June 23, 2021

Meski Virtual, Ini 5 Alasan Harus Tetap Gunakan Virtual Event Organizer untuk RUPS

Selama pandemi pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham dilakukan secara online.
Event Organizer

Pengelola atau pemilik dari Perseroan Terbatas (PT) tentu sangat akrab dengan agenda RUPS yakni Rapat Umum Pemegang Saham. RUPS sendiri dilakukan secara rutin dan dihadiri oleh semua pemegang saham dan direksi di perusahaan tersebut. Seiring berjalannya waktu, kegiatan RUPS kemudian tidak hanya bisa dijalankan secara langsung namun juga secara online atau jarak jauh. Pelaksanaan RUPS online kemudian menjadi agenda di tahun 2020 di sebagian besar perusahaan di Indonesia. Sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19. Lebih detail mengenai RUPS online ini, bisa menyimak penjelasan berikut.

Sekilas Tentang Rapat Umum Pemegang Saham

RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham merupakan sebuah kegiatan rapat yang membahas mengenai laporan perusahaan. Laporan ini sendiri akan menyampaikan beberapa hal penting terkait kondisi dan pencapaian perusahaan selama 6 dan 12 bulan. Berikut adalah detail dari laporan tersebut:

● Laporan keuangan, sehingga menyampaikan mengenai laporan laba rugi, neraca akhir, perubahan modal, dan lain sebagainya.

● Laporan mengenai gaji dan tunjangan para karyawan beserta jajaran direksi sekaligus para komisaris.

● Laporan mengenai segala kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan.

● Laporan dari hasil pengawasan yang dilakukan oleh para pemegang jabatan komisaris.

● Laporan yang berhubungan dengan berbagai kendala dan hambatan yang dialami perusahaan dan perlu dicari solusi terbaiknya.

Detail isi di dalam laporan Rapat Umum Pemegang Saham tersebut akan menjadi gambaran dan evaluasi terhadap kondisi maupun pencapaian perusahaan. Penyusunannya dilakukan secara kontinyu dan disampaikan lewat kegiatan atau acara tersebut. Ketika RUPS ini dilakukan oleh perusahaan besar maka djamin jumlah pemegang saham di dalamnya sangat banyak. Apalagi untuk perusahaan yang sifatnya sudah go public, maka untuk kelancaran acara perlu menggunakan jasa virtual event organizer yang profesional Hanindo.

Meski Virtual, Ini 5 Alasan Harus Tetap Gunakan Virtual Event Organizer untuk RUPS

Alasan Menggunakan Virtual Event Organizer untuk RUPS

Menggunakan jasa virtual event organizer untuk pelaksanaan RUPS online adalah hal tepat, alasannya adalah:

1. Mengatur Sarana dan Prasarana RUPS

Alasan pertama kenapa perlu menggunakan layanan EO virtual untuk pengadaan Rapat Umum Pemegang Saham adalah karena segala sarana dan prasarana diatur pihak mereka. Sehingga pengelola perusahaan tinggal fokus menyiapkan berbagai laporan yang akan dipaparkan di dalam kegiatan rutin tersebut. Adapun sarana dan prasarana ini meliputi penyediaan media elektronik yang tepat, menyiapkan sarana pendukung, dan lain sebagainya.

2. Membantu Menghemat Waktu dan tenaga

Bersama jasa virtual event organizer maka bisa membantu menghemat waktu dan juga tenaga. Sebab segala keperluan untuk mengadakan RUPS online diurus oleh pihak profesional, sehingga dijamin beres tepat pada waktunya tanpa perlu turun tangan.

3. Membantu Mengontrol Biaya

Mengurus segala keperluan penyelenggaraan RUPS online mungkin bisa dilakukan sendiri dari internal perusahaan. Namun, bagaimana jika melakukan kesalahan karena tidak ditangani ahlinya? Dijamin akan menyebabkan biaya membengkak, jadi memakai jasa EO dapat membantu mengontrol biaya tadi.

4. Menjamin Kelancaran Acara

Sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan RUPS online akan disiapkan sebaik mungkin. Selain itu tim EO virtual juga akan menyediakan antisipasi jika ada kendala di tengah acara, sehingga kelancarannya lebih terjamin.

5. RUPS Bisa Lebih Interaktif

Melalui tangan kreatif tim EO virtual, maka RUPS online bisa lebih interaktif. Penyediaan sarana dan prasarana yang mendukung membantu setiap pemegang saham mengikuti jalannya acara dengan nyaman. Sehingga bisa saling berinteraksi dan memberikan pendapat yang membangun di dalam acara tersebut.

RUPS online memang akan lebih terjamin lancar ketika menggunakan jasa virtual event organizer. Namun, usahakan memilih yang terbaik dan berpengalaman supaya penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham tersebut bebas dari segala bentuk masalah.