July 17, 2021

Sekarang menjalankan RUPS sudah bisa digital dengan eRUPS

Karena tidak bisa mengumpulkan para pemegang saham untuk pelaksanaan RUPS, sudah saatnya bagi perusahaan beralih ke eRUPS
Event Organizer

Ingin menjalankan Rapat Umum Pemegang Saham tetapi terkendala pandemi yang tak kunjung usai? Jangan khawatir, sekarang sudah ada eRUPS yang pelaksanaannya melalui media digital. Jadi, Anda tidak perlu repot mengatur tempat dan mendatangkan seluruh pemegang saham. Aktivitas rapat bisa diselenggarakan secara online dengan mengikuti beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku. Proses penyelenggaraan RUPS digital melalui media elektronik bisa dilakukan lewat beberapa platform. Baik Zoom, Google Meet, atau platform lainnya. Syaratnya semua peserta harus saling melihat dan mendengar, intinya semua ikut berpartisipasi. Keabsahan RUPS digital tidak perlu Anda khawatirkan, karena sama dengan RUPS konvensional. Bisa menjadi alat bukti hukum yang sah. Tetapi hasil rapat harus diabadikan dalam bentuk rekaman secara audio dan visual.

Apakah Tujuan Dilaksanakan RUPS Digital?

Tujuan RUPS digital maupun fisik sebenarnya tidak ada bedanya. Pelaksanaan RUPS secara digital dikarenakan beberapa faktor, seperti terkendala waktu dan tempat karena pandemi seperti saat ini. RUPS sebagai agenda penting untuk memfasilitasi para pemegang saham menyampaikan hak-haknya. Selain itu, semua pemegang saham bisa tahu bagaimana perkembangan suatu perusahaan selama ini. Di dalam RUPS ada beberapa pembahasan, baik berupa kondisi perusahaan, keuntungan, kerugian, dan lain-lain. Perusahaan juga bisa membahas mengenai masalah yang tengah dihadapi, sehingga dibutuhkan saran dari para pemegang saham. Seluruh pemegang saham memiliki hak untuk menyuarakan pendapatnya, tidak terikat sedikit atau banyaknya saham yang dimiliki. Nantinya, beberapa pendapat yang dianggap membangun bisa dijadikan sebagai patokan untuk memperbaiki perusahaan setahun ke depan.

Pengajuan RUPS umumnya dilakukan oleh Dewan Komisaris dan para pemegang saham. Mengenai pengajuan RUPS dari pemegang saham, dapat dilakukan secara mandiri atau bersama-sama. Tetapi ada minimal suara yang diperlukan, yaitu 10% dari suara para pemegang saham lain. Meski dilakukan oleh satu pemegang saham saja tetapi jika mewakili minimal 10% suara, maka diperbolehkan. Namun jika untuk mewakili diri sendiri, pengajuan tidak bisa diterima. Secara ringkas, tujuan dari penyelenggaraan RUPS antara lain:

  • Melaporkan kondisi keuangan perusahaan. Baik dari kondisi untung, rugi, perubahan modal, dan lain sebagainya.
  • Laporan hasil pengawasan Dewan Komisaris.
  • Kendala yang menimpa kemajuan perusahaan selama satu tahun terakhir untuk ditemukan solusinya.
  • Menyampaikan berbagai events perusahaan dan dampak-dampak yang ditimbulkan.

Sebagai agenda wajib, RUPS memegang peranan penting dalam perkembangan perusahaan. Di situ, segala permasalahan dan masukan untuk perusahaan bisa didiskusikan secara bersama-sama. Pelaksanaan RUPS yang sukses akan memberi dampak positif pada kemajuan perusahaan.

Sekarang menjalankan RUPS sudah bisa digital dengan eRUPS

Tata Cara Penyelenggaraan RUPS

Dalam Pasal 8 Ayat (1) telah dijelaskan bahwa pelaksanaan RUPS digital oleh Perusahaan Terbuka, wajib memenuhi syarat:

  1. Memuat informasi mengenai rencana pelaksanaan RUPS secara elektronik dalam pemberitahuan mata acara RUPS kepada Otoritas Jasa Keuangan, pengumuman RUPS, dan pemanggilan RUPS, dan
  2. Menyelenggarakan RUPS secara fisik dengan dihadiri paling sedikit oleh pimpinan RUPS, 1 (satu) orang anggota Direksi dan/atau 1 (satu) orang anggota Dewan Komisaris, dan profesi penunjang pasar modal untuk membantu pelaksanaan.

Kelebihan Menyelenggarakan RUPS Digital

Apa saja kelebihan RUPS digital jika dibandingkan dengan RUPS konvensional?

Kelebihan pelaksanaan RUPS elektronik tentu saja terletak pada kemudahannya. Sebab agenda dapat dilakukan secara daring dan tetap dinyatakan sah. Di era pandemi seperti sekarang, siapapun harus mampu menjaga jarak sebaik mungkin. Menghindari kerumunan dan meminimalisir agena bepergian ke luar kota. Dengan adanya RUPS digital melalui platform apapun, semua pihak tetap bisa saling berkomunikasi dan berpartisipasi. Tapi apakah Anda yakin sudah bisa melakukan persiapannya sendiri? Sebagaimana yang diketahui, proses persiapan RUPS digital cukup banyak. Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan dengan baik. Untuk mempermudahnya, lebih baik menggunakan jasa dari event organizer yang telah profesional. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir mengenai persiapan dan jalannya prosesi rapat.

Ingin berkonsultasi terlebih dahulu? Langsung saja hubungi Hanindo sebagai EO terpercaya dan berkualitas yang telah membantu sejumlah perusahaan ternama. Kami juga siap membantu Anda menjalankan eRUPS dengan maksimal dan sebaik mungkin.