October 30, 2020

Meski Pandemi, Ini Alasan Mengapa RUPS Tetap Harus Dilaksanakan

Selain telah ditetapkannya aturan RUPS digital, RUPS tetap harus diselenggarakan dengan alasan sebagai berikut. Simak selengkapnya!
Event Organizer

Kondisi pandemi memang memberikan berbagai dampak untuk seluruh sektor kehidupan. Mulai dari sektor pendidikan, industri, usaha, dan lain-lain. Walaupun tidak bisa berjalan normal seperti biasa, ada banyak langkah alternatif yang bisa dilakukan untuk menyelenggarakan acara yang dianggap penting seperti RUPS. RUPS adalah salah satu kegiatan periodik yang penting dilaksanakan oleh setiap perusahaan. Sehingga walaupun dalam kondisi pandemi, forum ini harus tetap dilaksanakan. Ada beberapa alasan mengapa RUPS harus tetap diselenggarakan walau dalam kondisi pandemi sekalipun. Apa saja alasannya? Simak selengkapnya!

RUPS Digital dan Pentingnya Penyelenggaaan RUPS

Solusi berupa RUPS virtual membuat pelaksanaan kegiatan penting ini bisa dijalankan. Tapi mengapa harus dilaksanakan? berikut ini adalah beberapa alasan mengapa forum Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) harus tetap berjalan walau dalam keadaan pandemi sekalipun:

1. Kegiatan Penting Perusahaan yang Tidak Boleh Ditinggalkan

Forum RUPS merupakan salah satu dari agenda tahunan penting dalam perusahaan yang tidak boleh ditinggalkan. Biasanya aturan ini sudah tercantum secara tertulis dalam aturan perusahaan. Sehingga jika forum RUPS ini tidak dilaksanakan, maka kemungkinan agenda lain yang direncanakan oleh perusahaan tersebut bisa terganggu. Sehingga secara tidak langsung juga mempengaruhi performa dari perusahaan tersebut di waktu yang akan datang.

2. Sebagai Forum Laporan Kinerja Perusahaan

RUPS adalah forum penting yang mempertemukan pihak direksi dan komisaris perusahaan dengan para investor yang telah memiliki saham di perusahaan tersebut. Dalam forum ini, kinerja perusahaan akan dilaporkan secara periodik. Sehingga setiap orang penting yang terlibat dalam perusahaan ini dapat memantau progresnya secara real. Laporan yang disampaikan juga akan menjadi dokumentasi tertulis resmi milik perusahaan. Sehingga dapat dijadikan sebagai acuan data riil yang dapat dijadikan referensi untuk langkah selanjutnya di waktu yang akan datang.

Meski Pandemi, Ini Alasan Mengapa RUPS Tetap Harus Dilaksanakan

3. Iklim Dunia Usaha yang Dinamis

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kinerja perusahaan dari tahun ke tahun. Baik itu kenaikan positif maupun penurunan kinerja yang perlu untuk ditangani sesegera mungkin. Faktor ini akan senantiasa berubah-ubah secara dinamis dan terus memberikan dampak bagi para pelaku dunia usaha. Sehingga dengan tidak menunda pelaksanaan RUPS, iklim di dunia usaha bisa dikomunikasikan dengan semua pihak terkait dalam perusahaan tersebut sebagai laporan yang representative.

4. Sebagai Forum Komunikasi Perusaahan dengan Investor

Dengan tetap menyelenggarakan forum RUPS walau dalam situasi pandemi, komunikasi antara petinggi perusahaan dengan para pemegang saham akan tetap berjalan sebagaimana mestinya. Komunikasi ini sangat penting untuk tetap menyelaraskan tujuan perusahaan, selain itu juga dianggap sebagai forum resmi untuk penetapan keputusan penting dalam perusahaan. Sehingga kesalahan informasi akibat kurangnya komunikasi yang diselenggarakan oleh perusahaan yang kemungkinan dapat memberikan dampak buruk bagi perusahaan tersebut dapat diminimalisir atau bahkan dihindari sama sekali.

5. Adanya RUPS Virtual Sebagai Solusi Alternatif

Dengan adanya keputusan yang ditetapkan oleh pemerintah melalui kementerian dan lembaga terkait, maka pelaksanaan RUPS digital bisa dijadikan langkah yang solutif. Sehingga penyelenggaraan RUPS tetap dapat berjalan dengan tetap memperhatikan aturan protokol kesehatan. Perusahaan selaku pihak penyelenggara RUPS juga diharapkan mampu beradaptasi dengan sistem ini, begitu juga dengan para peserta forum. Memahami mekanisme dan tata cara pelaksanaan RUPS secara virtual akan menjadikan forum ini dapat berjalan lancar sesuai yang diharapkan.

Demikianlah ulasan mengenai pentingnya pelaksanaan RUPS walau di tengah kondisi pandemi lewat jasa EO professional Hanindo. Dengan adanya mekanisme resmi RUPS digital, diharapkan semua kegiatan perusahaan dalam perusahaan dapat tetap berjalan dengan semestinya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditentukan.