langsung dari para pelanggan. Kok bisa? Hal ini dikarenakan dalam webinar terdapat beberapa fitur yang canggih, yakni berupa chat, pollin, survey, test, dan integrasi pada social media Twitter.

Nah, dengan begini, Anda bisa dengan cepat tahu apa yang diinginkan oleh para audiens, sehingga Anda bisa dengan cepat pula menanggapi maupun merealisaikannya. Bukankah dengan saran dan feedback dari pelanggan Anda bisa mengembangkan perusahaan dengan baik dan cepat?

Setidaknya ada sekitar enam manfaat yang bisa dirasakan oleh perusahaan ketika melakukan webinar seminar. Bagaimana cara melakukannya? Pasti banyak perusahaan kesulitan, karena memang webinar merupakan hal baru. Tidak usah cemas, Anda bisa menggunakan jasa event organizer untuk menyelenggarakan webinar terbaik.